TEKNOLOGI EKSTRAKSI DAUN UNGU Graptophyllum pictum DALAM

Teknologi Ekstraksi Daun Ungu Graptophyllum Pictum Dalam-Free PDF

  • Date:14 Feb 2020
  • Views:32
  • Downloads:0
  • Pages:50
  • Size:311.14 KB

Share Pdf : Teknologi Ekstraksi Daun Ungu Graptophyllum Pictum Dalam

Download and Preview : Teknologi Ekstraksi Daun Ungu Graptophyllum Pictum Dalam


Report CopyRight/DMCA Form For : Teknologi Ekstraksi Daun Ungu Graptophyllum Pictum Dalam


Transcription:

perpustakaan uns ac id digilib uns ac id,PENGESAHAN. Yang bertanda tangan di bawah ini telah membaca Laporan Tugas Akhir dengan. TEKNOLOGI EKSTRAKSI DAUN UNGU Graptophyllum pictum. DALAM ETHANOL 70 DENGAN METODE PERKOLASI,Yang dipersiapkan dan disusun oleh. Fajriyah Anjar Perwita, Telah dipertahankan didepan dosen penguji pada tanggal. Dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk diterima. Ketua Anggota,Ir Heru Irianto MM Ir Suharto,NIP 196305141992021001 NIP. Surakarta Mei 2010,Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Fakultas Pertanian,Prof DR Ir H Suntoro MS,NIP 195512171982031003. commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id. KATA PENGANTAR, Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas. rahmat dan karunia Nya penulis mampu menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini. Dalam menyelesaikan penulisan laporan Tugas Akhir ini tentunya tidaklah. lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu penulis ingin mengucapkan terima. kasih kepada,1 Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2 Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. 3 Bapak Ir Heru Irianto MM selaku Ketua Program Studi DIII Agribisnis. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 4 Ibu Ir Sumijati MP Selaku pembimbing yang telah memberikan pengarahan.
5 Bapak Suharto selaku penguji 2, 6 Bapak Ir Panut Sahari MP selaku Ketua Minat Program Studi DIII Agribisnis. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 7 Bapak dr Sunu PT selaku Pembimbing Bapak Juniman dan Ibu Suwarni. selaku Pengampu di Laboratorium B2P2T0 OT Karanganyar. 8 Mbak Endang Brotojoyo yang telah memberi ilmu pembuatan formulasi. 9 Bapak dan Ibunda tercinta serta semua keluarga yang ada di rumah terima. kasih atas semua kasih sayang dan dorongan semangat yang telah engkau. 10 Jawi Bagus Panuntun yang selalu memberi semangat didalam hidupku. 11 Intan dan Windhi yang selalu mengajak bercanda dan membuat aku mengerti. kalian bener bener sahabat yang hebat,12 Teman teman D3 FP UNS yang tercinta. 13 Teman teman Mutiagana yang senantiasa menemani aku. 14 Mas Gilang Purna Ramadhan yang selalu ngajak bercanda dan menghibur. 15 Semua pihak baik langsung maupun tak langsung telah banyak membantu. dalam menyelesaikan laporan ini,commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan Oleh. karena itu kritik dan saran yang menuju sempurnanya laporan ini senantiasa kami. harapkan Akhir kata penulis mohon maaf bila dalam laporan ini terdapat kata. kata yang kurang berkenan Harapan penulis semoga laporan ini dapat bemanfaat. bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca semua pada umumnya. Surakarta Mei 2011,commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id.
DAFTAR ISI,HALAMAN JUDUL i,HALAMAN PENGESAHAN ii,KATA PENGANTAR iii. DAFTAR ISI v,DAFTAR TABEL viii,DAFTAR GAMBAR ix,DAFTAR LAMPIRAN x. I PENDAHULUAN 1,A Latar Belakang 1,B Tujuan 2,1 Tujuan Umum 2. 2 Tujuan Khusus 2,II TINJAUAN PUSTAKA 3,A Simplisia 3. 1 Simplisia Nabati 3,2 Simplisia Hewani 3,3 Simplisia Mineral 3.
4 Simplisia Daun 4, B Tanaman Daun Ungu Graptophyllum pictum L Griff 4. 1 Klasifikasi 4,2 Deskripsi 5,3 Budidaya 6,C Perlakuan Pasca Panen 7. 1 Pemanenan Simplisia 7,2 Sortasi 7,3 Pencucian 8,4 Pengeringan 8. 5 Pengubahan bentuk 8,commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id. D Ekstrak 9,1 Pembuatan Serbuk Simplisia dan Klasifikasinya 9.
2 Cairan Pelarut 9,3 Rendemen 10,4 Metode Perkolasi 10. E Uji Kandungan Kimia Ekstrak 11,1 Alkaloid 11,2 Saponin 11. 3 Cardenolin atau Bufadienolin 12,4 Flavonoid 12,5 Tanin dan Polifenol 13. 6 Anthraquinon 13,III TATALAKSANA PELAKSANAAN 15,A Tempat Dan Waktu Pelaksanaan 15. 1 Tempat Pelaksanaan Magang 15,2 Waktu Pelaksanaan Magang 15.
B Cara Pelaksanaan Magang 15,1 Perencanaan Kegiatan Magang 15. 2 Penentuan Lokasi Kegiatan Praktek Magang 15,C Teknologi Pengumpulan Data 16. 1 Metode Dasar 16,2 Wawancara 17,3 Pelaksanaan Kegiatan Magang 17. 4 Studi Pustaka 17,5 Sumber Data 17,IV HASIL DAN PEMBAHASAN 19. A Kondisi Umum Perusahaan 19,1 Profil Perusahaan 19.
2 Uraian Kegiatan Magang 27,B Hasil 33, 1 Hasil Ekstrak dan Hasil Uji Skrining Fitokimia 33. commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id. C Pembahasan 34,1 Pembuatan Ekstrak Daun Ungu 35,2 Uji Skrinning Fitokimia 36. 3 Analisis Usaha Proses Pembuatan 38,V KESIMPULAN DAN SARAN 40. A Kesimpulan 40,B Saran 40,DAFTAR PUSTAKA,commit to user.
perpustakaan uns ac id digilib uns ac id,DAFTAR TABEL. Tabel 1 1 Jadwal Kegiatan Magang 16,Tabel 1 2 Hasil Ekstraksi Daun Ungu 33. Tabel 1 3 Hasil Uji Skrinning Fitokimia 33,commit to user. perpustakaan uns ac id digilib uns ac id,DAFTAR GAMBAR. Gambar 1 1 Struktur Organisasi B2P2TO OT 20,commit to user.
perpustakaan uns ac id digilib uns ac id,DAFTAR LAMPIRAN. Lampiran A Tanaman Daun Ungu,Lampiran B Pembuatan Reagen. Lampiran C Hasil Uji Skrinning Fitokimia,Lampiran D Dokumentasi Magang di B2P2TO OT. Lampiran E Rangkaian Alat Perkolator,Lampiran F Skema Uji Kandungan Senyawa Kimia. commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id.
PENDAHULUAN,A Latar Belakang, Alam Indonesia sangat kaya akan berbagai macam tumbuhan karena. tanahnya yang subur Diantaranya yang ditanam penduduk sebagai bahan. pangan tanaman hias tanaman obat dan lain lain Tanaman yang digunakan. sebagai obat dapat di budidayakan dan dimanfaatkan untuk memenuhi. kebutuhan obat sendiri salah satu bentuk sediaan yang banyak dikonsumsi. adalah bentuk serbuk, Daun ungu atau handeleum merupakan tanaman yang tegak tingginya. mencapai 2 meter atau lebih dan yang pasti daunnya berdaun ungu Meskipun. disebutkan ada beberapa varietas dalam spesies Graptophillum pictum yang. dauunya tidak berwarna ungu namun yang biasa digunakan untuk bahan. pengobatan hanya yang berdaun ungu saja, Tanaman ini mudah dijumpai tumbuh dipinggir pinggir jalan atau juga. sengaja ditanam orang di halaman rumah atau pekarangan Melihat sosoknya. yang memang cantik maka tidaklah heran jika banyak orang menanamnya. untuk menikmati keindahannya Dengan warna daunnya yang khas yaitu ungu. tua jika ditanam di tempat dengan intensitas sinar matahari penuh dan ungu. kemerahan jika ditanam di tempat yang sedikit mendapat naungan. Masyarakat umumnya menanam daun ungu sebagai tanaman pot. penghias taman turus jalan atau juga untuk pagar hidup Kegunaannya selain. sebagai bahan pengobatan wasir daun ungu juga bermanfaat sebagai hiasan. semata Apalagi saat ini sudah ada perusahaan jamu dan obat tradisional yang. mulai menggunakan daun ungu sebagai bahan baku dalam jumlah yang cukup. commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id. B Tujuan Magang, Tujuan magang dari pelaksanaan magang di Balai Besar Litbang Tanaman.
Obat dan Obat Tradisional adalah sebagai berikut,1 Tujuan Umum. a Memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa. dalam rangka kesiapan mengahadapi dunia kerja yang mengarah pada. kegiatan kewirausahaan dan penciptaan lapangan kerja. b Memperoleh pengalaman kerja secara langsung sehingga dapat. membandingkan antara teori dengan aplikasi dilapangan. c Meningkatkan keterampilan dan pengalaman kerja di bidang. laboratorium farmakologi fitokimia dan galenika serta budidaya. d Memperluas pengetahuan dan wawasan berfikir dalam menerapkan. ilmu yang dipelajari serta keterkaitannya dengan bidang ilmu yang. 2 Tujuan Khusus, a Mengetahui tahap tahap cara pembuatan ekstrak bubuk daun Daun. Ungu dengan metode perkolasi dalam larutan ethanol 70. b Mengetahui kegunaan kandungan dan manfaat ekstrak bubuk daun. Daun Ungu dengan metode perkolasi dalam larutan etanol 70. commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id. TINJAUAN PUSTAKA,A Simplisia, Simplisia adalah bahan alamiah yang dipergunakan sebagai obat. yang belum mengalami perubahan apapun juga dan kecuali dinyatakan. lain simplisia merupakan bahan yang dikeringkan SK Menteri Kesehatan. RI No 22 MenKes IX 1976,Simplisia dibedakan menjadi.
1 Simplisia nabati, Simplisia nabati adalah simplisia yang berupa tanaman utuh. bagian tanaman atau eksudat tanaman Eksudat tanaman adalah isi sel. yang secara spontan keluar dari tanaman atau dengan cara tertentu. dikeluarkan dari selnya,2 Simplisia hewani, Simplisia hewani adalah simplisia yang berupa hewan utuh. bagian hewan atau zat zat berguna yang dihasilkan oleh hewan dan. belum berupa zat kimia murni,3 Simplisia pelikan atau mineral. Simplisia pelikan atau mineral ialah simplisia yang berupa. bahan pelikan atau mineral yang belum diolah atau telah diolah. dengan cara sederhana dan belum berupa zat kimia murni. Secara umum simplisia merupakan produk hasil pertanian tumbuhan. obat setelah melalui proses pasca panen dan proses preparasi secara. sederhana menjadi bentuk produk kefarmasian yang siap dipakai atau. diproses selanjutnya yaitu,commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id. a Siap dipakai dalam bentuk serbuk halus untuk diseduh sebelum. b Siap dipakai untuk dicacah dan direbus sebagai jamu rebusan. c Diproses selanjutnya untuk dijadikan produk sediaan farmasi lain. yang umumnya melalui proses ekstraksi separasi dan pemurnian. yaitu menjadi ekstrak Anonim 1989,4 Simplisia daun.
Seperti yang telah dijelaskan bahwa simplisia daun mempunyai. sifat sifat umum yang hampir sama dalam komposisi maupun. jaringan penyusunnya Namun pada prinsipnya setiap jenis daun. memiliki sifat khusus sehubungan dengan pemanfaatannya sebagai. bahan obat Siswanto Yuli Widyastuti 1997,B Tanaman Daun Ungu Graptophyllum pictum L Griff. Sinonim Graptophyllum hortense Ness,1 Klasifikasi,Divisi Spermatophyta. Subdivisi Angiospermae,Kelas Dicotyledonae,Bangsa Solanales. Suku Acanthaceae,Marga Graptophyllum,Jenis Graptophyllum pictum Griff. Nama umum dagang Daun ungu,Nama daerah,Sumatra Pudin Simalur.
Jawa Daun ungu Jawa Tengah,Handeleum Sunda,Karaton Madura. Bali Temen,commit to user,perpustakaan uns ac id digilib uns ac id. Maluku Kadi kadi Ternate,Dongo dongo Tidore,Hutapea 1993. 2 Deskripsi,Habitus Perdu tinggi 2 m,Batang Berkayu beruas permukaan licin ungu. Daun Tunggal berhadapan bulat telur ujung runcing,pangkal meruncing tepi rata pertulangan.
menyirip permukaan atas mengkilat panjang 15,25 cm lebar 5 11 cm ungu ungu tua. Bunga Majemuk di ujung batang pangkal kelopak,berlekatan bagian ujung berbagi lima ungu. benang sari empat melekat pada mahkota bunga,tangkai sari ungu kepala sari ungu kehitaman. putik bentuk tabung ujung bertajuk lima ungu,Akar Tunggang coklat muda. Khasiat Daun Graptophyllum pictum berkhasiat sebagai. obat wasir Untuk obat wasir dipakai 20 gram,daun segar Graptophyllum pictum direbus.
dengan 2 gelas air selama 25 menit setelah,dingin disaring Hasil saringan diminum sehari 2. kali sama banyak pagi sore,Kandungan Daun Graptophyllum pictum mengandung. Kimia saponin flvonoid dan tanin,Hutapea 1993,commit to user. perpustakaan uns ac id digilib uns ac id commit to user TEKNOLOGI EKSTRAKSI DAUN UNGU Graptophyllum pictum DALAM ETHANOL 70 DENGAN METODE

Related Books