Standar Operasional Prosedur Koperasi Jasa Keuangan

Standar Operasional Prosedur Koperasi Jasa Keuangan-Free PDF

  • Date:07 Nov 2019
  • Views:150
  • Downloads:6
  • Pages:291
  • Size:1.64 MB

Share Pdf : Standar Operasional Prosedur Koperasi Jasa Keuangan

Download and Preview : Standar Operasional Prosedur Koperasi Jasa Keuangan


Report CopyRight/DMCA Form For : Standar Operasional Prosedur Koperasi Jasa Keuangan


Transcription:

DAFTAR ISI,BAB I Pendahuluan, A Latar Belakang 1, B Tujuan 1. C Sasaran Pedoman Standar Operasional Prosedur 2, D Ruang Lingkup 2. E Landasan Kerja 2, F Definisi dan Konsepsi 3, BAB II Standar Operasional Prosedur SOP Kelembagaan KJKS dan UJKS. Koperasi, A Standar Organisasi dan Manajemen 7, B Standar Pengelolaan Organisasi 16. C Struktur Organisasi dan Deskripsi Pekerjaan 17, D Standar Sumber Daya Insani Pengelolaan KJKS 51.
dan UJKS Koperasi, E Standar Penggunaan dan Pembagian SHU 54. F Standar Pengelolaan Harta Kekayaan KJKS dan 55, UJKS Koperasi. G Standar Pembubaran KJKS 55, H Standar Penutupan UJKS Koperasi 57. BAB III Standar Operasional Prosedur SOP Pengelolaan Usaha KJKS dan. UJKS Koperasi, A Standar Batasan Layanan 58, B Standar Jenis Penghimpunan Dana 58. C Kebijakan dan Ketentuan Penghimpunan Dana 63, D Prosedur Penghimpunan Dana 73.
E Jenis Layanan Penyaluran Dana 83, F Kebijakan dan Ketentuan Penyaluran Dana 96. G Pengendalian Risiko 102, H Organisasi dan Manajemen 103. I Prosedur Umum Pembiayaan 106, J Dokumentasi dan Administrasi 125. K Pemantauan dan Pembinaan 127, L Pembiayaan Bermasalah 129. M Fatwa fatwa Dewan Syariah Nasional 133, N Kegiatan Maal KJKS dan UJKS Koperasi 143.
BAB IV Standar Operasional Prosedur SOP Manajemen Keuangan Usaha. Jasa Keuangan Syariah, A Standar Batasan Manajemen Keuangan 144. KJKS dan UJKS Koperasi, B Penentuan Keseimbangan Arus Dana 145. C Penggunaan Kelebihan Dana 153, D Penghimpunan Dana dari Pihak Luar 155. E Administrasi Kas 156, F Petty Cash Kas Kecil 161. G Biaya Dibayar di Muka 165, i, H Audit 167,BAB V Standar Akuntasi KJKS dan UJKS Koperasi.
A Akuntansi KJKS dan UJKS Koperasi 202, B Pengaturan tentang Laporan Keuangan 206. C Akuntansi Aktiva 225, D Akuntansi Kewajiban 253. E Akuntansi Investasi Tidak Terikat 258, F Akuntansi Ekuitas 260. G Rekening Adminitratif 262, H Ketentuan Peralihan 263. Standar Laporan Keuangan KJKS dan UJKS Koperasi, Contoh Ilustrasi Neraca KJKS 264.
Contoh Ilustrasi Neraca UJKS Koperasi 265, Contoh Ilustrasi Perhitungan Hasil Usaha atau 266. UJKS Koperasi, Contoh Ilustrasi Laporan Arus Kas KJKS atau 267. UJKS Koperasi, Contoh Ilustrasi Laporan Promosi Ekonomi 268. Anggota Koperasi atau UJKS Koperasi, Contoh Ilustrasi Laporan Perubahan Ekuitas 268. Koperasi atau UJKS Koperasi, Contoh Ilustrasi Laporan Perubahan Dana 269.
Investasi Terikat Koperasi atau UJKS Koperasi, Contoh Ilustrasi Laporan Sumber dan 269. Penggunaan Dana ZIS KJKS dan UJKS, Contoh Ilustrasi Laporan Sumber dan 270. Penggunaan Qordhul Hasan KJKS dan UJKS, Rekening Administratif. Pos Pos 271, Tabel Distribusi Bagi Hasil 285, Tabel Perolehan Bagi Hasil 286. Contoh Salam Paralel 287, Contoh Istishna Paralel 288.
ii, BAB1 PENDAHULUAN,A LATAR BELAKANG , Undang undang nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian disusun untuk. mempertegas jatidiri kedudukan permodalan dan pembinaan Koperasi. sehingga, dapat lebih menjamin kehidupan Koperasi sebagaimana diamanatkan oleh. pasal 33 Undang Undang Dasar 1945 Dengan dikeluarkannya Peraturan. Pemerintah nomor 9 tahun 1995 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha. Simpan pinjam oleh Koperasi serta Kepmen Koperasi dan UKM No . 91 Kep M KUKM IX 2004 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Usaha. KJKS maka semakin jelas bahwa kegiatan Usaha Jasa Keuangan Syariah. perlu ditumbuhkembangkan , Persyaratan penting yang perlu dimiliki oleh Koperasi Jasa Keuangan. Syariah selanjutnya disebut KJKS dan Unit Jasa Keuangan Syariah. Koperasi selanjutnya disebut UJKS Koperasi sebagai lembaga keuangan. ialah harus menjaga kredibilitas atau kepercayaan dari anggota pada. khususnya dan atau masyarakat luas pada umumnya Namun demikian. untuk melaksanakan perannya sebagai lembaga keuangan KJKS dan. UJKS Koperasi masih dihadapkan pada berbagai kendala yang disebabkan. oleh hal hal sebagai berikut , 1 Belum adanya kesamaan sistem dan prosedur dalam operasional. manajemen kelembagaan manajemen usaha dan manajemen. keuangan , 2 Belum adanya standar sistem dan prosedur dalam operasional.
manajemen kelembagaan manajemen usaha dan manajemen. keuangan , Berdasarkan latar belakang tersebut maka KJKS dan UJKS Koperasi perlu. memiliki Pedoman Standar Operasional Prosedur Usaha Jasa Keuangan. Syariah Diharapkan Pedoman Standar Operasional Prosedur tersebut. dapat digunakan sebagai salah satu acuan dalam pengelolaan usaha jasa. keuangan syariah oleh Koperasi sehingga usaha jasa keuangan syariah. pada KJKS dan UJKS Koperasi dapat ditangani secara profesional . B TUJUAN , Standar Operasional Manajemen KJKS dan UJKS Koperasi bertujuan untuk. memberikan pedoman bagi pengelola KJKS dan UJKS Koperasi dalam. mengelola kelembagaan usaha dan keuangannya , 1, C SASARAN PEDOMAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR . 1 Terwujudnya pengelolaan KJKS dan UJKS Koperasi yang sehat dan. mantap sesuai dengan jatidiri Koperasi dan prinsip syariah . 2 Terwujudnya pengelolaan KJKS dan UJKS Koperasi yang efektif dan. efisien , 3 Terciptanya pelayanan prima kepada anggota calon anggota koperasi. lain dan atau anggotanya ,D RUANG LINGKUP, 1 Standar Operasional Prosedur ini merupakan panduan untuk.
mengoperasionalkan berbagai kebijakan dan peraturan yang terkait. dengan pengelolaan usaha jasa keuangan syariah oleh KJKS dan UJKS. Koperasi berisikan prosedur rinci yang dijabarkan dari Standar. Operasional Manajemen SOM , 2 Standar Operasional Prosedur ini secara garis besar dibagi menjadi 3. tiga bagian yang terdiri dari , a Standar Operasional Manajemen Kelembagaan KJKS dan UJKS. Koperasi , b Standar Operasional Manajemen Usaha KJKS dan UJKS Koperasi . c Standar Operasional Manajemen Keuangan KJKS dan UJKS. Koperasi ,E LANDASAN KERJA, Landasan Kerja KJKS dan UJKS Koperasi adalah sebagai berikut . 1 KJKS dan UJKS Koperasi menyelenggarakan kegiatan usahanya. berdasarkan nilai nilai norma dan prinsip Koperasi sehingga dapat. dengan jelas menunjukkan perilaku koperasi , 2 KJKS dan UJKS Koperasi menyelenggarakan kegiatan usahanya.
berdasarkan prinsip syariah dan fatwa Dewan Syariah Nasional . 3 KJKS dan UJKS Koperasi adalah alat dari rumah tangga anggota. untuk mandiri dalam mengatasi masalah kekurangan modal bagi. anggota pengusaha atau kekurangan likuiditas bagi anggota rumah. tangga sehingga berlaku asas self help , 4 Maju mundurnya KJKS dan UJKS Koperasi menjadi tanggung jawab. seluruh anggota sehingga berlaku asas self responsibility . 5 Anggota pada KJKS dan UJKS Koperasi berada dalam satu kesatuan. sistem kerja Koperasi diatur menurut norma norma yang terdapat di. dalam AD dan ART KJKS atau Koperasi yang menyelenggarakan. UJKS , 6 KJKS dan UJKS Koperasi wajib dapat memberikan manfaat yang lebih. besar kepada anggotanya jika dibandingkan dengan manfaat yang. diberikan oleh lembaga keuangan lainnya , 7 KJKS dan UJKS Koperasi berfungsi sebagai lembaga intermediasi. dalam hal ini KJKS dan UJKS Koperasi bertugas untuk melaksanakan. penghimpunan dana dari anggota calon anggota koperasi lain dan. atau anggotanya serta pembiayaan kepada pihak pihak tersebut . 2, F DEFINISI DAN KONSEPSI, 1 Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang. atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya. berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi. rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan , 2 Kegiatan Usaha Jasa Keuangan Syariah adalah kegiatan yang.
dilakukan untuk menghimpun dana dan menyalurkannya melalui. usaha Jasa Keuangan Syariah dari dan untuk anggota Koperasi. yang bersangkutan calon anggota Koperasi yang bersangkutan . Koperasi lain dan atau anggotanya , 3 Koperasi Jasa Keuangan Syariah adalah koperasi yang kegiatan. usahanya bergerak di bidang pembiayaan investasi dan simpanan. sesuai pola bagi hasil syariah , 4 Unit Jasa Keuangan Syariah adalah unit usaha pada Koperasi yang. kegiatan usahanya bergerak di bidang pembiayaan investasi dan. simpanan sesuai dengan pola bagi hasil syariah sebagai bagian. dari kegiatan usaha Koperasi yang bersangkutan, 5 Standar Operasional Manajemen bagi KJKS dan UJKS koperasi. adalah struktur tugas prosedur kerja sistem manajemen dan. standar kerja yang dapat dijadikan acuan panduan bagi pihak. manajemen KJKS dan UJKS Koperasi dalam memberikan. pelayanan bermutu bagi para anggotanya dan pengguna jasa. lainnya , 6 Dewan Pengawas Syariah adalah dewan yang dipilih oleh koperasi. yang bersangkutan berdasarkan keputusan rapat anggota dan. beranggotakan alim ulama yang ahli dalam syariah yang. menjalankan fungsi dan tugas sebagai pengawas syariah pada. koperasi yang bersangkutan dan berwenang memberikan tanggapan. atau penafsiran terhadap fatwa yang dikeluarkan Dewan Syariah. Nasional , 7 Manajemen KJKS adalah pengurus yang menjalankan fungsi.
eksekutif dan atau pengelola usaha direktur manajer dan atau. kepala unit yang merupakan tenaga profesional yang diangkat oleh. pengurus atas persetujuan rapat anggota , 8 Perangkat organisasi KJKS terdiri dari Rapat Anggota Pengurus . dan Pengawas , 9 Manajemen UJKS adalah pengelola unit usaha jasa keuangan. syariah pada koperasi direktur manajer dan atau kepala unit yang. merupakan tenaga profesional yang diangkat oleh pengurus atas. persetujuan rapat anggota , 10 Mitra usaha adalah anggota koperasi lain dan atau anggotanya. yang memanfaatkan pelayanan KJKS dan UJKS Koperasi . 3, 11 Simpanan adalah dana yang dipercayakan oleh anggota calon. anggota koperasi lain dan atau anggotanya kepada koperasi dalam. bentuk simpanan tabungan dan simpanan berjangka , 12 Simpanan Wadiah Yad Adh Dhamanah adalah simpanan anggota.
pada koperasi dengan akad wadiah titipan namun dengan seijin. penyimpan dapat digunakan oleh KJKS dan UJKS Koperasi untuk. kegiatan operasional koperasi dengan ketentuan penyimpan tidak. mendapatkan bagi hasil atas penyimpanan dananya tetapi bisa. dikompensasi dengan imbalan bonus yang besarnya ditentukan. sesuai kebijakan dan kemampuan koperasi , 13 Investasi mudharabah Al Mutlaqah adalah tabungan anggota pada. koperasi dengan akad Mudharabah Al Mutlaqah yang diperlakukan. sebagai investasi anggota untuk dimanfaatkan secara produktif. dalam bentuk pembiayaan kepada anggota koperasi calon anggota . koperasi lain dan atau anggotanya secara profesional dengan. ketentuan penyimpan mendapatkan bagi hasil atas penyimpanan. dananya sesuai nisbah proporsi bagi hasil yang disepakati pada. saat pembukaan rekening tabungan , 14 Investasi mudharabah Berjangka adalah tabungan anggota pada. koperasi dengan akad Mudharabah Al Mutlaqah yang, penyetorannya dilakukan sekali dan penarikannya hanya dapat. dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara penyimpan. dengan koperasi yang bersangkutan , 15 Pembiayaan adalah kegiatan penyediaan dana untuk investasi atau. kerjasama permodalan antara koperasi dengan anggota calon. anggota koperasi lain dan atau anggotanya yang mewajibkan. penerima pembiayaaan itu untuk melunasi pokok pembiayaan yang. diterima kepada pihak koperasi sesuai akad disertai dengan. pembayaran sejumlah bagi hasil dari pendapatan atau laba dari. kegiatan yang dibiayai atau penggunaan dana pembiayaan tersebut . 16 Pembiayaan Mudharabah adalah akad kerjasama permodalan. usaha di mana Koperasi sebagai pemilik modal Sahibul Maal . menyetorkan modalnya kepada anggota calon anggota koperasi. lain dan atau anggotanya sebagai pengusaha Mudharib untuk. melakukan kegiatan usaha sesuai akad dengan ketentuan. pembagian keuntungan dibagi bersama sesuai kesepakatan nisbah . dan apabila rugi ditanggung oleh pemilik modal sepanjang bukan. merupakan kelalaian penerima pembiayaan , 17 Pembiayaan Musyarakah adalah akad kerjasama permodalan usaha.
antara koperasi dengan satu atau beberapa pihak sebagai pemilik. modal pada usaha tertentu untuk menggabungkan modal dan. melakukan usaha bersama dalam suatu kemitraan dengan nisbah. pembagian hasil sesuai kesepakatan para pihak sedang kerugian. ditanggung secara proporsional sesuai dengan kontribusi modal . 4, 18 Piutang Murabahah adalah tagihan atas transaksi penjualan barang. dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan marjin yang. disepakati pihak penjual koperasi dan pembeli anggota calon. anggota koperasi lain dan atau anggotanya dan atas transaksi jual. beli tersebut yang mewajibkan anggota untuk melunasi. kewajibannya sesuai jangka waktu tertentu disertai dengan. pembayaran imbalan berupa marjin keuntungan yang disepakati di. muka sesuai akad , 19 Piutang Salam adalah tagihan anggota terhadap koperasi atas. transaksi jual beli barang dengan cara pemesanan antara penjual. dan pembeli dengan pembayaran di muka dan pengiriman barang. oleh penjual dilakukan di belakang kemudian dengan ketentuan. bahwa spesifikasi barang disepakati pada akad transaksi salam . 20 Piutang Istishna adalah tagihan atas akad transaksi jual beli barang. dalam bentuk pemesanan pembuatan barang dengan kriteria dan. persyaratan tertentu yang disepakati antara pemesan pembeli dan. penjual yang cara pembayarannya dapat dilakukan di muka . 6 KJKS dan UJKS Koperasi wajib dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada anggotanya jika dibandingkan dengan manfaat yang diberikan oleh lembaga keuangan lainnya 7 KJKS dan UJKS Koperasi berfungsi sebagai lembaga intermediasi dalam hal ini KJKS dan UJKS Koperasi bertugas untuk melaksanakan

Related Books