SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENERIMAAN SISWA BARU di SMP 2

Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Siswa Baru Di Smp 2-Free PDF

  • Date:10 Jan 2021
  • Views:0
  • Downloads:0
  • Pages:15
  • Size:794.75 KB

Share Pdf : Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Siswa Baru Di Smp 2

Download and Preview : Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Siswa Baru Di Smp 2


Report CopyRight/DMCA Form For : Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Siswa Baru Di Smp 2


Transcription:

MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM OF NEW STUDENTS,IN SMP 2 WATUMALANG. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENERIMAAN SISWA BARU,di SMP 2 WATUMALANG. Swastika Clara Sabrin,Krisnawati,Jurusan Sistem Informasi. STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA, In the modern era this little by little of the needs will is increasing Utilization of. internet technology growing broad one of them for the instasi education Internet technology. is due to used to introduce or promoting profile instasi online can also developed for the. media registration the students new students online. SMP N 2 Watumalang is one institution are moving in the fields of education and. academic SMP N 2 watumalang need design software that inadequate in managing and. runs everything activity school One is information system management new admissions that. there is as yet computerized and well integrated so that still has many deficient in fulfill the. school especially in handling new admissions, As for the methods that we use in our research are using PHP and jQuery to make.
the website look more attractive Adobe Dreamwaever as web editor XXAMPP as a web. server and MySQL database data storage media as soon as the Mozilla Firefox web browser. Keywords New Student Admission registration information systems websites. 1 Pendahuluan, Pada era modern ini sedikit demi sedikit kebutuhan manusia akan semakin. bertambah Salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan informasi adalah. dengan memanfaatkan informasi adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet. Dengan internet kita dapat dengan mudah memperoleh informasi serta dapat. menghemat ruang dan waktu Internet merupakan salah satu media elektronik yang. memberi kemudahan informasi dalam melaksanakan aktivitas aktivas bisnis. perniagaan pendidikan dan aktivitas lainnya, Pemanfaatan teknologi internet ini juga dimanfaatkan salah satunya bagi. pihak instasi pendidikan Teknologi internet ini selain digunakan untuk. memperkenalkan atau mempromosikan profil instasi secara online juga bisa. dikembangkan untuk media pendaftaran siswa mahasiswa baru secara online. Melalui web inilah kita dapat mengetahui informasi yang lebih detail mengenai suatu. perusahaan atau instansi tersebut, SMP N 2 Watumalang merupakan salah satu lembaga yang bergerak. dibidang pendidikan dan akademik SMP N 2 Watumalang sangat membutuhkan. perancangan perangkat lunak yang memadai dalam mengelola dan menjalankan. segala aktivitas sekolah Salah satunya adalah system informasi manajemen. penerimaan siswa baru yang sampai sekarang belum terkomputerisasi dan. terintegrasi dengan baik sehingga masih memiliki banyak kekurangan dalam. memenuhi kebutuhan sekolah khususnya dalam menangani penerimaan siswa baru. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan diantaranya dapat mempermudah. guru guru dalam mengoperasikan web tersebut dan menambah semangat. admin yang memiliki hak akses dalam mengupdate informasi intern maupun ekstern. sekolah Selain itu juga dapat mempermudah bagi para calon siswa yang akan. mendaftar ke SMP N 2 Watumalang dalam mengakses informasi sekolah maupun. melakukan pendaftaran,2 Landasan teori,2 1 Sistem Informasi dan Sistem Informasi. 2 1 1 Sistem, Kata sistem mempunyai beberapa pengertian tergantung dari sudut.
pa dang mana kata tersebut didefinisikan Secara garis besar ada. beberapa kelompok pendekatan yaitu, 1 Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen elemen. atau kelompoknya yang dalam hal ini sistem itu didefinisikan. sebagai suatu jaringan kerja dari prosedur prosedur yang saling. berhubungan berkumpul bersama sama untuk melakukan suatu. kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu aturan tertentu. 2 Pendekatan sistem sebagai jaringan kerja dari prosedur yang lebih. menekankan urutan operasi di dalam sistem Prosedur procedure. didefinisikan oleh Richard F Neushl sebagai urutan operasi kerja. tulis menulis yang biasanya melibatkan beberapa orang di dalam. datu atau lebih departemen yang diterapkan untuk menjamin. penanganan yang seragam dari transaksi bisnis yang terjadi. 2 1 2 Informasi, Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang. berarti bagi pengguna yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan. saat ini atau mendukung sumber informasi Data belum memiliki nilai. sedangkan informasi sudah memiliki nilai Informasi dikatakan bernilai. bila manfaatnya lebih besar dibanding biaya untuk mendapatkannya. Informasi haruslah memiliki kualitas kualitas tertentu Karakteristik. informasi yang berkualitas diantaranya adalah sebagai berikut. 1 Relevan yaitu informasi yang disajikan sebaiknya terkait dengan. keputusan yang akan diambil oleh pengguna informasi. 2 Akurat yaitu adanya kecocokan antara informasi dengan kejadian. atau obyek yang diwakilinya, Kusrini Koniyo Andri 2007 Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan. Visual Basic dan Microsoft SQL Server Yogyakarta Andi Offset Hal 5. Ibid Hal 7, Kusrini 2007 Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Yogyakarta Andi Offset Hal. 3 Lengkap yaitu merupakan derajat sampai seberapa jauh informasi. menyertakan kejadian atau obyek yang berhubungan, 4 Tepat waktu yaitu informasi sampai ke pengguna tidak terlambat.
karena informasi yang terlambat tidak dapat membantu pengguna. dalam mengambil keputusan, 5 Dapat dipahami yaitu dalam penyajian dan bahasa yang digunakan. dapat dimengerti pengguna sehingga pengguna lebih mudah. mengambil keputusan, 6 Dapat dibandingkan yaitu pengguna dapat memungkinkan untuk. mengidentifikasi persamaan dan perbedaan antara suatu obyek atau. kejadian yang mirip,2 1 3 Sistem Informasi, Sistem informasi didefinisikan oleh Robert A Laitch dan K Roscoe. Bavis adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang. mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian mendukung. operasi bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi. dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan laporan yang. diperlukan, Definisi umum sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas. rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk. menghadilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. 2 2 Database MySQL, MySQL adalah sebuah program database server yang mampu menerima dan.
mengirimkan datannya dengan cepat dan bisa dijalankan pada sistem operasi. windows maupun linux MySQL adalah database manajemen sistem DBMS. DBMS merupakan salahsatu sistem dalam mengakses database yang. menggunakna bahasa SQL MYSQL merupakan software open source artinya. memungkinkan untuk semua orang untuk menggunkana dan memodifikasi. Kusrini Koniyo Andri 2007 Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan. Visual Basic dan Microsoft SQL Server Yogyakarta Andi Offset Hal 8. 2 3 Definisi Internet, Menurut Yuhefizar 2008 hal 2 internet adalah rangkaian hubungan jaringan. komputer yang dapat diakses secara umum di seluruh dunia yang mengirimkan. data dalam bentuk paket data berdasarkan standar Internet Protocol IP Lebih. dalam lagi Internet adalah kumpulan jaringan dari jaringan jaringan komputer. dunia yang terdiri dari jutaan unit unit kecil seperti jaringan pendidikan jaringan. bisnis jaringan pemerintahan dan lain lain yang secara bersama menyediakan. layanan informasi seperti e mail online chat transfer file dan saling. keterhubungan linked antara satu halaman web dengan sumber halaman web. 2 4 HTML Hiper Text Markup Language, HTML Hiper Text Markup Language adalah salah satu format yang. digunakan dalam dokumen dan aplikasi yang berjalan di web HTTP Hipertext. Transfer Protocol merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data. antara web server ke web browser Protokol ini mentransfer dokumen dokumen. web yang ditulis atau berformat HTML Hipertext Makup Language Dikatakan. markup language karena HTML berfungsi untuk memformat file dokumen teks. biasa untuk bisa ditampilkan dalam web browser dengan bantuan tanda tanda. yang sudah ditentukan,2 5 PHP Pre Hypertext Processor. PHP merupakan salah satu bahasa pemprograman berbasis web yang. memiliki kemampuan untuk memproses data dinamis PHP dikatakan sebagai. sebuah server side embedded script language artinya sintaks sintaks dan. perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalakan oleh server tetapi. disertakan pada halaman HTML biasa Aplikas aplikasi yang dibangun oleh PHP. pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser tetapi prosesnya. secara keseluruhan dijalankan di server,2 6 CSS Client Side Scripting. CSS atau Cascading Style Sheets adalah suatu fasilitas untuk. mempermudah pemeliharaan sebuah halaman web dengan menggunakan css. Bimo Sunarfrihantono ST PHP dan MySQL untuk Web Andi Yogyakarta 2002. sebuah halaman web dapat diubah tampilanya tanpa harus mengubah dokumen. 2 7 Adobe Dreamweaver CS3, Adobe Dreamweaver CS3 adalah aplikasi pembuat dan pengolah halaman web.
yang sangat populer sekarang ini Penggunaannya lebih banyak dibandingkan. aplikasi sejenis lainnya Kelebihan Dreamweaver yang banyak disukai orang. adalah fiturnya yang banyak mudah dipakai dan tersedianya kemampuan. berkolaburasi dengan software pendukung lain buatan Adobe System Adobe. Dreamweaver CS3 dirilis pada tahun 2007,2 8 Adobe Photoshop. Adobe Photoshop merupakan software pengolah gambar digital imaging yang. banyak digunakan dan memberikan kontribusi besar bagi dunia cetak dan. digital Sampai saat ini versi Adobe Photoshop CS5 dukungan plug in dari. berbagai sumber pun banyak tersedia mulai yang gratis maupun bayar. menjadikan Adobe Photoshop sebagai standar pengolah gambar kelas dunia. Photoshop mendukung banyak format file seperti Photoshop Document psd. Bitmap Image bmp Join Photographic Experts Group jpg Graphics. Interchange Format gif Portable Network Graphic png. 3 Analisis, Untuk mengidentifikasi masalah pada pembuatan website SMP 2 Watumalang. yaitu dengan menggunakan metode Analisis PIECES Perfomance Information. Economic Control Efficiency Services Dari analisis ini biasanya didapat beberapa. masalah dan akhirnya dapat ditemukan masalah utamanya Hal ini penting karena. biasanya yang muncul dipermukaan biasanya bukan masalah utama tetapi hanya. gejala gejala masalah atau masalah yang bukan utama. 3 1 Analisis Kinerja Perfomance, Kinerja dapat diukur dari troughput dan response time Troughput adalah. jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan pada saat tertentu Jadi ini berhubungan. dengan seberapa maksimal pekerjaan yang dapat dilakukan oleh pegawai ketika. Komputer Wahana Teknik Mengolah Foto Digital dengan Adobe Photoshop CS 3 Jakarta PT Elex Media. Komputindo, data kesiswaan SMP N 2 Watumalang pada waktu tertentu Response time. adalah rata rata waktu yang terrunda diantara diantara dua transaksi atau. pekerjaan ditambah dengan waktu response untuk menanggapi pekerjaan. 3 2 Analisis Informasi Information, Analisis informasi bertujuan untuk menganalisis kemampuan sistem.
informasi dalam menghasilkan informasi yang berkualitas Kualitas suatu sistem. informasi tergantung dari tuga hal yaitu akurat tepat waktu dan relevan. Informasi yang ada di SMP 2 Watumalang masih membutuhkan peningkatan. kualitas informasi dan kecepatan penyampaian informasi. 3 3 Analisis Ekonomi Economic, Dari segi ekonomi sistem penerimaan siswa baru di SMP N 2 Watumalang. masih memerlukan perubahan untuk meminimalkan biaya yang dikeluarkan. sehingga menjadi lebih ekonomis Sistem baru yang akan digunakan oleh SMP. N 2 Watumalang diharapkan dapat meminimalkan pengeluaran sehingga. pengeluaran bisa ditekan,3 4 Analisis Pengendalian Control. Peningkatan terhadap pengendalian untuk mendeteksi dan memperbaiki. kesalahan kesalahan serta kecurangan kecurangan yang terjadi. 3 5 Analisis Efisiensi Efficiency, Bagaimana sumber daya manusia yang ada dapat digunakan seminimal. mungkin sehingga tidak terjadi pemborosan Tidak dapat dipungkiri lagi kalau. tingkat ketelitian manusia cukup terbatas,3 6 Analisis Pelayanan Services. Peningkatan pelayanan yang lebih baik di SMP N 2 Watumalang. dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik serta meningkatkan. kepuasan kerja pegawai Upaya peningkatan pelayanan tersebut dapat. dilakukan melalui perbaikan dalam proses pengolahan data kesiswaan. 4 Hasil dan Pembahasan,4 1 Implementasi Sistem, Implementasi sistem Implementation System merupakan tahap meletakkan.
sistem yang baru dikembangkan supaya nantinya sistem tersebut siap untuk. dioperasikan sesuai dengan yang diharapkan Tujuan dari tahap implementasi. adalah menyiapkan semua kegiatan penerapan sistem sesuai dengan. rancangan yang telah ditentukan,4 1 1 Halaman Admin. 4 1 2 Halaman Home User,4 1 3 Halaman Home Admin,4 1 4 Halaman PSB. 4 2 Pengujian Sistem,4 2 1 Pengujian Black Box, Terfokus pada apakah unit program memenuhi kebutuhan yang. disebutkan dalam spesifikasi Pada black box testing cara pengujiannya. hanya dilakukan dengan menjalankan atau mengeksekusi unit atau. modul kemudian diamati apakah hasil dari unit tersebut sesuai dengan. proses bisnis yang diinginkan Jika ada unit yang sesuai outputnya maka. untuk menyelesaikannya diteruskan pada pengujian kedua yaitu white. box testing,Tabel 4 1 Pengujian sistem, Data Masukan Yang di Harapkan Pengamatan Kesimpulan. Home Menampilkan menu Menu utama Diterima,utama berhasil.
ditampilkan, User name dan Menampilkan menu Menu utama Diterima. password jika utama berhasil,benar ditampilkan, User name dan Menampilkan pesan Pesan kesalahan Diterima. dikembangkan untuk media pendaftaran siswa mahasiswa baru secara online Melalui web inilah kita dapat mengetahui informasi yang lebih detail mengenai suatu perusahaan atau instansi tersebut SMP N 2 Watumalang merupakan salah satu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan dan akademik SMP N 2 Watumalang sangat membutuhkan perancangan perangkat lunak yang memadai dalam mengelola dan

Related Books