Salam hangat para pembaca Geospasial Edisi Agustus 2015

Salam Hangat Para Pembaca Geospasial Edisi Agustus 2015-Free PDF

  • Date:16 Mar 2020
  • Views:34
  • Downloads:0
  • Pages:38
  • Size:3.62 MB

Share Pdf : Salam Hangat Para Pembaca Geospasial Edisi Agustus 2015

Download and Preview : Salam Hangat Para Pembaca Geospasial Edisi Agustus 2015


Report CopyRight/DMCA Form For : Salam Hangat Para Pembaca Geospasial Edisi Agustus 2015


Transcription:

DARI REDAKSI, Salam hangat para pembaca Geospasial Edisi Agustus 2015. Pada edisi ini majalah geopasial menyajikan tulisan Pak Asep Alumni A 74 Mantan Kepala BIG tentang. kecerdasan Geospasial Hal ini berkaitan dengan pentingnya data spasial menjadi inti dari tulisan Musnanda. Alumni A 89 tentang Pengelolaan Data Spatial untuk Perencanaan Konservasi Sebagai penguat bagaimana. kecerdasan seorang geograf itu berkewajiban selalu ber kir sistematis dan kritis dijelaskan dalam tulisan Pak. Nuzul Alumni A 76 yang berjudul Jangan Cintai Kartogra Apa Adanya. Edisi Agustus 2015 juga membahas tentang perubahan penggunaan tanah dan dampaknya terhadap. ketersediaan air yang saat kemarau panjang saat ini dan juga bisa mengurangi cadangan air yang ada Tulisan. dari mahasiswa S1 geogra sebagai bentuk antisipasi pada fenomena yang ada yakni kemacetan di jalan tol. dikarenakan tidak adanya alternatif jalan pendamping tol Tulisan dari mahaiswa S2 Geogra juga menjadi. bagian dari kecerdasan geograf tingkat lanjut setelah pendidikan S1. Akhir kata kami mengucapkan selamat membaca dan sukses selalu dalam pekerjaan dan berkarya. membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik lagi. Salam Redaksi,TIM REDAKSI,Penasehat Dr Rokhmatuloh M Eng. Readksi Adi Wibowo Iqbal Putut Ash Shidiq Laju Gandharum Ratri Candra. Weling Suseno Rendy P Ardiansyah, Staf Ahli Astrid Damayanti Sugeng Wicahyadi Supriatna Triarko Nurlambang. Alamat Redaksi Departemen Geogra FMIPA UI Kampus UI Depok. Diterbitkan oleh Forum Kounikasi Geogra Universitas Indonesia. Redaksi menerima artikel opini pendapat dan saran dari pembaca utamanya. berkaitan dengan masalah keruangan,Volume 13 No 2 Agustus 2015. DAFTAR ISI,Dari Redaksi Jangan Cintai Kartografi,Apa Adanya 19.
Daftar Isi 01,Land Use Change and Its Impact,to Water Availability 21. TRIPARTIT UI ITB UGM,Periode 2015 2017 02,Wilayah Kesesuaian. Pembangunan Jalan Alternatif,Pendamping Jalan Tol, Benang Merah Perspektif Keruangan Di Kabupaten Lebak Provinsi Banten 26. Ekonomi dan Geografi 03,RS GIS EARTH SCIENCE CONFERENCES. 2015 2016 35,Langkah Awal,Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan.
Membangun Kapasitas Pengelolaan,Data Spasial di Tingkat Kabupaten 10. Kecerdasan Geospasial 14,Volume 13 No 2 Agustus 2015. PERIODE 2015 2017,Oleh Adi Wibowo, Sebagai bentuk kepedulian dari tiga universitas yang. ada di Indonesia dengan berbagai bidang displin ilmu. maka dibentuklah Tripartit UI ITB UGM dengan masa,kerja tahun 2015 2017 sebagai pemimpin adalah UI. yang dua tahun sebelumnya 2013 2015 adalah UGM,Kepemimpinan ini dilaksanakan secara bergantian.
setiap dua tahun sekali Pada rapat koordinasi tanggal. 26 Juni 2015 sebagai tuan rumah adalah UGM,kemudian pertemuan berikutnya adalah di UI dan. setelah itu dilajutkan di ITB Sebagai tuan rumah dihadiri. oleh Prof Danang Parikesit Dr Bambang Hudayana otomatis nilai ini nantinya bisa ditransfer ke UNCEN. Prof Agus Tau k Mulyono dari UGM tim ITB diwakili Kegiatan ini tidak mengganggu kelancaran studi dari. oleh Dr Biemo W Soemardi dan Dr Ibnu Syabri dan tim mahasiswa karena mata kuliah yang diambil sudah. dari UI Dr Tri Tjahyono Dr Nuzul Achyar Adi W MSi memiliki standar baik di UI ITB UGM dan UNCEN yang. Aska A Y SSi dan Putri P SSi saat ini mahasiswanya adalah dari Teknik Sipil Awalnya. kegiatan ini dilakukan bagi mahaiswa ketiga universitas. Salah satu kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh yakni mahasiswa UI kuliah di ITB dan UGM dan. Tripartit UI ITB UGM adalah Credit Earning untuk begitupun sebaliknya Kegiatan Credit Earning. mahasiswa mahasiswa UNCEN Universitas menjadi ajang kebersaman antara Universitas dan. Cendrawasih yang salah satu idenya adalah Perusahaan dalam rangka program sosial pada. mewujudkan pengetahuan secara langsung bagaimana masyarakat dengan menjadi sponsor beasiswa bagi. proses belajar di Teknik UI ITB dan UGM sehingga mahasiswa UNCEN yang ikut kegiatan Credit Earning. pengalaman belajar di Pulau Jawa itu bisa ditularkan. saat kembali ke Papua Hasil belajar tentunya Secara umum Tripartit UI ITB UGM punya tujuan mulia. mengahasilkan nilai sesuai evaluasi yang berlaku maka untuk membantu pendidikan di Indonesia agar lebih. maju kedua juga bisa membantu pemerintah untuk, melihat lebih dari satu sisi seperti adanya kajian tentang. kelayakan jembatan Jawa Sumatera karena dari, berbagai kajian yang dilakukan Tripartit UI ITB UGM. jembatan Jawa Sumatera itu belum layak dilaksanakan. yang salah satunya adalah belum ada data pasti berapa. kekuatan gempa dan kemungkinan tsunami yang, dihasilkan jika gunung Krakatau mengalami kejadian. seperti catatan sejarah umat manusia Letusan Gunung. Krakatau masuk dalam letusan gunung yang,mempengaruhi kondisi dunia tidak hanya Indonesia.
Semoga kegiatan Tripartit UI ITB UGM bisa membantu. Indonesia menjadi lebih baik lagi ke depan,Volume 13 No 2 Agustus 2015. BENANG MERAH PERSPEKTIF KERUANGAN,EKONOMI DAN GEOGRAFI. Oleh Rudolf D Abrauw rudolfabr gmail com, Pendahuluan the study the point of view economics of the. Suatu disiplin ilmu tidak ada gunanya jika hanya differentiation and interrelationships of areas in a. dipelihara dan dikembangkan untuk disiplin ilmu itu universe of unevenly distributed and imperfectly. mobile resources with particular emphasis in,sendiri melainkan yang utama adalah manfaatnya. application on the planning of the social overhead. untuk kelangsungan hidup manusia khususnya bagi, capital investments to mitigate the social problems.
masyarakat bangsa dimana disiplin ilmu itu dipelihara created by these circumstances. dan dikembangkan dalam proses pendidikan Ekonomi, Regional dan Geogra Ekonomi merupakan dua cabang Berdasarkan de nisi tersebut ilmu ekonomi regional. ilmu yang berbeda dari disiplin ilmu yang berbeda sebenarnya lebih banyak menekankan analisanya pada. namun demikian fokus kajian dari kedua cabang ilmu pemecahan masalah problem solving yang berkaitan. tersebut pada ruang yang notabene merupakan salah dengan ekonomi regional dari pada pengembangan. satu pendekatan dasar dalam ilmu geogra yaitu spatial ilmu ekonomi secara murni yang kebanyakan lebih. approach dengan mengelaborasi lebih jauh ke wilayah bersifat teoritis dan konsepsional Sebelumnya juga. region Walaupun ekonomi regional disiplin ilmu Meyer 1963 dalam Sjafrizal 2008 juga telah mencoba. dasarnya adalah ekonomi secara tidak langsung sudah membuat de nisi ilmu ekonomi regional walaupun. mengadopsi wilayah yang merupakan domain dari ilmu belum begitu representatif. geogra Untuk itu ekonomi regional akan lebih mudah. diuraikan dari perspektif keruangan tentang Ilmu ekonomi regional termasuk salah satu cabang yang. pengembangan wilayah ataupun perencanaan wilayah baru dari ilmu ekonomi yang ditandai oleh pemikiran. ekonomi dan juga berlaku pada geogra ekonomi yang ke arah ekonomi regional secara sepotong potong yang. menekankan aspek keruangan sebagai inti studinya dicetuskan oleh Von Thunen 1826 Weber 1929 Ohlin. 1939 dan Losch 1939 dalam Tarigan 2005, Munculnya kedua sub disiplin ilmu tersebut sangatlah Selanjutnya disebutkan bahwa secara umum Walter. berbeda yang mana ekonomi regional adalah cabang Isard 1956 adalah orang pertama yang dianggap. dari ilmu ekonomi yang memasukkan unsur tempat memberi wujud landasan yang kompak terhadap ilmu. ruang dalam pembahasannya karena ilmu ekonomi ekonomi regional. klasik belum banyak menyertakan unsur ruang pada, kajiannya Sehingga dalam perkembangannya ilmu ini Sedangkan geogra ekonomi menurut Sumaatmadja. menerapkan prinsip prinsip ekonomi yang terkait Nursid 1981 adalah cabang geogra manusia yang. dengan wilayah agar lebih serasi dan tepat untuk bidang studinya struktur keruangan aktivitas ekonomi. diaplikasikan dalam berbagai kebijakan pembangunan yang dapat disimpulkan bahwa geogra ekonomi. wilayah yang berlangsung pada ruang Secara teoritis adalah cabang dari geogra yang membahas tentang. de nisi dari ilmu ekonomi regional menurut Dubey aktivitas ekonomi manusia dalam ruang Selanjutnya. Vinod 1964 dalam Sjafrizal 2008 yaitu disebutkan bahwa titik berat studi geogra ekonomi. adalah aspek keruangan struktur ekonomi manusia,yang di dalamnya bidang pertanian industri. perdagangan komunikasi transportasi dan lain,sebagainya.
Volume 13 No 2 Agustus 2015, Walaupun latar belakang 1826 dengan Bid Rent Theory Leontief yang menerapkan teori. munculnya kedua sub disiplin ilmu Pada teori ini Von Th nen input output untuk meguraikan. tersebut berbeda namun aspek membuat sebuah model yang statistik dalam bentuk matriks yang. ruang menjadi benang merah untuk menggambarkan bagaimana pasar menyajikan informasi tentang. dapat menguraikan tentang kedua yang merupakan pusat kegiatan transaksi barang dan jasa serta. sub disiplin ilmu tersebut Karena ekonomi memberikan pengaruh saling keterkaitan antar kegiatan. pada dasarnya dalam mempelajari terhadap penggunaan lahan ekonomi sektor dalam suatu. ekonomi regional maupun geogra pertanian sehingga dapat wilayah pada suatu periode waktu. ekonomi pastilah mengacu pada disimpulkan bahwa dengan adanya Model ini menghasilkan indeks yang. teori teori barat tentang lokasi dan peningkatan permintaan akan mengukur total efek atau dampak. pertumbuhan wilayah yang intinya kebutuhan barang di pasar maka dari sebuah penambahan. juga berkaitan dengan ruang akan berdampak pada perluasan kebutuhan akan tenaga kerja atau. Sekalipun ekonomi regional dan lahan pertanian penambahan pendapatan model. geogra ekonomi dalam kajiannya ini pula dapat digunakan untuk. membicarakan ruang tetapi Walaupun ekonomi regional dan memprediksi dan meramal dampak. pastilah ada perbedaannya karena regional science adalah sub disiplin ekonomi regional di masa depan. ekonomi regional hanya akan ilmu yang berbeda namun serta perubahan dalam transaksi. menguraikan ruang ekonomi dari setidaknya telah memasukan ruang antar industri Stimson Stough and. sudut pandang ekonomi semata dalam kajiannya Regional Science Roberts 2002 Sehingga dewasa ini. sedangkan geogra ekonomi akan yang dalam bahasa Indonesia pada perkembangannya konsep ini. memasukkan unsur unsur sis sik dikenal dengan ilmu wilayah adalah dapat diterapkan untuk kajian antar. dalam kajiannya yang ilmu yang mempelajari masalah wilayah yang dikenal sebagai. mempengaruhi struktur keruangan sosial yang memiliki dimensi Interregional Input Output Analysis. ekonomi pada suatu region atau wilayah dan spasial dengan cermat. wilayah Untuk itu sebagai seorang dan teliti dengan menggunakan Selanjutnya dikemukakan oleh Isard. mahasiswa geogra penulis penelitian secara analitis dan bahwa General Theory of Location. berusaha untuk menarik benang empiris Isard 1956 Berdasarkan and Space Economy meliputi semua. merah dari Ekonomi Regional dan de nisi yang dikemukakan oleh kegiatan ekonomi dengan tidak. Geogra Ekonomi serta mencoba Issard bahwa aspek ruang spasial mengabaikan dan sungguh. untuk menguraikannya dalam memegang peranan yang penting memperhatikan distribusi geogra s. perspektif keruangan dalam memecahkan berbagai dari input dan output serta. permasalahan terutama masalah distribusi geogra s dari harga dan. Penjabaran Umum sosial dan ekonomi Selanjutnya biaya Fujita 1999 Oleh hal inilah. Sub disiplin ilmu ekonomi yang diuraikan bahwa dimensi spasial Isard dianggap sebagai pembaharu. dikenal dengan ilmu ekonomi bisa diteliti dikaji secara analitis dalam kajian ilmu ekonomi. regional dalam hal ini merupakan maupun empiris yang mana konvensional yang hanya berfokus. sub disiplin ilmu yang memasukkan dimensi tersebut bisa diukur pada supply dan demand tanpa. wilayah dalam kajiannya Aspek sehingga diperoleh formula atau memperhatikan aspek ruang. wilayah menjadi bagian penting kajian yang tepat Walaupun spasial Bahkan kajian dari ahli. dalam sub disiplin ilmu ini karena demikian ilmu wilayah belum bisa ekonomi sebelumnya seperti Von. pada ilmu ekonomi tradisional menjawab pertanyaan dimana Thunen Webber Christaller. belum terlalu nampak aspek semua akti tas ekonomi tersebut maupun Losch yang telah mulai. ruangnya Padahal aspek ruang harus dilakukan dan mengapa mengenalkan konsep spatial. menjadi sangat penting guna akti tas ekonomi tersebut harus ada economic tidak menyadari adanya. terlaksananya suatu kegiatan di lokasi yang sesuai distribusi geogra s dari input dan. ekonomi yang berkaitan dengan output serta distribusi geogra s dari. pertumbuhan wilayah hal ini dapat Regional Science merupakan harga dan biaya sangat mungkin. tercermin dari teori Lokasi yang pengembangan penegasan dari berbeda tidak sama pada. diperkenalkan oleh Von Th nen Walter Isard bersama Wassily region region lain. Volume 13 No 2 Agustus 2015, Selain ekonomi regional yang menerapkan ruang pada dan How sebagai pertimbangan aspek geogra. kajiannya sub disiplin ilmu yang sudah mengakar aspek ekonomi. keruangannya adalah geogra ekonomi Geogra, Ekonomi adalah cabang Geogra Manusia yang bidang Studi geogra merupakan pengkajian keruangan gejala. studinya struktur keruangan aktivitas ekonomi Mengenai dan masalah kehidupan karena itu sudah pasti ruang. Geogra Ekonomi beberapa pakar telah memberikan lingkupnya sangat luas Ruang lingkup yang demikian. konsepnya antara lain Jones dan Dakenwald 1954 luasnya itu dapat diarahkan kepada tiga pokok utama. dalam bukunya Economic Geography Miller dan Renner yaitu 1 persebaran dan hubungan umat manusia. 1958 dalam bukunya Global Geography Alexander dipermukaan bumi dan aspek keruangan per. Selain ekonomi regional yang menerapkan ruang pada kajiannya sub disiplin ilmu yang sudah mengakar aspek keruangannya adalah geogra ekonomi

Related Books