SABAR DALAM PANDANGAN IBN QAYYIM AL JAUZIYYAH

Sabar Dalam Pandangan Ibn Qayyim Al Jauziyyah-Free PDF

  • Date:28 Jun 2020
  • Views:6
  • Downloads:0
  • Pages:64
  • Size:389.33 KB

Share Pdf : Sabar Dalam Pandangan Ibn Qayyim Al Jauziyyah

Download and Preview : Sabar Dalam Pandangan Ibn Qayyim Al Jauziyyah


Report CopyRight/DMCA Form For : Sabar Dalam Pandangan Ibn Qayyim Al Jauziyyah


Transcription:

SABAR DALAM PANDANGAN IBN QAYYIM,AL JAUZIYYAH,Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh,Gelar Sarjana Filsafat Islam S Fil I. Tri Haryanti,NIM 103033127770,Di Bawah Bimbingan,Prof Dr Abdul Aziz Dahlan. NIP 150 062 821,JURUSAN AQIDAH FILSAFAT,FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT. UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA,1429 H 2008 M,PENGESAHAN PANITIA UJIAN.
Skripsi berjudul SABAR DALAM PANDANGAN IBN QAYYIM AL. JAUZIYYAH telah diujikan dalam sidang munaqasyah Fakultas Ushuluddin dan. Filsafat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 18 Juni 2008 Skripsi ini. telah diterima sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Filsafat Islam. S Fil I pada Program Studi Aqidah Filsafat,Jakarta 25 Juni 2008. Sidang Munaqasyah, Ketua Merangkap Anggota Sekretaris Merangkap Anggota. Drs Agus Darmaji M Fils Drs Ramlan A Gani M Ag,NIP 150 262 441 NIP 150 254 185. Drs Hamid Nasuhi M A Dra Wiwi Siti Sajaroh M Ag,NIP 150 241 817 NIP 150 270 808. Prof Dr Abdul Aziz Dahlan,NIP 150062821,KATA PENGANTAR.
Alhamdulillah segala puji dan sujud penulis haturkan kepada Allah swt. puncak segala eksistensi atas segala karunia kekuatan jasmani rohani dan aqli. hanya karena Nya penulis akhirnya dapat menyelesaikan skripsi ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada sosok yang. tidak aman sebelum umat Nya merasa nyaman dan mendedikasikan hidupnya. untuk membawa umat manusia keluar dari jurang kebiadaban menuju umat yang. dihiasi oleh peradaban yaitu nabi Muhammad saw keluarganya sahabatnya. serta para pengikutnya yang loyal terhadap ajaran yang dibawa beliau. Catatan kecil sebagai pembuka ini sejujurnya tidak bisa mewakili curahan. rasa hati penulis Bahkan dengan jujur seraya tertunduk malu penulis berharap. tulisan kecil ini dapat mewakili isi kalbu Dengan penuh hormat penulis. persembahkan penghargaan penulis yang paling khusus kepada. 1 Bapak Dr M Amin Nurdin M A selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dan. Filasafat beserta para pembantu dekan, 2 Bapak Drs Agus Darmaji M Fils dan Drs Ramlan Abdul Gani M Ag. selaku ketua dan sekertaris jurusan Aqidah Filsafat. 3 Bapak Prof Dr Abdul Aziz Dahlan selaku Dosen Pembimbing yang telah. sabar membimbingku dalam proses penulisan skripsi ini. 4 Seluruh dosen staf akademik dan staf Perpustakaan Utama UIN Fakultas. Ushuluddin maupun Perpustakaan Iman Jama, 5 Kepada kedua orang tuaku Bapak Trimo dan Ibu Suratmi tercinta Terima. kasih atas segala kasih sayang dan dukungannya selama ini baik berupa. moril spirituil maupun materil yang tanpa dukungan keduanya mustahil. penulis dapat menyelesaikan studi hingga keperguruan tinggi Tak. tergambarkan betapa berharganya beliau Tiada ungkapan dan hadiah yang. dapat kuberikan untuk menggambarkan betapa berharganya dan berartinya. beliau dihatiku Aku hanya bisa berdo a kepada Allah swt semoga. kesehatan dan keberkahan selalu bersamamu Amin Terima kasih kepada. adik adikku tersayang Yanto dan Dede atas curahan kasih sayang dan. perhatian yang diberikan kepadaku, 6 Teman seperjuangan Aqidah Filsafat angkatan 2003 Nadia Latifah Elly. Ujang Udin Ali Mawardi Mohali Pei Tatang Setiawan Fakhru dan. semua yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, 7 Toek Sahabat sahabatku tersayang Muni Tri Tutto Dedi Jo Ker Sophi. Win terima kasih atas segala perhatian do a dan dukungannya selama. ini Dorbina Rizki Aditya K Faruq Ferni Fajar Riana Ira SA Yuni. SA dan Nisa PA Terima kasih atas segala do a dan dukungannya. Akhirnya segala kebenaran hanya milik Nya semoga skripsi ini. membawa manfaat bagi khalayak ramai dan akademisi dan semoga Allah. membalas jasa kebaikan mereka di atas dengan balasan yang setimpal m n y. Rabb al lam n,Jakarta Mei 2008 M,DAFTAR ISI,HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING i.
KATA PENGANTAR iii,DAFTAR ISI v,PEDOMAN TRANSLITERASI vii. BAB I PENDAHULUAN,A Latar Belakang Masalah 1,B Pembatasan dan Perumusan Masalah 5. C Tujuan Penulisan 5,D Metode Penelitian 5,E Tinjauan Pustaka 6. F Sistematika penulisan 7,BAB II BIOGRAFI IBN QAYYIM AL JAUZIYYAH. A Riwayat Hidup 9,B Kondisi Sosial Masyarakat 12,C Karya karya 17.
BAB III DEFINISI DAN PANDANGAN TENTANG SABAR,A Pengertian Sabar Secara Umum 21. B Pandangan pandangan tentang Sabar 24,BAB IV SABAR DALAM PANDANGAN IBN QAYYIM. AL JAUZIYYAH,A Hakikat Sabar 33,B Klasifikasi Sabar 34. C Sebab sebab yang Menguatkan sabar 40,D Analisis 46. BAB V PENUTUP,A Kesimpulan 50,B Saran 51,DAFTAR PUSTAKA 53.
Pedoman Translitrasi,PENDAHULUAN,A Latar Belakang Masalah. Manusia adalah makhluk yang beradab menurut tabiatnya dan makhluk. sosial menurut fitrahnya 1 Dalam ilmu sosial manusia memiliki ketentuan. ketentuan ataupun peraturan peraturan yang menjaga suatu komunitasnya Di. dalam suatu komunitas terdapat berbagai macam individu individu dengan. karakter karakter ataupun tipe kepribadian yang berbeda beda ini adalah salah. satu faktor yang dapat menyebabkan pertentangan di antaranya. Perbedaan karakter tersebut yang menimbulkan pertentangan dapat. dihadapi dengan berbagai macam cara tergantung dari individu tersebut Seperti. contohnya ada perbedaan antara menghadapi marah dengan kemarahan dan. menghadapi marah dengan ketenangan antara menghadapi kelakuan buruk. dengan keburukan dan menghadapi perlakuan buruk dengan toleransi dan. kemaafan dan antara menuruti hawa nafsu dalam menghadapi keburukan dengan. keburukan dan menahan keinginan nafsu tersebut dalam menghadapi keburukan. dengan kebaikan 2, Suatu hati yang bersih adalah hati yang selalu merasa resah saat diri. menerima keburukan ataupun kegiatan yang dilakukan orang lain walaupun. dirinya mampu membalas sikap buruk tersebut dengan keburukan tetapi dibalas. dengan kebaikan Itu akan membawa keadaan ke arah yang lebih baik karena. mengajak orang yang memulai permusuhan itu berbalik dari permusuhannya dan. Asma Umar Hasan Fad aq Mengungkap Makna dan Hikmah Sabar Jakarta Lentera. Fad aq Mengungkap Makna h 35, menjadikan sikapnya penuh dengan cinta persahabatan dan keakraban dengan. orang yang berbuat baik tersebut, Perbuatan di atas tersebut adalah suatu budi pekerti yang baik yang. memiliki tingkatan akhlak yang mulia yang tidak semua orang dianugerahi oleh. Allah swt hanya kepada orang orang yang bijaksana dan sabar. Sabar adalah suatu bagian dari akhlak utama yang dibutuhkan seseorang. muslim dalam masalah dunia dan agama Ia harus mendasarkan amal dan cita. citanya kepada sabar itu Sebagai hamba Allah kita tidak terlepas dari musibah. yang menimpa kita baik musibah yang berhubungan dengan pribadi kita sendiri. maupun musibah dan bencana yang menimpa sekelompok masyarakat maupun. bangsa 3 Di zaman sekarang ini manusia lebih difokuskan perhatiannya pada. berbagai ragam kesibukan keinginan dan hawa nafsu guna mengejar kepentingan. dan kebutuhan duniawi yang semakin meningkat dan tak mengenal kepuasan 4. Terhadap segala macam kesulitan dan kesempitan yang terus menerus maka. hanya sabarlah yang memancarkan sinar yang memelihara seorang muslim dari. kejatuhan keterpurukan dan sifat mudah putus asa, Tetapi dalam menjalani kehidupan ini terutama dalam mengejar.
kesenangan keselamatan dan kebahagiaan manusia selalu dibayangi oleh. gangguan ganguan sehingga tidak semua yang diinginkan dapat tercapai Apabila. pencapaian sesuai dengan kehendak maka hati merasa puas tetapi kalau bertemu. dengan yang tidak disukai maka timbullah perasaan sedih dan kecewa Disinilah. perlunya sifat sabar, Muhammad al Ghazali Akhlak Seorang Muslim Semarang Wicaksana 1990 h 258. Mahyuddin Ibrahim 180 Sifat Tercela dan Terpuji Jakarta Restu Agung 1996 cet 4. Oleh karena itu setiap muslim hendaknya mempunyai sifat sabar karena. sabar merupakan ciri khusus manusia yang amat istimewa Memang upaya. memantapkan sifat sabar di dalam hati sangat sukar sekali karena upaya itu tidak. disukai oleh nafsu Oleh karena itu latihan kesabaran amatlah perlu dimulai dari. kecil Banyak yang putus asa menerima cobaan karena ia belum pernah mendapat. cobaan atau tidak terdidik dari kecilnya dengan kesabaran 5. Ibn Qayyim al Jauziyyah adalah seorang ulama yang dilahirkan di desa. Zar i wilayah Harran kira kira lima puluh mil sebelah tenggara kota Damaskus 6. Dimana kondisi masyarakat pada saat itu sedang mengalami kejumudan dalam. berfikir Hal ini disebabkan karena pendapat yang mengatakan bahwa pintu ijtihad. telah tertutup sehingga menyebarlah sikap taqlid dan fanatik yang berlebihan. Disinilah Ibn Qayyim al Jauziyyah bangkit untuk menyerukan kebebasan berfikir. dan berijtihad dengan kembali kepada al Qur an dan as Sunnah. Beliau memiliki karya karya di antaranya karya tentang sabar dengan. judul Uddat ash Sh bir n wa Dzakh rat asy Sy kir n Indahnya Sabar Bekal. Sabar Agar Tidak Pernah Habis Menurut Ibn Qayyim al Jauziyyah kesabaran. adalah tambatan jiwa orang yang beriman kemanapun seorang mukmin pergi dia. akan kembali pada tambatan jiwanya itu Kesabaran adalah pilar keimanan dan. tempat bersandar Tidak beriman seseorang yang tidak memiliki kesabaran kalau. dia beriman kadar keimanannya sedikit dan lemah Iman seseorang yang tidak. memiliki jiwa kesabaran akan melahirkan penghambaan diri kepada Allah bukan. dengan keyakinan penuh jika dalam keadaan senang ia merasa senang tetapi jika. ia sedang mendapat ujian keadaannya akan berbalik ia merugi dunia akhirat. Yunasril Ali Pilar pilar Tasawuf Jakarta Kalam Mulia 1999 cet 2 h 82 83. Ibnu Qayyim al Jauziyyah Pesona Keindahan terj Hadi Mulyo Jakarta Pustaka. Azzam 1999 cet 1 h 171, Kehidupan terbaik akan diraih oleh orang orang yang berbahagia dengan. kesabaran mereka Mereka berada pada derajat tertinggi yang mereka dapatkan. melalui syukur 7 Mereka berjalan di antara dua sayap kesabaran dan kesyukuran. menuju surga yang bertabur kenikmatan semua itu merupakan karunia Allah yang. diberikan kepada siapa pun yang dikehendaki karena Allah memiliki karunia yang. cukup besar, Karena iman memiliki dua sayap yaitu sayap pertama kesabaran dan. sayap kedua kesyukuran maka selayaknya bagi mereka yang ingin selalu. menasehati dirinya dan mendahulukan kebahagiaannya untuk tidak meremehkan. atau mengecilkan dua pokok besar ini tidak melenceng dari dua jalan yang. moderat serta menjadikan perjalanannya menuju Allah antara dua jalan ini agar. Allah menempatkannya bersama kekasih kekasih terbaik Nya 8 Jika seseorang. memiliki kesabaran dan keteguhan maka dia akan cepat mendapatkan jalan keluar. dari musibah yang dihadapinya dan akan dekat kepada kebahagiaan 9. Di samping itu yang paling menarik dari kajian Ibn Qayyim al Jauziyyah. yaitu menjelaskan pembagian sabar menurut lima hukum taklif Sabar menurut. Ibn Qayyim terbagi ke dalam lima jenis yaitu sabar wajib sabar dari yang sunah. sabar dari yang mubah sabar dari yang makruh dan sabar dari yang haram. Berdasarkan pemikiran di atas maka penulis merasa tertarik untuk. mengkaji lebih dalam tentang sabar yang dikemukakan oleh Ibn Qayyim al. Ibnu Qayyim al Jauziyyah Indahnya Sabar Bekal Sabar Agar Tidak Pernah Habis. terj A M Halim Jakarta Maghfirah pustaka 2006 h 18. Syaikh M Hasan al Jamal Biografi 10 Imam Besar Jakarta Pustaka al Kautsar. 2005 cet 1 h 250, Al Imam al Mawardi Kenikmatan Kehidupan Dunia dan Agama Etika dalam. Pergaulan terj Kamaluddin Sa diyatulharamain Jakarta Pustaka Azzam 2001 cet 1. Jauziyyah Maka dari itu pula penulis ingin mencoba menulis skripsi ini dengan. judul Sabar dalam Pandangan Ibn Qayyim al Jauziyyah. B Pembatasan dan Perumusan Masalah, Kiranya amat menarik bagi penulis untuk mengungkap lebih jauh tentang.
pemikiran Ibn Qayyim al Jauziyyah Dengan latar belakang masalah yang telah. dipaparkan di atas penulis hanya akan membatasi pembahasan pada. permasalahan mengenai konsep sabar dalam pandangan Ibn Qayyim al Jauziyyah. Berdasarkan pembatasan masalah di atas maka rumusannya adalah. bagaimana konsep sabar menurut Ibn Qayyim al Jauziyyah. C Tujuan Penulisan,Adapun tujuan penulisan ini adalah. 1 Untuk memahami konsep sabar dalam pemikiran Ibnu Qayyim al. 2 Untuk memenuhi syarat memperoleh gelar sarjana strata 1 S 1 pada. jurusan Akidah Filsafat Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Syarif. Hidayatullah Jakarta,D Metode Penelitian, Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan kajian kepustakaan. library research yaitu menghimpun buku atau tulisan yang ada kaitannya. dengan tema skripsi Adapun buku buku yang menjadi sumber primer dalam hal. ini tentunya buku karangan Ibnu Qayyim al Jauziyyah namun berhubung buku. aslinya sulit dilacak maka penulis hanya memuat karyanya yang sudah. diterjemahkan seperti Sabar Perisai Seorang Mukmin dan Indahnya Sabar. Bekal Sabar agar Tidak Pernah Habis Sedangkan sumber sekunder adalah dari. buku buku yang memiliki hubungan dengan tema pembahasan dalam skripsi ini. Adapun metode analisisnya adalah deskriptif analisis Maksudnya adalah. penelitian ini berupaya menggambarkan sedemikian rupa pemikiran Ibnu Qayyim. al Jauziyyah tentang sabar yang kemudian penulis menganalisa sehingga sehingga. dapat memberikan kejelasan baik bagi penulis khususnya dan masyarakat pada. Selanjutnya teknis penulisannya berdasarkan pedoman penulisan skripsi. tesis dan desertasi yang termuat dalam buku Pedoman Akademik Fakultas. Ushuluddin dan Filsafat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2003 2004. E Tinjauan Pustaka, Berkaitan dengan kajian pemikiran Ibnu Qayyim al Jauziyyah ini telah ada. Oleh karena itu setiap muslim hendaknya mempunyai sifat sabar karena sabar merupakan ciri khusus manusia yang amat istimewa Memang upaya memantapkan sifat sabar di dalam hati sangat sukar sekali karena upaya itu tidak disukai oleh nafsu Oleh karena itu latihan kesabaran amatlah perlu dimulai dari kecil Banyak yang putus asa menerima

Related Books