PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK STT PLN

Petunjuk Praktikum Rangkaian Listrik Stt Pln-Free PDF

  • Date:08 Jan 2021
  • Views:4
  • Downloads:0
  • Pages:48
  • Size:964.50 KB

Share Pdf : Petunjuk Praktikum Rangkaian Listrik Stt Pln

Download and Preview : Petunjuk Praktikum Rangkaian Listrik Stt Pln


Report CopyRight/DMCA Form For : Petunjuk Praktikum Rangkaian Listrik Stt Pln


Transcription:

PETUNJUK PRAKTIKUM,RANGKAIAN LISTRIK,IR TASDIK DARMANA MT. NOVI GUSTI PAHIYANTI ST MT,SIGIT SUKMAJATI ST MT,TONY KOERNIAWAN ST MT. OKTARIA HANDAYANI ST MT,LABORATORIUM DASAR TEKNIK ELEKTRO. SEKOLAH TINGGI TEKNIK PLN,Tata Tertib Praktikum Rangkaian Listrik STT PLN. 1 Datang 15 menit sebelum praktikum, 2 Pada saat praktikum memakai pakaian rapih pakaian berkerah bersepatu dan.
menggunakan jas laboratorium, 3 Cover tugas rumah laporan diketik komputer berwarna. 4 Membawa kartu praktikum,5 Mengerjakan tugas rumah. 6 Kartu praktikum hilang lapor ke koordinator asisten koordas masing masing. 7 Membawa alat tulis milimeterblock penggaris dan steples. 8 Nilai tes awal 50 tidak dapat mengikuti praktikum. 9 Apabila ada alat praktikum yang rusak selama praktikum berlangsung tanggung jawab. 10 Selama praktikum tidak boleh keluar ruangan,11 HP di silent. 12 Menjaga kebersihan dan ketertiban, Apabila praktikan melanggar salah satu peraturan di atas maka asisten. koordinator asisten koordas dan dosen Laboratorium Dasar Teknik Elektro. berhak mengeluarkan praktikan,Kepala Laboratorium Dasar Teknik Elektro.
Tony Koerniawan ST MT, Contoh cover tugas rumah laporan diketik komputer berwarna di kertas A4. Tugas Rumah Laporan Praktikum, Modul 1 Hukum Ohm Kirchoff Modul 1 Hukum Ohm Kirchoff. Arus Tegangan Arus Tegangan,Nama Berawarna NIM,Tgl Praktikum. Tgl Praktikum, Laboratorium Dasar Teknik Elektro Laboratorium Dasar Teknik Elektro. STT PLN Jakarta STT PLN Jakarta,Contoh Lembar Tugas Rumah dan Laporan.
Edho Aditia R,2 cm 2013 11 059 Format Laporan,3 Alat alat dan Perlengkapan. 5 Cara Kerja,6 Data Pengamatan,7 Tugas Akhir,2 cm cm 9 Kesimpulan. Laboratorium Dasar Teknik Elektro,Laboratorium Dasar Teknik Elektro. HUKUM OHM DAN KIRCHOFF ARUS DAN TEGANGAN, a Memahami secara visual teori teori dasar dalam rangkaian listrik arus searah. khususnya yang berkaitan dengan Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff. b Mengenal lebih jauh hubungan antara tegangan dan arus dalam rangkaian listrik. arus searah,II ALAT BAHAN,a Sumber tegangan power supply.
b Multitester,c Kabel kabel penghubung,d Resistor,a Hubungan antara arus dan tegangan. Dengan rangkaian seperti gambar 1 1 dibawah ini berlaku persamaan. Gambar 1 1,V I R Pers 1 1, Secara matematis persamaan di atas adalah linier artinya dengan nilai V dan R yang. tertentu akan didapatkan suatu nilai I yang tertentu juga Dalam prakteknya dijumpai. tahanan yang bersifat linier dan non linier tergantung dari penggunaan dari masing. masing komponen tahanan, Thermistor tahanan yang nilai resistansinya tergantung pada temperature. NTC Negatif Temperature Coeficient,PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 1. Laboratorium Dasar Teknik Elektro,PTC Positif Temperature Coeficient.
Photo Resistor tahanan yang nilai resistansinya tergantung pada cahaya. Gauge Pressure Resistor tahanan yang nilai resistansinya tergantung pada tekanan. regangan mekanis,Komponen semi konduktor dan gas gas lampu tabung. b Hukum Kirchoff,Hukum Kirchoff untuk arus Hukum Kirchoff I adalah. Jumlah arus yang masuk ke dalam suatu titik pada suatu rangkaian adalah sama dengan. jumlah arus yang keluar dari titik tersebut berlaku hokum kekekalan muatan. Dari hokum ini terkandung suatu pengertian bahwa pada suatu rangkaian tanpa. percabanagn besarnya arus adlaah sama di mana mana jadi. I1 I2 I3 Pers 1 2,Gambar 1 2,I1 R1 I1 I2 I3 I3 Pers 1 3. Gambar 1 3, Hukum Kirchoff untuk tegangan Hukum Kirchoff II adalah jumlah beda tegangan. pada suatu rangkaian tertutup adalah sama dengan nol. V V AB VBC VCD Pers 1 4,Gambar 1 4,PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 2.
Laboratorium Dasar Teknik Elektro,IV DAFTAR PUSTAKA. Dorf C Richard James A Svodoba 1996 Introduction to Electric Circuits 3rd. Edition John Wiley Sons Singapore,V TUGAS RUMAH,1 Apa yang dimaksud dengan arus. 2 Apa yang dimaksud dengan tegangan,3 Apa fungsi dari resistor pada percobaan ini. 4 Sebutkan langkah langkah dalam pembacaan sebuah resistor 4 gelang dan 5. 5 Apa bunyi hukum Ohm,VI PERCOBAAN,6 1 Hubungkan Arus dan Tegangan. Gambar 1 5, a Buat rangkaian seperti pada gambar 1 5 dengan suatu R sembarang sebut R1 pada.
breadboard, b Pada posisi tegangan sumber variable 0 hidupkan sumber tegangan. c Naikan tegangan secara bertahap dari 0 samapai dengan 10 Volt sepuluh tahap. dan amati besarnya arus yang mengalir pada setiap tahap kenaikan tegangan. d Turunkan kembali tegangan sumber dan matikan, e Ulangi percobaan a sampai dengan d diatas dengan tahanan yang berbeda R 2 dan. kemudian R3, f Catat nilai tahanan yang saudara gunakan berdasarkan kode warna dari masing. masing tahanan, g Buat kurva I f V untuk masing masing tahanan dan hitung nilai tahanan yang. PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 3,Laboratorium Dasar Teknik Elektro.
h Bandingkan hasil perhitungan tersebut dengan nilai tahanan yang didapat dari kode. 6 2 Hukum Kirchoff untuk Arus,Gambar 1 6,a Buat rangkaian seperti pada gambar 1 6. b Gunakan tegangan tetap 5 V dan tahanan R1 R2 dan R3 sembarang. c Sebelum sumber tegangan dinyalakan periksa rangkaian percobaannya sekali lagi. dan pastikan selector multimeter sudah berada pada posisi yang benar multimeter. sebagai amperemeter, d Nyalakan sumber tegangan amati dan catat arus yang mengalir pada semua cabang. A1 A2 dan A3 serta tegangan sumber, e Matikan sumber tegangan dan catat nilai tahanan yang digunakan R1 R2 dan R3. f Ulangi percobaan a sampai dengan e dengan konfigurasi nilai tahanan yang. berbeda gunakan 5 konfigurasi,6 3 Hukum Kirchoff untuk Tegangan. V V1 V2 R3 V3,Gambar 1 7,a Buat rangkaian seperti gambar 1 7 dibawah ini.
b Gunakan tegangan tetap 5 V dan tahanan R1 R2 dan R3 sembarang. PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 4,Laboratorium Dasar Teknik Elektro. c Sebelum sumber tegangan dinyalakan periksa rangkaian percobaannya sekali lagi. dan pastikan selector multimeter sudah berada pada posisi yang benar multimeter. sebagai voltmeter, d Nyalakan sumber tegangan amati dan catat arus yang mengalir pada semua cabang. A1 A2 dan A3 serta tegangan sumber, e Matikan sumber tegangan dan catat nilai tahanan yang digunakan R1 R2 dan R3. f Ulangi percobaan a sampai dengan e dengan konfigurasi nilai tahanan yang. berbeda gunakan 5 konfigurasi, g Buat analisa dan kesimpulan dari hasil percobaan anda. VII DATA PENGAMATAN,1 Hubungan Arus dan Tegangan,R V Volt I mA R V Volt I mA.
2 Hukum Kirchoff untuk Arus,V Volt R1 R2 R3 I1 mA I2 mA I3 mA. PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 5,Laboratorium Dasar Teknik Elektro. 3 Hukum Kirchoff untuk Tegangan,V Volt R1 R2 R3 V1 Volt V2 Volt V3 Volt I mA. VIII TUGAS AKHIR DAN PERTANYAAN, 1 Dari percobaan 6 1 untuk masing masing harga R yang telah ditentukan. hitunglah arus yang mengalir pada rangkaian, 2 Berapakah kesalahan relative arus dari percobaan 6 1.
3 Dari percobaan 6 2 hitunglah arus yang mengalir pada masing masing harga R. 4 Berapakah kesalahan relative arus dari percobaan 6 2. 5 Dari percobaan 6 3 hitunglah tegangan yang mengalir pada masing masing harga. 6 Dari percobaan 6 3 hitunglah arus total yang mengalir pada rangkaian. 7 Berapakah kesalahan relative tegangan dari percobaan 6 3. PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 6,Laboratorium Dasar Teknik Elektro. RANGKAIAN PENGGANTI, a Memahami konsep rangkaian pengganti dari satu rangkaian yang terdiri dari. sekumpulan tahanan seri dan pararel, b Memahami secara visual penerapan dari teori superposisi. c Memahami suatu metode analisa rangkaian yang berfungsi untuk menyederhanakan. rangkaian yang kompleks rumit menjadi rangkaian ekivalen yang sederhana yaitu. dengan menggunakan teorema thevenin,II ALAT BAHAN,a Tahanan resistor dengan nilai yang ditentukan. b DC power supply,c Multitester,d Kabel kabel penghubung.
a Rangakaian Delta dan Rangkaian Wye Y, Gambar 2 1 Rangkaian Delta Gambar 2 2 Rangkaian Wye. Tahanan yang terangkai secara delta dapat ditransformasikan ke rangkaian Wye begitu. juga sebaliknya Dari gambar 2 1 dan 2 2 transformasi dari delta ke wye diperoleh dari. R1 R2 R3 Pers 2 1,R1 R2 R3 Pers 2 2,PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 7. Laboratorium Dasar Teknik Elektro,R1 R2 R3 Pers 2 3. Sedangkan transformasi dari Wye ke delta diperoleh dari persamaan. Ra Rb Ra Rc Rb Rc,Rb Pers 2 4,Ra Rb Ra Rc Rb Rc,Rc Pers 2 5. Ra Rb Ra Rc Rb Rc,Ra Pers 2 5,b Teori Superposisi, Prinsip dasar teori superposisi adalah pengaruh semua sumber tegangan arus pada.
suatu titik cabang dalam suatu rangkaian listrik adalah sama dengan jumlah aljabar. dari pengaruh masing masing sumber tegangan arus yang bekerja sendiri sendiri. secara individu Perhatikan gambar berikut,Gambar 2 3. Nilai IR2 IR21 IR22 IR23, IR21 adalah arus yang mengalir pada R2 dan E1 bekerja sendiri E2 dan E3 dihilangkan. IR22 adalah arus yang mengalir pada R2 dan E2 bekerja sendiri E1 dan E3 dihilangkan. IR23 adalah arus yang mengalir pada R2 dan E3 bekerja sendiri E1 dan E2 dihilangkan. Jadi proses tersebut bisa digambarkan sebagai berikut. PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 8,Laboratorium Dasar Teknik Elektro. Gambar 2 4 E2 dan E3 tidak bekerja,Gambar 2 5 E1 dan E3 tidak bekerja. Gambar 2 6 E1 dan E2 tidak bekerja,c Teorema Thevenin.
Teorema ini menyatakan bahwa setiap rangkaian tahanan dan terminal dan sumber. sumber tegangan dapat digantikan dengan suatu rangkaian sederhana yang terdiri dari. satu tahanan disebut RTh R Thevenin dari satu sumber tagangan disebut sebgai V Th. V Thevenin Dengan teorema ini arus beban R1 pada rangkaian ekivalen akan sama. dengan arus beban pada rangkaian aslinya Persyaratan yan harus dipenuhi. Tegangan VTh adalah tegangan yang dilihat dari terminal terminal rangkaian semula. dengan Rl dihilangkan,PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 9. Laboratorium Dasar Teknik Elektro, Tegangan RTh adalah tegangan yan dilihat dari terminal terminal beban dengan. sumber tegangan dihilangkan,Gambar 2 7,V R2 R1 R2 Pers 2 6. Gambar 2 8,R1 R2 Pers 2 7,Gambar 2 9,Gambar 3 0,PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 10. Laboratorium Dasar Teknik Elektro,IV DAFTAR PUSTAKA.
Dorf C Richard James A Svodoba 1996 Introduction to Electric Circuits 3rd. Edition John Wiley Sons Singapore,V TUGAS RUMAH, 1 Sebutkan dan jelaskan metode metode dalam menganalisa rangkaian listrik. 2 Gambarkan rangkaian dari masing masing metode sebutkan dan jelaskan langkah. langkahnya, 3 Apa yang dimaksud dengan metode pembagi tegangan dan tuliskan penurunan. 4 Apa yang dimaksud dengan metode pembagi arus dan tuliskan penurunan rumusnya. VI PERCOBAAN,6 1 Transformasi Wye Delta,Gambar 3 1 Gambar 3 2. Rangkaian Pengganti, a Buat rangkaian seperti gambar 3 1 tentukan sendiri nilai R1 sampai dengan R6 dan. catat nilai tahanannya masing masing, b Beri tegangan sebesar 5 V dan catat arus yang mengalir.
c Dengan metode transformasi wye delta hitung tahapan pengganti rangkaian. tersebut dan pilih tahanan yang nilainya sama mendekati hasil perhitungan. d Buat rangkaian seperti gambar 3 2,e Beri tegangan 5 V dan catat arus yang mengalir. f Ulangi langkah a e sampai 3 konfigurasi,PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 11. Kesimpulan 2 cm 2 cm 2 cm 1 5 cm Edho Aditia R 2013 11 059 Laboratorium Dasar Teknik Elektro STT PLN Laboratorium Dasar Teknik Elektro PETUNJUK PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK 1 MODUL I HUKUM OHM DAN KIRCHOFF ARUS DAN TEGANGAN I TUJUAN a Memahami secara visual teori teori dasar dalam rangkaian listrik arus searah khususnya yang berkaitan dengan Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff b Mengenal lebih

Related Books