PERAN REMAJA MASJID AL IRMA DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH DI

Peran Remaja Masjid Al Irma Dalam Pengembangan Dakwah Di-Free PDF

  • Date:02 Dec 2019
  • Views:39
  • Downloads:0
  • Pages:73
  • Size:705.67 KB

Share Pdf : Peran Remaja Masjid Al Irma Dalam Pengembangan Dakwah Di

Download and Preview : Peran Remaja Masjid Al Irma Dalam Pengembangan Dakwah Di


Report CopyRight/DMCA Form For : Peran Remaja Masjid Al Irma Dalam Pengembangan Dakwah Di


Transcription:

PERAN REMAJA MASJID AL IRMA DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH. DI KECAMATAN MEDAN SUNGGAL,Diajukan untuk Melengkapi Tugas Tugas Dan. Memenuhi Syarat Syarat Mencapai Gelar,Sarjana Sosial Islam S sos I. Deby Purnama,NIM 13 12 3 004,Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam. Pembimbing I Pembimbing II,Prof Dr H Abdullah M si Ali Akbar Simbolon MA. NIP 19621231198903104 NIP 197210032003121001,FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI,SUMATERA UTARA,Nama Deby Purnama. Nim 13 12 3 004,Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Judul Peran Remaja Masjid Al Irma Dalam Pengembangan. Dakwah Di Kecamatan Medan Sunggal, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pelaksanaan dan kendala. kendala dalam Pengembangan Dakwah Di Kecamatan Medan Sunggal. Jenis penelitian kualitatif metode analisis data yaitu deskriptif Sumber data. yang digunakan data primer dan data sekunder Teknik pengumpulan data dilakukan. dengan wawancara observasi dan dokumenter Teknik analisis data dilakukan. dengan reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Didasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa Remaja Masjid Al Irma. sangat berperan dalam pengembangan dakwah para remaja untuk masyarakat. Dengan adanya kegiatan para remaja dalam pengembangan dakwah maka masyarakat. melihat bahwa remaja Majid Al Irma aktif di Masjid Al Irma tersebut diantara. kegiatan kegiatannya adalah 1 Bakti sosial 2 Safari silaturahmi 3 Santunan anak. yatim serta kegiatan yang lainnya Dan strategi dalam pengembangan dakwah yaitu. dengan memberikan pengembangan dakwah yang luas untuk remaja untuk. masyarakat yaitu dengan cara membuat kegiatan kegiatan Peran Remaja Masjid Al. Irma sangat penting untuk masyarakat Faktor pendukung dalam mengembangkan. dakwah yaitu 1 Adanya dukungan dana dari BKM Al Irma 2 Semua fasilitas yang. dibutuhkan remaja masjid Al Irma didukung sepenuhnya BKM Al Irma 3 Anggota. remaja masjid yang beragam baik dari kalangan siswa dan mahasiswa 4 Semangat. yang luar biasa dari pada ketua remaja masjid Al Irma Faktor penghambatnya adalah. 1 Sebahagian anggota remaja masjid sibuk kerja dan kuliah 2 Adanya beberapa. anggota kurang aktif dalam posisi jabatannya 3 Adanya agenda lain diluar agenda. remaja masjid Al Irma, Kata Kunci Peran Remaja masjid dan Pengembangan Dakwah. KATA PENGANTAR, Syukur Alhamdulillah penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah.
memberikan kemampuan untuk meyelesaikan skripsi ini shalawat beriring salam atas. junjungan Nabi Muhammad SAW semoga kita mendapatkan syafa atnya kelak. dikemudian hari Amin, Skripsi ini berjudul Peran Remaja Masjid Al Irma Dalam Pengembangan. Dakwah Di Kecamatan Medan Sunggal dibuat sebagai salah satu tugas akhir. mahasiswa i Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Pengembangan Masyarakat. Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara diajukan untuk memperoleh galar. Sarjana Sosial S sos, Oleh sebab itu penulis sangat berharap apa yang telah disusun dapat. bermanfaat bagi pembaca Namun dibalik harapan ini penulis sadar bahwa skripsi ini. jauh dari kesempurnaan maka dari itu penulis mengharap kritik dan saran kepada. penulis agar menjadi lebih baik, Terima kasih yang tak terhingga penulis ucapkan kepada berbagai pihak yang. telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini Penulis harus menempuh. proses yang panjang penuh liku liku dan perjuangan yang membutuhkan. pengorbanan tanpa adanya bimbingan dan arahan dari orang orang tercinta penulis. tidak dapat menyelesaikan skripsi ini Terima kasih yang begitu besar penulis. sampaikan kepada kedua orang tua penulis yaitu Ayahanda Surya Abadi SH dan. Ibunda Nur Ilma yang sudah menyemangati penulis serta menyereweti penulis akan. tetapi walaupun Ibunda suka menyereweti semakin semangat untuk menyelesaikan. skripsi ini serta mendukung untuk cepat menyelesikan skripsi ini Kedua orang tua. penulis sudah merawat memberikan kasih sayang dan ketulusan cinta kepada. penulis Sungguh tidak ada yang dapat membalas kebaikan yang mereka berikan. kepada penulis Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan mengampuni dosa. serta selalu menyayangi mereka Terima kasih penulis ucapkan kepada adinda penulis. Muhammad Eka Yuswan dan Saddam Husein yang selalu setia dalam menemani. kakaknya memberi semangat kepada penulis serta senyuman terindah yang mereka. berikan kepada penulis Penulis juga ucapkan kepada ibuk penulis Trisna Adek dan. nenek penulis Hj Bahriah Lubis yang sudah memberikan semangat dan mendukung. untuk cepat menyelesaikan skripsi ini dan selalu tersenyum kepada penulis Dan tak. lupa pula penulis ucapkan terima kasih kepada kakek penulis Almarhum H Djono. yang telah memberikan semangat dan motivasi untuk kuliah hingga selesai. mengerjakan skripsi ini, Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak pihak yang. telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini Penulis mengucapkan. terima kasih kepada, 1 Bapak Prof Dr Saidurrahman MA sebagai Rektor Universitas Islam.
Negeri Sumatera Utara, 2 Bapak Dr Soiman MA sebagai Dekan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 3 Bapak H Muaz Tanjung MA sebagai Ketua Jurusan Pengembangan. Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam. Negeri Sumatera Utara, 4 Bapak ibu Dosen Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam. Negeri Sumatera Utara, 5 Bapak Prof Dr H Abdullah M si selaku Dosen Pembimbing I yang telah. memberikan masukan dan perbaikan serta membantu penulis untuk. menyelesaikan skripsi ini, 6 Bapak Ali Akbar Simbolaon MA selaku Dosen Pembimbing II yang telah.
mmberikan masukan dan perbaikan serta membantu penulis. menyelesaikan skripsi ini, 7 Bapak Kasban serta pengurus Remaja Masjid yang telah bersedia menjadi. informan peneliti sehingga peneliti bisa menyelesikan skripsi ini. 8 Untuk sahabat penulis Iffah Kharimah Fatya Ulfha kakak Maysarah. Muhammad Rahmat Hasibuan Unggul Sampurna Nasution Syifa Nur. Atika Rahmi Harahap yang telah senantiasa membantu memotivasi agar. cepat menyelesaikan skripsi ini yang sudah menjadi tempat curhat dan. membuat penulis menjadi lebih semangat dalam mengerjakannya atas. saran saran sahabat penulis bisa selesai mengejakan skripsi ini. Medan 23 Oktober 2017,DEBY PURNAMA,DAFTAR ISI,KATA PENGANTAR ii. DAFTAR ISI v,BAB I PENDAHULUAN,A Latar Belakang Masalah 1. B Batasan Istilah 5,C Rumusan Masalah 6,D Tujuan Penelitian 6. E Manfaat Penelitian 6,BAB II KAJIAN TEORI,A Landasan Teori 8.
B Kerangka Konsep 8,1 Pengembangan Dakwah 8,2 Prinsip Prinsip Pengembangan Dakwah 10. 3 Landasan Epistemologi Pengembangan Ilmu Dakwah 16. 4 Pengembangan Dakwah Islam 17,5 Pengertian Remaja 27. 6 Pembinaan Remaja Melalui Masjid 32,7 Kuantitas Dan Kualitas Anggota Remaja Masjid 33. 8 Hubungan Antara Takmir Dan Remaja Masjid 35,9 Sikap Dan Perilaku Aktivis Remaja Masjid 36. 10 Jenis Jenis Aktivitas Remaja Masjid 37,11 Mengatasi Konflik Internal Remaja Masjid 37.
12 Jaringan Organisasi Remaja Masjid 39,C Kajian Terdahulu 40. BAB III METODOLOGI PENELITIAN,A Jenis Penelitian 41. B Lokasi Penelitian 41,C Sumber Data Penelitian 42. D Informan Penelitian 42,E Teknik Pengumpulan Data 45. F Teknik Analisis Data 46,BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.
A Remaja Masjid Al Irma 48,1 Sejarah Remaja Masjid Al Irma 48. 2 Visi misi dan tujuan Remaja Masjid Al Irma 49,3 Perkembangan Remaja Masjid Al Irma 50. B Temuan Penelitian 50, 1 Peran Remaja Masjid Al Irma dalam pengembangan dakwah 50. 2 Pelaksanaan Remaja Masjid Al Irma dalam,mengembangankan dakwah 54. 3 Kendala kendala Remaja Masjid Al Irma dalam,mengembangkan dakwah 58.
BAB V PENUTUP,A Kesimpulan 61,B Saran 62,DAFTAR PUSTAKA. PENDAHULUAN,A Latar Belakang Masalah, Dakwah butuh pengembangan untuk masyarakat pengembangan adalah suatu. usaha bersama dan terencana untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia 1. Banyak pengembangan pengembangan yang meningkatkan kualitas hidup manusia. yang penting adalah pengembangan dakwah kepada masyarakat 2 Dakwah setiap hari. akan berinovasi mengikuti perubahan pola di masyarakat. Perkembangan dakwah pada saat ini sudah banyak digunakan di berbagai. yayasan atau lembaga sekolah organisasi dan lain sebagainya untuk masyarakat. awam yang belum mengetahui tentang Islam Dakwah sangat dibutuhkan dan. dikembangkan ke masyarakat agar masyarakat mengerti tentang Islam itu sendiri. dakwah butuh berkembang ke masyarakat muslim, Islam adalah agama dakwah yakni agama yang mewajibkan penganutnya. bertugas untuk menyiarkan dan menyebarkan Islam kepada seluruh umat manusia. Kehadiran Islam menjadi rahmat bagi seluruh alam dapat menjamin tercapainya. kebahagiaan di dunia dan di akhirat selama agama Islam tersebut dijadikan sebagai. pedoman pengajaran yang hidup secara benar dan konsekuen dalam kehidupan. sehari hari, luluhatta wordpress com 2016 pengembangan masyarakat community development diakses. Senin 22 Februari 2016 jam 13 00 WIB, andri13ar blogspot co id pentingnya dakwah html diakses Senin 22 Februari 2016 jam 13 00.
Disisi lain kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa. perubahan yang luar biasa di tengah tengah kehidupan dan aktifitas manusia. kehadiran ilmu pengetahuan dan teknologi canggih tersebut tidak selamanya dapat. menghantarkan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi kehidupan umat manusia secara. makro dan mikro dampak negatif yang ditimbulkannya bagi manusia dalam. kehidupan sehari hari, Realita ini terjadi disebabkan manusia tidak mengimbangi kehadiran Iptek. tersebut dengan penamaan nilai nilai kemanusiaan etika norma norma akhlak dan. budi pekerti yang luhur dan tinggi yang diajarkan oleh Islam Usaha untuk. menegakkan dan menyebarkan serta merealisir ajaran Islam di tengah tengah. kehidupan umat manusia diperlukan wadah yang efektif Wujud wadah yang. dimaksud adalah Remaja Islam Masjid Al Irma, Kehadiran Remaja Islam Masjid Al Irma jika ditinjau dari segi fungsinya. yaitu wadah pembinaan umat sebagai media penyiaran agama dakwah dan. merupakan arena kompetisi dalam berbuat kebajikan untuk memperoleh rida Ilahi. justru itu Remaja Islam Masjid Al Irma yang ideal sangat diperlukan untuk. mengoperasikan tujuan dakwah Islam tersebut, Segala persoalan kemasyarakatan yang semakin rumit dan multikomplek. tersebut adalah merupakan masalah yang tidak boleh diabaikan begitu saja tetapi. harus dihadapi diantisipasi oleh umat Islam secara keseluruhan dengan memasuki. Remaja Islam Masjid Al Irma dan lembaga atau yayasan dakwah lainnya guna. melahirkan para pribadi muslim yang berbobot, Keadaan masyarakat sekarang yang semakin rumit tidak diantisipasi sedini. mungkin secara bersama sama keseluruhan secara professional berlandaskan sosial. yang baik serta diorganisir dengan rapi sangat dikhawatirkan ideologi yang. menyesatkan Islam seperti atheisme komunisme Ahmadiyah sekularisme dan lain. sebagainya Masyarakat sekarang sudah menganggap bahwa yang mereka lakukan itu. hal biasa sehingga mudah untuk dirasuki ilmu yang sesat dan tidak memahami Islam. yang sebenarnya maka dari itu Remaja Masjid Al Irma inilah yang bergerak ke. masyarakat muslim, Permasalahan yang dihadapi dari segi pengembangan dakwah Remaja Masjid.
Al Irma ada dua permasalahan permasalahan pertama yaitu permasalahan internal. 1 Minimnya minat remaja dalam menyumbangkan pola pikirmya untuk. perkembangan dakwah,2 Kurangnya waktu dalam hal keaktifan remaja. 3 Faktor kesibukan pribadi sehingga sulit untuk dalam membicarakan dan. berdiskusi tentang persoalan persoalan yang terjadi di internal remaja dan. masyarakat, 4 Kurangnya donatur dalam memfasilitasi setiap kegiatan mengajar. Kedua masalah eksternal yaitu minimnya kepercayaan dari masyarakat. terhadap perkembangan dan keaktifan remaja saat ini yang dulunya pernah bubar. disebabkan oleh konflik internal remaja dalam berhubungan dan berkomunikasi. dengan masyarakat, Bertitik tolak dari fenomena fenomena tersebut Remaja Islam Al Irma. senantiasa berhadapan dengan tantangan hambatan dalam segi perkembangan secara. intern dan ekstern dengan segala sifat dan bentuknya Dalam tiap komunitas pasti. mempunyai masalah masalah termasuk Remaja Masjid Al Irma. Dengan demikian hanya yayasan yang efektif menjalankan fungsinya yang. akan mampu membina dan menggerakkan umat untuk melaksanakan amar makruf. dan nahi mungkar Seperti dijelaskan dalam Surat Ali Imran ayat 104. Artinya Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan umat yang menyeru. kepada kebajikan menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar. merekalah orang orang yang beruntung 3, Dan Allah juga berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 44. Artinya Mengapa kamu suruh orang lain mengerjakan kebajikan sedang. kamu melupakan diri kewajiban mu sendiri padahal kamu membaca Al Kitab. Taurat tidaklah kamu mengerti 4, Berdasarkan ayat tersebut di atas merealisasikan dakwah lebih efektif.
dilakukan secara berjamaah serta kompak satu sama lainnya dan Remaja Masjid Al. Irma adalah salah satu organisasi kemasyarakatan yang dapat menunjukkan perannya. Kementerian Agama RI Al Qur an dan Terjemahan Jakarta Pusat PT Adhi Aksara Abadi. Indonesia 2011 hlm 79,Ibid hlm 8, dalam pengembangan dakwah untuk membangkitkan kesadaran umat akan arti ajaran. Islam yang sebenarnya sehingga dengan penuh kesadaran senantiasa turut. mengambil peran aktif melakukan perbuatan makruf dan menjauhi perbuatan. remaja masjid yang beragam baik dari kalangan siswa dan mahasiswa 4 Semangat yang luar biasa dari pada ketua remaja masjid Al Irma Faktor penghambatnya adalah 1 Sebahagian anggota remaja masjid sibuk kerja dan kuliah 2 Adanya beberapa anggota kurang aktif dalam posisi jabatannya 3 Adanya agenda lain diluar agenda remaja masjid Al Irma Kata Kunci Peran Remaja masjid dan Pengembangan

Related Books