PENERAPAN FORECASTING METHODS UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI

Penerapan Forecasting Methods Untuk Meningkatkan Strategi-Free PDF

  • Date:29 Sep 2020
  • Views:0
  • Downloads:0
  • Pages:12
  • Size:415.48 KB

Share Pdf : Penerapan Forecasting Methods Untuk Meningkatkan Strategi

Download and Preview : Penerapan Forecasting Methods Untuk Meningkatkan Strategi


Report CopyRight/DMCA Form For : Penerapan Forecasting Methods Untuk Meningkatkan Strategi


Transcription:

1 PENDAHULUAN 1 2 Perumusan Masalah, 1 1 Latar Belakang Berdasarkan uraian latar belakang. yang ada maka dirumuskan masalah yaitu, Penjualan merupakan faktor utama Bagaimana cara menentukan perkiraan. dalam menunjang kelangsungan hidup jumlah penjualan dimasa mendatang. dalam suatu perusahaan Karena tingginya menggunakan metode forecasting. tingkat penjualan pada suatu perusahaan, maka dapat mengimbangi bahkan dapat 1 3 Batasan Masalah. memberikan keuntungan bagi perusahaan Agar penelitian yang dilakukan. tersebut Oleh karena itu perusahaan harus sesuai dengan tujuan yang diinginkan maka. mampu dalam menentukan kebijakan penulis membatasi masalah yang dibahas. kebijakan yang berhubungan dengan sebagai berikut, aktivitas penjualan yang dilakukan oleh 1 Membuat sistem aplikasi peramalan. perusahaan Untuk menangani masalah penjualan pada Sarang Cell. penjualan agar sesuai target perusahaan Semarang, maka diperlukan adanya sebuah peramalan 2 Bahasa pemrograman yang digunakan.
penjualan Salah satu metode yang dapat adalah Microsoft Visual Basic 6 0. digunakan adalah forecasting dan database Mysql, SARANG CELL yang beralamat di 3 Metode yang digunakan adalan. Jalan Jati Raya Semarang merupakan sebuah forecasting. perusahaan yang menjual berbagai merk, ponsel Sayangnya didalam proses penjualan 1 4 Tujuan Penelitan. produknya Sarang Cell belum dilengkapi Tujuan yang ingin dicapai dari. dengan adanya suatu peramalan penjualan penulisan tugas akhir ini adalah membangun. Dengan tidak adanya peramalan penjualan Sistem aplikasi peramalan penjualan ponsel. untuk masa depan mengakibatkan sulitnya untuk menentukan peramalan penjualan di. menentukan minimal jumlah target masa mendatang,penjualan ponsel setiap periode pada Sarang. Cell Kendala lain adalah jika tidak dapat 2 LANDASAN TEORI. ditentukan target penjualan maka, perusahaan juga sulit untuk menentukan 2 1 Aplikasi. keputusan dalam hal pembukuan laporan 2 1 1 Pengertian Aplikasi. keuangan perusahaan dan penentuan ponsel Aplikasi berasal dari kata. apa saja yang laku dipasaran application yang artinya penerapan. Untuk mengatasi masalah pada lamaran penggunaan Secara istilah. Sarang Cell Semarang dibutuhkan sistem aplikasi adalah program siap pakai. yang dapat memprediksi jumlah penjualan yang dibuat untuk melaksanakan. per bulanannya agar pengelolaan data suatu fungsi bagi pengguna atau. penjualan ponsel lebih teratur dan tidak ada aplikasi yang lain dan dapat. penumpukan ponsel yang akan digunakan oleh sasaran yang dituju. mempengaruhi kualitas penjualan di Sarang www totalinfo or id. Cell Semarang Dalam hal peramalan ini,2 1 2 Software Aplikasi.
penulis menggunakan metode forecasting,Software aplikasi adalah. Pola data penjualan ponsel di Sarang Cell,software program yang memiliki. Semarang berbentuk stasioner yaitu data,aktivitas pemrosesan perintah yang. penjualan naik turun tiap bulannya Oleh,diperlukan untuk melaksanakan. karena itu metode yang cocok untuk,permintaan pengguna dengan tujuan.
digunakan dalam memprediksi jumlah,penjualan ponsel adalah metode forecasting. Software aplikasi terdiri dari,Metode ini digunakan untuk menghitung. peramalan dalam jangka pendek 1 Bahasa pemrograman. Dengan Latar belakangan tersebut programming language. maka penulis tertarik untuk membuat 2 Program aplikasi Application. penelitian dengan judul PENERAPAN Program, FORECASTING METHODS UNTUK 3 Program paket paket aplikasi. MENINGKATKAN STRATEGI DALAM packet program, SISTEM PENJUALAN PONSEL PADA 4 Program utilitas utility. SARANG CELL SEMARANG program,5 Games dan entertainment dan.
a Mengenali adanya kebutuhan,2 2 Pengertian Sistem. Menurut Tata Sutabri 2012 9 b Pembangunan system,Sistem adalah sekelompok unsur yang erat. hubungannya satu dengan yang lain yang c Pemasangan system. berfungsi bersama sama untuk mencapai,d Pengoperasian sistem. tujuan tertentu Sebuah sistem memiliki, karakteristik atau sifat sifat tertentu e Sistem menjadi usang. yang mencirikan bahwa hal tersebut,bisa dikatakan sebagai suatu sistem.
2 3 Karakteristik Sistem,Menurut Tata Sutabri 2012 15. sistem merupakan suatu bentuk inregrasi,antara satu komponen dengan komponen. lain karena sistem memiliki sasaran yang,berbeda untuk setiap kasus yang terjadi. di dalam sistem tersebut,Sistem mempunyai karakteristik. atau sifat sifat tertentu yaitu memiliki,komponen komponen components batas.
sistem boundary lingkungan sistem, Environment penghubung Interface Gambar 2 1 Daur Hidup Sistem. masukan Input keluaran Output,pengolah Proses dan sasaran Objective. dan tujuan Goal 2 7 Analisa Sistem,2 7 1 Pengertian Analisa Sistem. 2 4 Pengertian Informasi Analisa Sistem yaitu, Para ahli yang bergerak penguraian dari sistem informasi. dibidangnya masing masing memiliki yang utuh kedalam bagian bagian. beberapa pendapat tentang definisi komponennya dengan maksud untuk. informasi salah satunya adalah Amsyah mendefinisikan mengevaluasi. Zulkifli 2000 menurut beliau informasi permasalahan permasalahan. adalah Data yang sudah diproses menjadi kesempatan kesempatan hambatan. bentuk yang lebih berguna bagi pemakainya hambatan yang terjadi dan. dan mempunyai nilai piker yang nyata bagi kebutuhan kebutuhan yang. pembuatan keputusan pada saat sedang diharapkan sehingga dapat diusulkan. berjalan atau untuk proyek masa depan suatu upaya perbaikan perbaikannya. Sedangkan Gordon B Davis 2000, menyatakan bahwa informasi adalah Data 2 7 2 Langkah langkah Analisa Sistem.
yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang Menurut Jogianto HM. penting bagi penerima dan mempunyai nilai Analisis dan disain Sistem. yang nyata atau dapat dirasakan dalam Informasi 2001 langkah langkah. bentuk bentuk yang sekarang atau dalam tahap analisis sistem hampir. keputusan keputusan akan mendatang sama dengan yang akan dilakukan. dalam mengidentifikasikan proyek, 2 5 Pengertian Sistem Informasi proyek sistem yang akan. Sistem informasi adalah suatu dikembangkan di tahap perencanaan. sistem terintegrasi yang mampu sistem Perbedaannya terletak dalam. menyediakan informasi yang bermanfaat ruang lingkup tugasnya Di analisis. bagi penggunanya atau sebuah sistem sistem ini penelitian yang dilakukan. terintegrasi atau sistem manusia mesin oleh analisis sistem adalah penelitian. untuk menyediakan informasi untuk terinci sedangkan di perencanaan. mendukung operasi manajemen dalam sistem sifatnya hanya penelitian. suatu organisasi pendahuluan,2 7 3 Alat Bantu Analisa Sistem. 2 6 Tahapan Daur Hidup Sistem Flow Of Diagram, Beberapa tahapan dari daur hidup sistem merupakan bagan alir yang banyak. digunakan di teknik industri Bagan, alir ini juga berguna bagi analis satu lingkaran dan hubungan. sistem yang menggambarkan proses dengan entitas luar Diagram. dalam suatu prosedur Bagan alir konteks seringkali dikatakan. proses selain dapat menunjukkan sebagai gambaran yang. kegiatan dan simpanan yang mendasar karena hanya, digunakan dalam suatu prosedur digambarkan oleh tiga simbol.
dapat juga menunjukkan jarak atau gambar,kegiatan yang satu dengan yang. lainnya serta waktu yang diperlukan b Data Flow Diagram DFD. oleh suatu kegiatan Jogiyanto H M Data flow diagram. 2001 716 merupakan grafik yang,dipresentasikan ke dalam arus. melalui sistem Dapat,berbentuk diagram dimana, 2 8 Perancangan Sistem ditunjukkan lokasi secara fisik. 2 8 1 Pengertian Perancangan Sistem dan detail secara otomatis. Untuk memudahkan dan dalam suatu diagram hanya, mengikuti langkah langkah dalam menggunakan logika. pembuatan sistem harus membuat 2 8 3 Desain Database. deskripsi tentang sistem yang dibuat 1 ERD, Deskripsi ini kemudian akan menjadi ERD adalah model diagram yang.
bahan diskusi antara perancang mendeskripsikan hubungan antara. sistem dan pengguna sistem penyimpan data yang ada dalam. DFD ERD adalah konsep, Tujuan dari perancangan sistem ini penyajian bentuk sebenarnya dari. adalah untuk merancang kebutuhan obyek obyek serta hubungan. sistem yang diinginkan oleh pemakai antar obyek obyek ERD. serta membuat gambaran yang jelas menggambarkan hubungan antar. entitas data,Langkah langkah perancangan sistem,adalah sebagai berikut. 2 9 Metode Pengembangan Sistem,1 Megadakan survei untuk. Metode pengembangan sistem,mengetahui kebutuhan pemakai. yang dipakai adalah metode Waterfall,2 Membuat deskripsi kebutuhan.
sistem tahap pengembangan dimulai dari, 3 Merancang desain yang analisa sampai dengan perawatan. pemeliharaan sistem Untuk lebih jelas,mengimplementasikan model. yang diinginkan pemakai tedapat pada gambar berikut. 4 Melakukan implementasi dengan,mempresentasikan desain Analisys. kedalam program,5 Mengadakan uji coba Design yaitu. menguji seluruh spesifikasi yang,terstruktur Coding.
6 Melakukan instalansi yaitu,pemasangan perangkat sistem Testing. 2 8 2 Alat Bantu Perancangan Sistem,Untuk dapat melakukan Maintenan. langkah langkah pengembangan,sistem sesuai metodologi ce. pengembangan sistem yang Gambar 2 2 Waterfall,tersteruktur maka dibutuhkan alat. 1 Analisis kebutuhan,teknik untuk melaksanakannya Alat.
alat yang digunakan dalam suatu Suatu proses untuk memahami sistem. perancangan sistem umumnya berupa yang ada dengan menganalisa. suatu gambaran dalam penelitian jabatan dan uraian tugas proses. bisnis ketentuan dan aturan dan lain,a Diagram Konteks lain. Diagram konteks,menggambarkan sistem dalam,2 Design Peramalan menggunakan teknik teknik. peramalan yang bersifat formal maupun,Tahap penterjemah dari keperluan. informal Gaspersz 1998,keperluan yang dianalisis dalam. Kegiatan peramalan merupakan,bentuk yang lebih mudah dimengerti.
bagian integral dari pengambilan keputusan,oleh pemakai. manajemen Peramalan mengurangi,3 Coding ketergantungan pada hal hal yang belum. pasti intuitif Peramalan memiliki sifat, Tahap penterjemah data pemecahan saling ketergantungan antar divisi atau. masalah software yang telah,bagian Kesalahan dalam proyeksi penjualan. dirancang dalam bahasa pemograman,akan mempengaruhi pada ramalan anggaran.
yang telah ditentukan dan digunakan pengeluaran operasi arus kas persediaan. dalam pembuatan sistem dan sebagainya,2 13 Metode Peramalan. Tahap pengujian terhadap program Model kuantitatif intrinsik sering. yang telah dibuat disebut sebagai model model deret waktu. 5 Maintenance Metode Time Series Model deret waktu. yang populer dan umum diterapkan dalam, Maintenance bertujuan untuk peramalan permintaan adalah rata rata. memastikan bahwa sistem yang bergerak Moving Averages pemulusan. digunakan oleh pihak pengguna eksponensial Exponential Smoothing dan. benar benar telah stabil dan terbebas proyeksi kecenderungan Trend Projection. dari error dan bug Model kuantitatif ekstrinsik sering disebut. juga sebagai model kausal dan yang umum,digunakan adalah model regresi Regression. 2 10 Microsoft Visual Basic Causal model Gaspersz 1998. Microsoft Visual Basic 6 0 merupakan 3 METODE PENELITIAN. bahasa pemrograman berbasis MS Windows, yang mendukung pemrograman berorientasi 3 1 Obyek Penelitian. objek Bahasa pemrograman yang Dalam metodologi penelitian. dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun penulis mengambil objek penelitian pada. 1991 ini merupakan pengembangan dari Sarang Cell Semarang. bahasa pemrograman BASIC yang,dikembangkan pada era 1950 an 3 2 Jenis Data.
Jenis data yang digunakan dalam,penelitian ini adalah data kualitatif dan data. kuantitatif,2 11 MySql 1 Data Kualitatif, MySQL merupakan salah satu Jenis data kualitatif yaitu prosedur. jenis database server yang pertama kali penelitian yang menghasilkan data. didukung oleh bahasa pemrograman script tidak dalam bentuk angka meliputi. untuk internet PHP dan Perl Keunggulan informasi tentang peramalan dan. MySQL dengan menggunakan SQL sebagai penjualan ponsel pada Sarang Cell. bahasa dasar untuk mengakses database nya Semarang. sehingga mudah digunakan kinerja query 2 Data Kuantitatif. cepat serta mampu mencukupi kebutuhan Jenis data kuantitatif yaitu prosedur. database perusahaan skala kecil menengah penelitian yang menghasilkan data. dalam bentuk angka seperti jumlah,ponsel yang ada jumlah peramalan. 2 12 Metode Forecasting penjualan ponsel di Sarang Cell. Peramalan forecasting Semarang,merupakan aktivitas fungsi bisnis yang. memperkirakan penjualan dan penggunaan 3 3 Sumber Data. produk sehingga produk produk itu dapat 1 Data Primer. dibuat dalam kuantitas yang tepat Merupakan data yang di peroleh. Peramalan merupakan dugaan terhadap secara langsung dari sumbernya. permintaan yang akan datang berdasarkan seperti halnya dengan mengajukan. pada beberapa variabel peramal sering pertanyaan dan wawancara secara. berdasarkan data deret waktu historis, langsung kepada pihak Sarang Cell entitas yang ada dalam suatu hubungan.
Semarang Semarang entitas tentang apa data itu berbicara. 2 Data Sekunder, Data yang diperoleh dari data penulis 3 6 Metodologi Pengembangan Sistem. dalam bentuk yang sudah jadi yang Metode pengembangan sistem. bersifat informasi dan kutipan baik yang dipakai adalah metode Waterfall. dari internet maupun literatur tahap pengembangan dimulai dari. pustaka jurnal yang berhubungan analisa sampai dengan perawatan. dengan penelitian yang dibuat dan pemeliharaan sistem. dari sumber lain yang berupa majalah 3 6 1 Analisis kebutuhan. PENERAPAN FORECASTING METHODS UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI DALAM SISTEM PENJUALAN PONSEL PADA SARANG CELL SEMARANG MUTIARA RIZKIYANI Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang ABSTRAK Penjualan merupakan faktor utama dalam menunjang kelangsungan hidup dalam suatu perusahaan Oleh karena itu perusahaan harus mampu dalam menentukan kebijakan kebijakan yang

Related Books