Pedoman Pengelolaan Pembelajaran OKkbgt2018

Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Okkbgt2018-Free PDF

  • Date:11 Dec 2019
  • Views:83
  • Downloads:0
  • Pages:30
  • Size:5.68 MB

Share Pdf : Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Okkbgt2018

Download and Preview : Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Okkbgt2018


Report CopyRight/DMCA Form For : Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Okkbgt2018


Transcription:

PEDOMAN PENGELOLAAN,PEMBELAJARAN,PENDIDIKAN,ANAK USIA DINI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini,Tahun 2018. PEDOMAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI i. PEDOMAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN,PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Kata Sambutan. elamat atas diterbitkannya revisi ke 2 buku Pedoman Implementasi Kurikulum 2013. Diterbitkan oleh Pendidikan Anak Usia Dini PAUD yang telah disempurnakan untuk memudahkan para. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini pendidik dan tenaga kependidikan dalam menerapkan kurikulum 2013 PAUD. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Undang undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran.
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk. vi 50 hlm foto 21 x 28 5 cm mencapai tujuan pendidikan tertentu Berdasarkan pengertian tersebut terdapat dua dimensi. kurikulum Dimensi pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan. ISBN pelajaran sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. 978 602 73704 8 7, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini PAUD mencakup pengembangan pada aspek. struktur kurikulum proses pembelajaran dengan pendekatan saintifi k dan penilaian yang. Pengarah bersifat autentik Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme. Ir Harris Iskandar Ph D yang lebih bersifat fl eksibel dalam pelaksanaan sehingga memberi ruang pada anak untuk. mengembangkan potensi dan bakatnya Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku. Penyunting dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan sejak Pendidikan Anak Usia Dini. Ella Yulaelawati M A Ph D hingga Pendidikan Menengah Keajegan model pendekatan di semua jenjang ditujukan. Dra Kurniati Restuningsih M Pd untuk membentuk sikap pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang lebih konsisten. sejak awal sehingga diharapkan peserta didik mampu berkembang menjadi sumber daya. Tim Penulis manusia yang memiliki kompetensi sikap beragama kreatif inovatif dan berdaya saing. Ali Nugraha dalam lingkup yang lebih luas, Utin Ritayanti Sebagai jenjang paling dasar Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan. Yulianti Siantayani menjadi fundamen bagi penyiapan peserta didik agar lebih siap dalam memasuki jenjang. Sisilia Maryati pendidikan lebih tinggi Mengantarkan anak usia dini yang siap melanjutkan pendidikan. tidak hanya terbatas pada kemampuan anak membaca menulis dan berhitung tetapi juga. Desain Layout dalam keseluruhan aspek perkembangan Tanggung jawab ini harus dipikul bersama antara. Surya Evendi pemerintah pengelola dan pendidikan PAUD orang tua serta masyarakat. Rulnaidi Untuk menyamakan langkah khususnya bagi para pelaksana layanan program PAUD guna. perlu diberikan pedoman pelatihan dan acuan acuan yang dapat dijadikan sebagai rujukan. Reviewer para pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di satuan. Gunarti D Lestari pendidikannya, Rahmitha P Soendjodjo Pencapaian pendidikan yang lebih baik melalui penerapan Kurikulum 2013 PAUD merupakan. Sartana suatu keniscayaan jika dilaksanakan bersama sama oleh seluruh komponen. Mareta Wahyuni Terima kasih,Arika Novrani,Retno Wulandari Jakarta Maret 2018. Suryani Br Sinulingga Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini. dan Pendidikan Masyarakat,Dokumen Dit Pembinaan PAUD.
Sekretariat Ir Harris Iskandar Ph D,Noor Ilman Saputra. NIP 196204291986011001,Sari Rahayu Setyaningrum, ii PEDOMAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI iii. Kata Pengantar Daftar Isi, edoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Kata Sambutan iii. merupakan acuan pelaksanaan kurikulum PAUD 2013 sesuai dengan teori. Kata Pengantar iv, filosofi dan landasan pengembangan kurikulum tersebut yang disertai. dengan contoh contoh penerapannya Daftar Isi v, Pedoman ini sebagai revisi ke 2 dari pedoman yang telah diterbitkan tahun Bagaimana Mengelola Pembelajaran di PAUD 1.
2016 Perubahan lebih difokuskan pada pengembangan materi yang disusun Perhatikan Karakteristik Kurikulum 2013 PAUD 1. secara sederhana menarik ramah dan aplikatif agar dapat dipahami dan. dilaksanakan oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan PAUD yang Hal hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pembelajaran yang. kondisi dan potensinya beragam serta dapat dijadikan rujukan sesuai dengan menyenangkan di PAUD 1. kajian kajian yang melandasinya Apakah yang Dimaksud Pendekatan Saintifik 3. Pedoman implementasi Kurikulum 2013 PAUD ini merupakan contoh yang Mengapa Perlu Pendekatan Saintifik 5. memungkinkan penyesuaian lebih lanjut dengan kondisi potensi dan budaya. Cara Belajar Anak Usia Dini 5, setempat Hal penting dalam Kurikulum 2013 PAUD adalah keterbukaan. dalam menerima perubahan baik perubahan dalam cara berpikir kebiasaan Prinsip Pembelajaran PAUD 7. sikap pengetahuan dan keterampilan peserta didik Buku ini sangat terbuka Pentingnya Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini 18. untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang Untuk itu kami. mengundang para pembaca memberikan saran dan masukan untuk perbaikan Bagaimana Proses Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di PAUD 21. dan penyempurnaan Kapan Pendekatan Saintifik dapat Dialami Anak 28. Saya mengucapkan terima kasih kepada penyusun penelaah penyunting dan Seperti Apa Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik 32. semua pihak yang telah bekerja keras menyelesaikan pedoman implementasi. Penutup 47, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini ini Semoga Allah SWT senantiasa. melimpahkan rahmat dan karunia Nya kepada kita semua dan dapat memberikan Lampiran 48. yang terbaik bagi kemajuan pendidikan anak usia dini Daftar Pustaka 50. Jakarta Maret 2018,Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Ella Yulaelawati M A Ph D,NIP 195804091984022001, iv PEDOMAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI v. Bagaimana Mengelola,Anak sebenarnya seorang peneliti alami.
Biarkanlah ia mencari tahu dari apapun yang ditemui. Pembelajaran di PAUD, Semakin banyak yang dipelajari maka semakin banyak pula. informasi yang dimiliki,Perhatikan Karakteristik Kurikulum 2013 PAUD. Kurikulum PAUD menggunakan pembelajaran,tematik dengan pendekatan pembelajaran yang. bermakna dan menyenangkan dalam pemberian Perhatikan. rangsangan pendidikan Kurikulum sebagai,program pengembangan bagi anak mampu. Karakteristik cara, mengembangkan semua potensi anak agar anak usia dini.
menjadi kompeten belajar,Prinsip prinsip,pembelajaran. Hal hal yang harus diperhatikan dalam,melaksanakan pembelajaran yang. menyenangkan di PAUD,Guru perlu memperhatikan cara anak usia dini. belajar dan prinsip prinsip pembelajaran dalam, PAUD Anak usia dini belajar secara bertahap dengan cara berpikir yang khas Anak. belajar dengan berbagai cara melalui proses interaksi dengan lingkungannya Pada. prinsipnya anak belajar melalui bermain untuk itu perlu menyediakan kegiatan. bermain yang sesuai dengan perkembangan anak sehingga anak bisa menjadi. pembelajar aktif dan memungkinkan anak menjadi semakin kreatif Kegiatan. bermain yang didukung oleh lingkungan yang kondusif sesungguhnya memberikan. kesempatan kepada anak untuk belajar mengembangkan nilai nilai karakter Pada. saat bermain anak belajar berbagi peduli kerjasama bertanggung jawab dan. lain lain Penanaman nilai nilai karakter untuk anak usia dini akan terbangun pada. saat anak melakukan praktek langsung dan melihat model teladan dari orang lain. vi PEDOMAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 1. Untuk itu sangat diperlukan lingkungan yang, Anak dapat belajar kondusif yang akan mendukung pembentukan.
karakter anak,optimal jika,Melalui bermain,Pemanfaatan media dan sumber belajar yang. mudah ditemukan di lingkungan serta dukungan,Apakah yang Dimaksud. fasilitator,dari fasilitator dalam hal ini guru akan membuat. anak dapat belajar secara optimal Dukungan,Pendekatan Saintifik. yang dapat diberikan guru berupa,Ada media dan,a memberi kesempatan untuk mencoba meng.
sumber belajar, eksplorasi dan menggunakan berbagai obyek Pendekatan saintifik adalah salah satu pendekatan dalam membangun cara. bahan dengan cara yang beragam berpikir agar anak memiliki kemampuan berpikir yang diperoleh melalui. proses mengamati menanya mengumpulkan informasi menalar dan. b memberi dukungan dengan pertanyaan dan atau bimbingan yang tepat mengomunikasikan hasil pemikirannya Pendekatan saintifik akan memperkaya. pengalaman belajar anak,c menghargai setiap usaha dan hasil karya anak. d tidak membandingkan anak dengan anak yang lain Hal ini didasarkan pada pemikiran Piaget yang mengatakan bahwa Anak. belajar dengan cara membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman. Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan merupakan proses pembelajaran. yang diperolehnya Vygotsky berpendapat bahwa Lingkungan termasuk. yang dirancang agar anak secara aktif dapat mengamati menanya mengumpulkan. anak lain atau orang dewasa dan media sangat membantu anak dalam belajar. informasi menalar dan mengomunikasikan baik terkait diri sendiri lingkungan. untuk memperkaya pengalaman anak Untuk itu kurikulum 2013 PAUD. atau kejadian di sekitar anak Penerapan pendekatan pembelajaran yang baik akan. mengusung cara belajar anak agar memiliki kompetensi sikap pengetahuan. menumbuhkan kemampuan berpikir anak Salah satu pendekatan pembelajaran. dan keterampilan yang merupakan proses hasil penyelidikan investigasi anak. tersebut adalah pendekatan saintifik,terhadap lingkungannya. Penanaman sikap dibangun melalui pembiasaan habituasi dan keteladanan. modeling Pengembangan pengetahuan dan keterampilan dapat dilakukan. melalui pendekatan saintifik penanaman sikap pada anak usia dini secara lebih. detail dijelaskan dalam Pedoman Penanaman Sikap, 2 PEDOMAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 3. terjadi jika air busa ini,kutiup Mengapa,benda ini bisa.
menempel di magnet,Mengapa Perlu,Pendekatan Saintifik. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran di PAUD Semakin banyak indera. Supaya guru dapat memilih pendekatan,Pendekatan saintifik yang digunakan semakin. pembelajaran yang paling sesuai dengan cara,mengembangkan kemampuan tinggi kemampuan anak. belajar anak maka guru perlu memahami tentang,berpikir anak Pendekatan. pendekatan saintifik Selain itu guru juga harus menangkap informasi. saintifik digunakan mulai, mengenali karakteristik anak usia dini cara belajar Gunakan semaksimal.
dari anak datang pada saat,anak dan prinsip pembelajaran PAUD. anak terlibat dalam kegiatan mungkin alat indera,main termasuk saat kegiatan. Cara Belajar Anak Usia Dini,pembelajaran sains maupun. kegiatan lainnya misalnya 1 Anak belajar secara bertahap. main peran main balok main,Anak merupakan pembelajar alami Anak me. keaksaraan atau melakukan,mulai belajarnya sejak lahir dan terus ber.
kegiatan seni hingga anak Anak bermain peran Dokter dokteran. kembang secara bertahap sesuai pengalaman,yang mereka miliki Mereka belajar dengan cara. Agar pelaksanaan pembelajaran,a Bertahap sesuai dengan tingkat kema. sesuai dengan setiap,tangan perkembangan berpikirnya. kemampuan yang hendak, dicapai maka diperlukan b Mulai segala sesuatu dari hal hal yang bersifat konkrit ke abstrak. pedoman pembelajaran sesuai c Menggunakan seluruh inderanya yaitu dengan. dengan karakteristik anak yang melihat mendengar menghidu merasa. mengacu pada kurikulum 2013 dan meraba Oleh karena itu anak dapat. PAUD sebagai rambu rambu mengamati menghidu berbagai aroma. bagi guru di lapangan di mendengarkan berbagai macam bunyi ara. lembaga atau satuan PAUD,Belajar dari, merasakan mencicipi mendorong me bersosialisasi nak Bersifat khas.
Anak bermain balok Membangun Istana,narik bahkan menggerak gerakkan elajar. benda dengan berbagai cara yang,PENDEKATAN SAINTIFIK. Mendukung anak anak dalam proses mencari tahu tentang sesuatu dengan caranya sendiri atau disukainya dll. dengan bimbingan guru Berbagai, Mendukung anak untuk melakukan penemuan mereka sendiri 2 Cara berpikir anak bersifat khas. Menumbuhkan minat mengembangkan gagasan kesempatan mengekspresikan kebebasan Cara anak berpikir berakar dari pengalamannya sehari. imajinasi dan kreativitas anak serta menguatkan perasaan anak terhadap sesuatu. Mendukung anak untuk mengomunikasikan hasil berpikirnya kepada orang lain. hari Sumber pengalaman anak didapat dari, 4 PEDOMAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 5. a Pengalaman sensori yaitu saat anak menggunakan inderanya pengli. hatan pendengaran penghidu perasa pengecap peraba Bernus memukul mukul dinding dengan tangan sekali kali ia juga memukul menggunakan alat. atau menjejakkan kakinya Selintas ia sedang berbuat yang dapat merusak dinding Tetapi saat. ditanya Bernus menjawab Aneh ya kalau dipukul tangan suaranya dung dung kalau pakai. pensil jadi tek tek tapi kalau pakai kaki jadi bum bum Ternyata Bernus sedang melakukan. percobaan perubahan bunyi pada dinding,4 Anak belajar saat bersosialisasi.
Anak memperoleh banyak pengetahuan dan keterampilan melalui interaksi. Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan merupakan proses pembelajaran yang dirancang agar anak secara aktif dapat mengamati menanya mengumpulkan informasi menalar dan mengomunikasikan baik terkait diri sendiri lingkungan atau kejadian di sekitar anak Pe ne rapan pendekatan pembelajaran yang baik akan menumbuhkan kemampuan ber pikir anak

Related Books