PAKET 3 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAAN IPA SMP SOAL NO 1 Soal

Paket 3 Contoh Soal Dan Pembahasaan Ipa Smp Soal No 1 Soal-Free PDF

  • Date:17 Jan 2020
  • Views:37
  • Downloads:0
  • Pages:52
  • Size:964.34 KB

Share Pdf : Paket 3 Contoh Soal Dan Pembahasaan Ipa Smp Soal No 1 Soal

Download and Preview : Paket 3 Contoh Soal Dan Pembahasaan Ipa Smp Soal No 1 Soal


Report CopyRight/DMCA Form For : Paket 3 Contoh Soal Dan Pembahasaan Ipa Smp Soal No 1 Soal


Transcription:

Kemampuan yang diuji Membaca alat ukur, Indikator Disajikan gambar kegiatan pengukuran peserta didik. dapat menentukan nilai terukur suatu besaran fisika. secara langsung maupun secara tidak langsung, Perhatikan gambar alat dan bahan serta data pengukurannya berikut. Besaran fisika yang terukur sesuai dengan data yang diperlihatkan tersebut. Besaran fisika Nilai,pengukuran,A Volume zat cair 79 6 cm. B Volume zat cair 204 6 cm,C Massa zat cair 79 6 gram. D Massa zat cair 204 6 gram,Kunci Jawaban C,Pembahasan.
Massa Erlenmeyer kosong 125 gram,Massa Erlenmeyer berisi zat cair 204 6 gram. Massa zat cairan 204 6 gram 125 gram, Kemampuan yang diuji Menentukan salah satu variabel dari rumus. Indikator Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan. salah satu variabel dari rumus p m v atau jenis,suatu zat bila data yang diperlukan diketahui. Seorang siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan. sebagai berikut,Jika data kepustakaan sebagai,Nama Massa jenis. benda kg m,Besi 7 900,1 5 Emas 19 300,Perak 10 500.
Alumunium 2 700, maka logam yang terukur seperti pada gambar a dan b dan dikaitkan dengan. data kepustakaan adalah,KunciJawaban A,Pembahasan,Dari data pengamatan. Vlogam 85 ml 60 ml,mlogam 100 97 0 5 gram,197 5 gram. 179 5 gram,7 9 gr cm3,7900 kg cm3, Dari data kepustakaan logam yang memiliki massa jenis 7900 kg cm adalah. Kemampuan yang diuji Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam. kehidupan sehari hari, Indikator Disajikan ganbar peristiwa dalam kehidupan sehari.
hari peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu. dan pemuaian dalam peristiwa tersebut, Seorang siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan. tampak seperti gambar berikut,Setelah siswa tersebut. mematikan lilin dan ditunggu,beberapa menit kemudian. maka yang terjadi adalah,A Udara tetap keluar dari. mulut pipa,B Bola dilatometer,menjadi retak,C Air masuk kedalam.
pipa dilatometer,D Titik lebur kaca bejana,bertambah besar. Kunci Jawaban C,Pembahasan,Udara dipanaskan memuai. didinginkan menyusut,Data dalam gambar, Pada saat lilin menyala udara dalam dilatometer memuai akibatnya udara. keluar dari mulut pipa, Pada saat lilin dimatikan udara dalam dilatometer menyusut akibatnya air. dalam bejana akan masuk ke dalam pipa DILATOMETER, Kemampuan yang diuji Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor.
Indikator Disajikan grafik suhu terhadap kalor peserta didik. dapat menentukan salah satu variabel dalam,persamaan Q m c atau Q m L bila data yang. diperlukan diketahui,Perhatikan grafik hasil suatu percobaan berikut. Air sebanyak 2 kg bersuhu 60,C akan diuapkan Jika kalor. uap air 2 27 x 106 J kg kalor,jenis air 4 200 J kg C dan. tekanan udara pada saat ini 1,atmosfir maka kalor yang.
diperlukan untuk proses B C,A 336 kilojoule,B 4 540 kilojoule. C 4 876 kilojoule,D 5 212 kilojoule,Kunci Jawaban B. Pembahasan,Proses B C Perubahan wujud menguap,L 2 27 10 6 J kg. 2 kg 2 27 10 6 J kg,4 54 10 6 joule,4540 kilojoule. Kemampuan yang diuji Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi. terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari hari. Indikator Disajikan gambar peristiwa tentang gerak peserta. didik dapat membedakan jenis gerak lurus atau,mengidentifikasi terjadinya gerak dalam kehidupan.
sehari hari, Perhatikan mobil mainan pad bidang miring dan bidang datar kasar seperti pada. gambar berikut, Dengan mengamati gerakan mobil tersebut jenis gerakan mobil pada. Gambar I Gambar II,A GLBB Gerak Lurus,diperlambat Beraturan. B GLBB Gerak Lurus,dipercepat Beraturan,C GLBB GLBB dipercepat. diperlambat,D GLBB GLBB diperlambat,dipercepat,Kunci Jawaban D.
Pembahasan,Gambar I mobil meluncur ke bawah GLBB dipercepat. Gambar II gerak mobil dari V1 1 5 m s ke V2 0 m s GLBB diperlambat. Kemampuan yang diuji Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu. Indikator Disajikan gambar atau tabel tentang tekanan pada. zat padat peserta didik dapat menentukan salah,satu parameter dalam persamaan p F A bila data. yang diperlukan diketahui, Perhatikan sebuah beban digantung pada sistem katrol berikut. Ketika beban dilepas dan posisinya vertikal terhadap lantai tekanan yang. diberikan beban terhadap lantai sebesar,A 5000 N m. B 10000 N m,C 20000 N m,D 30000 N m,Kunci Jawaban C.
Pembahasan, Ketika beban dilepaskan dan posisinya vertikal terhadap lantai. 2 W 2 15 N 30 N,A 15 cm2 15 10 4 m2,2 104 N m2 20000 N m2. Kemampuan yang diuji Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu. Indikator Disajikan gambar alat hidrolik atau benda dalam. bejana yang berisi zat cair dalam keadaantidak, bergerak peserta didik dapat menentukan salah satu. variabel dalampersamaanF1 A1 F2 A2 atau Ph,p g h bila variabel yang lain diketahui. Perhatikan gambar dua buah bejana yang memiliki spesifikasi sama dan berisi aki. seperti pada gambar berikut, Tekanan P yang dialami oleh ketiga titik dalam bejana I dan bejana II adalah.
Bejana I Bejana II,A Pz Py PK P L,B Pz Py PK P L,C Pz Py PK P L. D Pz Py PK P L,Kunci Jawaban D,Pembahasan,Pada bejana I. Posisi titik makin ke dalam tekanan makin besar,Pada bejana II. Karena dalam ruang tertutup tekanan di mana mana sama besar. Kemampuan yang diuji Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat. dalam kehidupan sehari hari, Indikator Disajikan gambar suatu alat dalam kehidupan sehari. hari peserta didik dapat menyebutkan perubahan,energi yang terjadi.
Seorang siswa melakukan pengukuran GGL sebuah baterai sebagai berikut. Jika sakelar S ditutup dan arus listrik mengalir,sesuai arah I seperti pada gambar maka urutan. perubahan energi yang terjadi adalah,A energi gerak energi listrik energi kimia. B energi kimia energi listrik energi gerak,C energi gerak energi kimia energi listrik. D energi kimia energi gerak energi listrik,Kunci Jawaban B. Pembahasan,Data dari gambar rangkaian listrik pengukuran GGL.
Setelah saklar ditutup perubahan energy yang terjadi. Energi kimia energi listrik energi gerak,SOAL NO 10. Kemampuan yang diuji Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi. Indikator Disajikan gambar dalam stem atau dalam option. peserta didik dapat menentukan salah satu satu,variabel dalam persamaan W F S bila variabel. yang lain diketahui, Dua buah gaya bekerja pada sebuah benda sehingga berpindah seperti pada. gambar berikut, Jika usaha yang dilakukan oleh dua gaya F1 dan F2 sebesar 150 joule maka. Gaya F 1 Gaya F2 N,Kunci Jawaban D,Pembahasan,W 150 joule.
W 150 joule, Konfigurasi gaya F 20 N ke kanan 5 N ke kiri Lihat gambar. SOAL NO 11, Kemampuan yang diuji Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi. Indikator Disajikan gambar berkaitan dengan energi potensial. dan energi kinetik peserta didik dapat menentukan,salah satu variabel dalam persamaan Ep mgh atau. Ek mv2 atau hubungan antara besaran fisika,besaran fisika yang terdapat dalam petsamaan. Perhatikan gambar berikut, Agar mobil B tersusul mobil A bergerak dengan kelajuan dua kali lebih cepat.
dibandingkan dengan mobil B Berapa kali lipat energi kinetik pada mobil A. dibandingkan dengan mobil B,A empat kali lebih besar. B seperempat kali lebih besar,C dua kali lebih besar. D setengah kali lebih besar,Kunci Jawaban A,Pembahasan. mobil A Ek A mAv A,mobil B EkB mB v B,EkA menjadi empat kali lebih besar. SOAL NO 12, Kemampuan yang diuji Mengidentifikasi jenis jenis pesawat sederhana serta.
penerapannya dalam kehidupan sehari hari, Indikator Disajikan gambar dalam stem atau dalam option. pesrta didik dapat mengidentifikasi jenis jenis,pesawat sederhana serta penerapannya dalam. CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAAN No Besaran fisika X Satuan Y 1 Panjang kg Soal Perhatikan gambar alat dan bahan serta data pengukurannya berikut

Related Books