NIKAH MISYAR DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM

Nikah Misyar Dalam Pandangan Hukum Islam-Free PDF

  • Date:06 Feb 2020
  • Views:128
  • Downloads:2
  • Pages:75
  • Size:1.45 MB

Share Pdf : Nikah Misyar Dalam Pandangan Hukum Islam

Download and Preview : Nikah Misyar Dalam Pandangan Hukum Islam


Report CopyRight/DMCA Form For : Nikah Misyar Dalam Pandangan Hukum Islam


Transcription:

NIKAH MISYAR DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM, Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh. Gelar Sarjana Syariah S Sy,NIM 105043101315,Pembimbing. Dr H Muhammad Taufiki M Ag,NIP 196511191998031002,KONSENTRASI PERBANDINGAN MAZHAB FIQH. PROGRAM STUDI PERBANDINGAN MAZHAB DAN HUKUM,FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH,1433 H 2011 M.
PENGESAHAN PANITIA UJIAN, Skripsi yang berjudul Nikah Misyar Dalam Pandangan Hukum Islam telah. diajukan dalam Sidang Munaqasyah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif. Hidayatullah Jakarta pada tanggal 14 Desember 2011 Skripsi ini telah diterima sebagai. salah satu syarat untuk memperoleh gelar strata satu yaitu Sarjana Syariah S Sy pada. Program Studi Perbandingan Mazhab dan Hukum dengan Konsentrasi Perbandingan. Mazhab Fikih,Jakarta 14 Desember 2011,Mengesahkan,Dekan Fakultas Syariah Dan Hukum. Prof Dr H Muhammad Amin Suma SH MA MM,NIP 195505051982031012. PANITIA UJIAN,Ketua Dr H Muhammad Taufiki M Ag,NIP 196511191998031002. Sekertaris Fahmi Muhammad Ahmadi S Ag M Si,NIP 197412132003121002.
Pembimbing Dr H Muhammad Taufiki M Ag,NIP 196511191998031002. Penguji I Dr Ahmad Tholabi MA,NIP 197608072003121001. Penguji II Hj Rosdiana MA,NIP 196906102003122001,LEMBAR PERNYATAAN. Dengan ini saya menyatakan bahwa, 1 Skripsi ini merupakan hasil karya asli saya yang diajukan untuk memenuhi. salah satu persyaratan memperoleh Gelar Strata Satu S I di Universitas Islam. Negeri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2 Semua sumber yang saya gunakan dalam penulisan ini saya cantumkan sesuai.
dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Islam Negeri UIN Syarif. Hidayatullah Jakarta, 3 Jika di kemudian hari terbukti bahwa karya ini bukan hasil asli saya atau. merupakan hasil jiplakan dari karya orang lain maka saya bersedia menerima. sanksi yang berlaku di Universitas Islam Negeri UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta 22 Muharram 1433 H,20 Desember 2011 M,KATA PENGANTAR. Alhamdulillah segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah. SWT Dialah sumber tempat bersandar Dialah sumber dari kenikmatan hidup. yang tanpa batas Rahman dan Rahim tetap menghiasi Asma Nya sehingga. penulis diberikan kekuatan yang begitu melimpah dari kekuatan fisik hingga. psikis untuk tetap menyelesaikan skripsi ini yang berjudul NIKAH MISYAR. DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM, Salawat serta salam juga penulis curahkan kepada Baginda Nabi. Muhammad SAW beserta para keluarganya sahabat dan pengikutnya yang telah. membuka pintu keimanan yang bertauhidkan kebahagiaan kearifan hidup. manusia dan pencerahan atas kegelapan manusia yang dijadikan sebagai sebuah. pembelajaran bagi umat muslim hingga akhir zaman, Skripsi ini penulis susun untuk memenuhi syarat akhir untuk mencapai. Gelar Sarjana Syari ah S Sy pada Progam Studi Perbandingan Mazhab dan. Hukum Konsentrasi Perbandingan Fiqh Fakultas Syariah dan Hukum Universitas. Islam Negeri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selama penulisan skripsi ini penulis banyak sekali mendapat bantuan dan.
motivasi dari berbagai pihak Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih. yang sebesar besarnya kepada yang terhormat, 1 Bapak Prof Dr H Muhammad Amin Summa SH MA selaku Dekan. Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri UIN Syarif. Hidayatullah Jakarta, 2 Bapak Dr Muhammad Taufiki M Ag selaku ketua Progam Studi. Perbandingan Mazhab dan Hukum sekaligus sebagai pembimbing yang. rela meluangkan waktu memberikan ilmu dan masukan masukan yang. sangat bermanfaat bagi penulis dalam mengerjakan skripsi dan Bapak. Fahmi Muhammad Ahmadi S Ag M Si selaku sekretaris Progam Studi. Perbandingan Mazdhab dan Hukum Fakultas Syariah dan Hukum. Universitas Islam Negeri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 3 Bapak dan Ibu dosen yang penulis hormati yang telah memberikan tenaga. dan pikirannya untuk mendidik penulis agar kelak menjadi manusia yang. 4 Segenap karyawan Perpustakaan Utama serta Perpustakaan Fakultas. Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta dan tak lupa Segenap karyawan Perpustakaan Umum wilayah. Jakarta Barat dan Jakarta Selatan yang telah memberikan bantuan berupa. bahan bahan yang dapat dijadikan referensi dalam penulisan skripsi ini. 5 Kedua orang tua saya ayahanda Zainal Abidin Sirait dan Ibunda Nasriyah. Marpaung yang sangat penulis hormati dan cintai selalu memberikan. kasih sayang yang begitu melimpah kepada penulis yang telah. memberikan bimbingan arahan nasehat dan doa demi kelancaran dan. kesuksesan penulis Untuk adik adikku Irfan Sirait Husnul Fat ah Sirait. dan spesial buat Rahmayani Butar butar terima kasih atas dorongan dan. doanya Mudah mudahan Allah SWT memberikan limpahan rahmat dan. kasih sayangnya kepada mereka, 6 Sahabat sahabat PMF angkatan 2005 Dermawan Teddy Bear Zulfahmi. Inayatullah Faisal Kurniawan dan yang lainnya yang tak bisa penulis. sebutkan semua, 7 Teman teman seperjuangan Afud Afank Anton Anwar Ferly Makin. Riza Deol Gengsar Aris Roji Derry Eddy Basiruddin Grossy Ady. O o dan anak anak Wek wek FKDU Jakarta yang tak bisa penulis. sebutkan satu persatu, Akhirnya atas jasa dan bantuan dari semua pihak baik berupa moril.
maupun materi penulis haturkan terima kasih Penulis berdoa semoga Allah. SWT membalasnya dengan imbalan pahala yang berlipat ganda dan sebagai. amal jariyah yang tidak akan pernah surut mengalir pahalanya dan mudah. mudahan skripsi ini dapat bermanfaat dan berkah bagi penulis dan semua. pihak Amin,Jakarta 20 Desember 2011 M,DAFTAR ISI,KATA PENGANTAR i. DAFTAR ISI iv,BAB I PENDAHULUAN 1,A Latar Belakang Masalah 1. B Pembatasan dan perumusan Masalah 9,C Kajian Pustaka 10. D Tujuan dan Manfaat Penelitian 11,E Metode Penelitian 12. F Sistematika Penulisan 15,BAB II LANDASAN TEORITIS TENTANG PERKAWINAN 16.
A Defenisi dan Dasar Hukum Perkawinan 16,B Filosofi Perkawinan 23. C Macam macam Perkawinan Yang Terlarang 25,BAB III FENOMENA PERKAWINAN MISYAR 31. A Pengertian dan Seputar Perkawinan Misyar 35,B Prinsip dan Tujuan Dalam Perkawinan Misyar 39. C Alasan alasan Dalam Perkawinan Misyar 45,BAB IV NIKAH MISYAR DALAM PANDANGAN HUKUM. A Kontroversi Pendapat Mengenai Nikah Misyar 48,B Nikah Misyar Menurut Pandangan Hukum Islam 52.
BAB V PENUTUP 62,A Kesimpulan 62,B Saran 63,DAFTAR PUSTAKA 64. PENDAHULUAN,A Latar Belakang Masalah, Islam adalah agama yang syamil universal Agama yang mencakup. semua sisi kehidupan Tidak ada suatu masalah pun dalam kehidupan ini. yang tidak dijelaskan Dan tidak ada satu pun masalah yang tidak disentuh. nilai Islam walau masalah tersebut nampak kecil Itulah Islam agama yang. memberi rahmat bagi sekalian alam, Dalam masalah perkawinan Islam telah berbicara banyak Dari mulai. bagaimana mencari kriteria bakal calon pendamping hidup hingga bagaimana. memperlakukannya kala resmi menjadi sang penyejuk hati Islam. menuntunnya Begitu pula Islam mengajarkan bagaimana mewujudkan. sebuah pesta pernikahan yang meriah namun tetap mendapatkan berkah dan. tidak melanggar tuntunan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. begitu pula dengan pernikahan yang sederhana namun tetap penuh dengan. pesona Islam mengajarkannya, Nikah merupakan jalan yang paling bermanfa at dan paling afdhal dalam. upaya merealisasikan dan menjaga kehormatan karena dengan nikah inilah. seseorang bisa terjaga dirinya dari apa yang diharamkan Allah Oleh sebab. itulah Rasulullah SAW mendorong untuk mempercepat nikah mempermudah. jalan untuknya dan memberantas kendala kendalanya Agama Islam. mengisyaratkan perkawinan sebagai satu satunya bentuk hidup secara. berpasangan yang dibenarkan yang kemudian dianjurkan untuk. dikembangkan dalam pembentuk keluarga Dalam hubungan perkawinan. sangwanita ditempatkan pada kedudukan yang terhormat Disini martabat. keduanya tidaklah berbeda 1 Yang demikian ini menunjukkan perhatian yang. sangat besar terhadap kesejahteraan keluarga karena itu perkawinan sangat. dianjurkan oleh Islam bagi yang telah mempunyai kemampuan. Melalui nikah kebutuhan naluriah yang pokok dari manusia yang. mengharuskan dan mendorong adanya hubungan antar pria dan wanita. tersalurkan secara terhormat sekaligus memenuhi dan panggilan moral yang. ditegakkan oleh agama Pernikahan atau tepatnya berpasangan merupakan. ketetapan ilahi atas segala makhluk Mendambakan pasangan merupakan. fitrah sebelum dewasa dan dorongan yang sulit dibendung setelah dewasa. oleh karena itu agama mensyariatkan dijalinnya pertemuan antara pria dan. wanita kemudian mengarahkan pertemuan itu sehingga terlaksananya. perkawinan dan beralihlah kerisauan laki laki dan perempuan menjadi. ketenteraman atau sakinah, Islam dan undang undang perkawinan merupakan informasi dan.
pengetahuan tentang nikah sebagai suatu upaya untuk meningkatkan. kesadaran nikah disamping merupakan upaya preventif terhadap. berkembangnya bentuk pasangan diluar nikah juga membantu penanganan. Ali Yafie Menggas Fiqih Sosial dari Soal Lingkungan Hidup Asuransi hingga Ukhuwah. Bandung Mizan 1994 h 256, dalam masalah kesejahteraan keluarga dan ketertiban masyarakat 2. Dalam Kompilasi Hukum Islam KHI disebutkan bahwa perkawinan. menurut hukum Islam adalah akad yang sangat kuat atau mitsyaqon gholidon. untuk mentaati perintah Allah dan melaksanakannya merupakan ibadah 3 Hal. tersebut sesuai dengan UU Perkawinan No 1 tahun 1974 pasal 1 yang. menyebutkan bahwa perkawinan ialah ikatan lahir batin antara seorang pria. dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk. keluarga rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan. Yang Maha Esa 4, Menurut Robert L Suteherland dalam bukunya Introductory Sociology. mendefinisikan bahwa perkawinan adalah bentuk hubungan khusus khas. antara seorang laki laki dengan seorang perempuan yang didalamnya terdapat. hak dan kewajiban bersama 5 Dan menurut Prof Subekti SH mendefinisikan. bahwa perkawinan adalah pertalian yang sah antara seorang laki laki dan. seorang perempuan dalam waktu yang lama 7 Sedangkan menurut Sulaiman. Rasyid dalam bukunya Fiqh Islam mendefinisikan bahwa perkawinan yaitu. akad yang menghalalkan pergaulan membatasi hak dan kewajiban beserta. bertolong tolongan antara seorang laki laki dan seorang perempuan yang. Idris Ramulyo Hukum Perkawinan Islam Suatu Analisa dan Undang undang No 1 Tahun. 1994 dan Kompilasi Hukum Islam Jakarta 1999, Abdurrahman KHI di Indonesia Jakarta Akademia Pressindo 1992 h 114. UU Perkawinan UU RI No 1 Tahun 1994 Beserta Pebnjelasannya Yogyakarta Pustaka. Widyatama 2004 h 8, Subki Djunaedi Pedoman Mencari dan Memilih Jodoh Bandung CV Sinar Baru 1992 h. antara keduanya bukan muhrim 6, Dari beberapa pendapat di atas dapat kita fahami bahwa hakekat nikah.
bersifat lahiriyah eksoteris Tetapi kemudian dimasukkan unsur unsur. esoteris batiniah dan sekaligus dengan tujuan agar perkawinan tidak terikat. didalam seks saja Seperti di Indonesia sebagaimana dinyatakan dalam pasal. 1 UU Perkawinan No 1 tahun 1974 Sehingga negara yang berdasarkan. Pancasila ialah Ketuhanan Yang Maha Esa maka perkawinan bukan saja. mempunyai unsur lahiriyah atau jasmaniah Tetapi unsur batin maupun rohani. juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk membentuk keluarga. yang bahagia yang pula merupakan tujuan perkawinan. Seperti kita ketahui keterkaitan seorang terhadap lawan jenisnya oleh. syari at diarahkan kepada sebuah lembaga yang disebut pernikahan Pada. awalnya nikah hanya merupakan konsep sederhana yaitu konsep menyatukan. yaitu menyatukan dua orang berlainan jenis dengan satu ikatan. tertentu dan dengan rukun dan syarat tertentu pula jika kemudian muncul. model syigar mut ah ataupun muhallil dikarenakan adanya perkembangan. permasalahan yang berdampak pada perkembangan pemikiran. Seperti halnya dengan praktek kawin misyar secara prinsipil tidak jauh. berbeda dengan nikah biasa artinya segala sesuatu yang menjadi syarat dan. rukun dari nikah bisa terdapat pula pada pernikahan misyar dan juga seorang. laki laki pergi ke pihak wanita dan wanita tidak pindah atau bersama laki laki. Subekti Pokok pokok Hukum Perdata Jakarta PT Intermasa 1996 h 23. dirumahnya laki laki 7 Biasanya kawin semacam ini terjadi pada istri kedua. dan laki laki yang melaksanakan kawin semacam ini sudah mempunyai istri. yang lebih dulu tinggal bersama di rumahnya, Tujuan kawin semacam ini adalah agar suami dapat bebas dari kewajiban. terhadap istri keduanya untuk memberikan tempat tinggal memberikan. nafkah memberikan hak yang sama dibanding istri yang lain istri pertama. Diskon itu hanya diperoleh oleh seorang laki laki dan seorang wanita yang. sangat membutuhkan peran seorang suami dalam mengayomi dan. melindunginya meskipun dalam bidang materi sang suami tidak dapat. diharapkan, Padahal kewajiban yang paling pokok bagi seorang suami adalah. memberikan nafkah kepada istrinya sedangkan bagi istri pemberian itu. adalah hak yang mesti harus diterima 8 Karena dalam ikatan perkawinan akan. menimbulkan status dan peranan sehingga akan menimbulkan hak dan. kewajiban yang berupa nafkah 9 Apabila nafkah diberikan sebagaimana. mestinya tidak dikurangi maka akan dapat mendatangkan keharmonisan dan. kebahagiaan dalam rumah tangga, Beberapa kenyataan penting tentang kelebihan laki laki dibanding. perempuan yakni laki laki bertanggung jawab atas seluruh kehidupan. Sedangkan menurut Sulaiman Rasyid dalam bukunya Fiqh Islam mendefinisikan bahwa perkawinan yaitu akad yang menghalalkan pergaulan membatasi hak dan kewajiban beserta bertolong tolongan antara seorang laki laki dan seorang perempuan yang 2 Idris Ramulyo Hukum Perkawinan Islam Suatu Analisa dan Undang undang No 1 Tahun

Related Books