MODUL 1 DASAR DASAR PEMROGRAMAN C

Modul 1 Dasar Dasar Pemrograman C-Free PDF

  • Date:15 Jun 2020
  • Views:37
  • Downloads:0
  • Pages:24
  • Size:1.07 MB

Share Pdf : Modul 1 Dasar Dasar Pemrograman C

Download and Preview : Modul 1 Dasar Dasar Pemrograman C


Report CopyRight/DMCA Form For : Modul 1 Dasar Dasar Pemrograman C


Transcription:

Dasar Dasar Pemrograman C,1 1 Memulai Pemrograman Microsoft Visual C 2008. Untuk memulai pemrograman Microsoft Visual C 2008 ikutilah langkah langkah. 1 Buka program Microsoft Visual C dengan mengklik tombol Start All. Programs Microsoft Visual Studio 2008 Microsoft Visual Studio 2008. 2 Pilih Visual C Development Settings dari kotak Choose Default Environment. Settings kemudian klik tombol Start Visual Studio, 3 Tunggu beberapa saat sampai tampilan Microsoft Visual C tampil seperti. terlihat pada gambar berikut,Dasar Dasar Pemrograman C. Pada gambar di atas terdapat beberapa bagian diantaranya. Solution Explorer sebuah jendela yang berisi kumpulan file dalam satu. project atau lebih dan dapat diatur atau dikelompokkan dalam direktori. yang telah ditentukan, Recent Project jendela ini memuat sejumlah file project yang telah. dibuat sebelumnya, Getting Started jendela ini berisi berbagai modul tutorial dasar untuk.
pemrograman Microsoft Visual C, Visual Studio Developer News pada jendela ini berisi berita berita dari. Microsoft biasanya masih berkaitan dengan Microsoft Visual Studio. Server Solution berisi sejumlah fasilitas yang berkaitan dengan. pemanfaatan program Microsoft Visual C yang dikonfigurasikan. ataupun terhubung dengan server, Toolbox jendela ini berisi tombol tombol yang dapat digunakan pada saat. pembuatan maupun pengembangan program aplikasi visual C. 4 Untuk memulai pemrograman dengan menggunakan Visual C sebaiknya. file program dikelompokkan dalam sebuah file project agar seluruh file dapat. diatur dengan mudah Untuk membuat sebuah project klik menu File New. Dasar Dasar Pemrograman C, 5 Selanjutnya tentukan jenis file yang akan dibuat Pada contoh ini akan. digunakan pemrograman Visual C berbasis console Untuk membuat file. console pilih Win32 Win32 Console Application yang terdapat dalam kotak. dialog New Project Pada kotak Name isikan dengan nama File yang akan. dibuat misalnya MODUL 1 1 Atur tempat penyimpanan file dengan. menekan tombol Browse yang terdapat pada baris Location Isikan nama file. pada kotak Solution Name Klik tombol OK untuk membuat file project. Dasar Dasar Pemrograman C, 6 Untuk melanjutkan proses pembuatan aplikasi berbasis console klik tombol. Next pada tampilan Welcome to the Win32 Application Wizard. 7 Klik radio button Console Application dan kemudian checklist Empty project. pada kotak dialog Application Settings selanjutnya klik tombol Finish. Dasar Dasar Pemrograman C, 8 Perhatikan pada Solution Explorer project MODUL 1 1 telah dibuat beserta.
dengan direktori file pendukungnya Karena lembar kerja program C belum. ada maka klik kanan pada direktori Source Files Add New Item. 9 Untuk membuat file C maka klik C file cpp pada bagian Templates. Tentukan nama file C yang akan dibuat ketikkan Program Pertama pada. bagian Name dan tentukan lokasi penyimpanan file file yang akan dibuat. sebaiknya disimpan dalam direktori project yang telah dibuat Klik tombol Add. untuk menambahkan file Modul Pertama cpp,Dasar Dasar Pemrograman C. 10 Setelah pengaturan selesai dilakukan akan tampil lembar kerja kosong. dengan nama Program Pertama cpp Pada lembar kerja inilah akan. dimasukkan deretan baris perintah yang akan dibuat. 11 Ketikkan baris perintah berikut pada tab Program Pertama cpp. 2 Program pertama Microsoft Visual C 2008,3 Modul 1 1. 7 include iostream Preprossor,8 int main Fungsi main. 10 std cout ini adalah program pertama saya n,11 std cout dengan mengunakan MS Visual C n. 12 return 0, Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah.
Dasar Dasar Pemrograman C, Angka 1 sampai dengan 13 tidak diketikkan pada editor C Angka tersebut. hanya merupakan deretan baris referensi yang berguna bagi praktikan untuk. mengetahui jumlah baris dari syntax yang akan diketikkan pada jendela. 12 Untuk mengekesekusi program klik menu Debug Start Without Debug atau. tekan Ctrl F5 Klik tombol Yes untuk melakukan Build sehingga prosesnya. akan ditampilkan pada jendela command prompt, 13 Hasil akhir dari program Program Pertama cpp akan ditampilkan pada window. command prompt, Klik sembarang tombol untuk keluar dari aplikasi command prompt yang. 14 Simpan file Modul Pertama cpp dengan mengklik menu File Save Program. Pertama cpp, 15 Untuk menutup project Modul 1 klik menu File Close Solution. Dasar Dasar Pemrograman C, Penjelasan baris perintah program C pada modul ini dapat dilihat pada.
penjelasan berikut,2 Program pertama Microsoft Visual C 2008. 3 Modul 1 1,7 include iostream Preprocessor,8 int main fungsi main. 10 std cout ini adalah program pertama saya n,11 std cout dengan mengunakan MS Visual C n. 12 return 0, Pada baris 1 sampai 6 merupakan komentar Komentar program didefenisikan. sebagai bagian dari sintaks program yang tidak ikut dibaca pada saat proses. kompilasi dilakukan sehingga komentar tidak akan mempengaruhi jalannya. program C Komentar pada umumnya di bagi dua jenis yaitu komentar yang. hanya terdiri dari satu baris dengan menggunakan tanda dan komentar yang. terdiri dari beberapa baris yang ditandai dengan Pada listing program di. atas komentar dengan tanda terdapat juga pada baris 7 dan 8. Pada listing program di atas proses pembacaan program akan dimulai pada baris. 7 Preprocessor include menginstuksikan agar file header dengan nama iostream. dimasukkan ke dalam file program C Pada visual studio C 2008 ekstensi dari. header iostream h tidak dituliskan, Pada baris 8 terdapat sintaks int main yang merupakan fungsi utama dari.
program C Setiap program C harus memiliki fungsi main Cakupan fungsi. main dimulai dengan kurung kurawal pembuka yang terdapat pada baris 9. dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal penutup yang terdapat pada baris. Statement std cout pada baris 10 dan 11 berfungsi untuk menampilkan keluaran. output ke layar monitor Statement std cout ini hanya akan dikenali jika library. yang bernama iostream terdaftar dalam baris program. Statement return 0 yang terdapat pada baris 12 menyatakan bahwa fungsi main. berakhir pada baris ini,Dasar Dasar Pemrograman C, 1 2 Membuat Program dari Templates Win32 Console Application. Pada bagian ini akan dipelajari mengenai dasar dasar penggunaan template dari. Win32 Console Application yang disediakan dalam Visual C 2008 Langkah. pembuatan project ini hampir sama dengan yang sebelumnya. Untuk memulai membuat project baru yang telah dilengkapi dengan template. ikutilah langkah langkah berikut, 1 Pastikan lembar kerja Microsoft Visual C 2008 telah terbuka dan tidak ada. lembar kerja yang tampil Bila masih ada file project yang terbuka klik menu. File Close Solution, 2 Buat project baru dengan mengklik menu File New Project. 3 Pada bagian Tempates yang terdapat pada dalam kotak dialog New Project. Pilih Win32 Console Application Ketikan MODUL 1 2 pada kotak Name. sehingga project ini bernama MODUL 1 2 kemudian Klik tombol OK untuk. menutup kotak dialog New Project, 4 Selanjutnya pada kotak dialog Welcome to the Win32 Application Wizard klik. tombol Next untuk melanjutkan proses pembuatan project berbasis console. Modul 1 10,Dasar Dasar Pemrograman C, 5 Pada kotak dialog Application Settings pastikan radio button pada bagian.
Appliccation type berada pada posisi Console Application Selanjutnya checklist. Precompiled header yang terdapat pada bagian Additional options Klik tombol. Finish untuk membuka jendela editor dengan nama Program Kedua cpp. Modul 1 11,Dasar Dasar Pemrograman C, 6 Tambahkan beberapa baris perintah pada tab Program Kedua cpp sehingga. menjadi seperti listing program berikut,Listing program Program Kedua cpp. 1 Modul 1 2 cpp Defines the entry point for the,console application. 4 include stdafx h,5 include iostream,7 int tmain int argc TCHAR argv. 9 std cout Ini program kedua saya n,10 std cout mengggunakan Visual C std endl.
11 return 0, Tampilan lembar kerja akan menjadi seperti gambar di bawah. 7 Klik menu Debug Start Without Debug atau tekan Ctrl F5 untuk. mengeksekusi program Klik tombol Yes untuk melakukan proses Build. sehingga akhir dari prosesnya akan ditampilkan pada jendela command. Agar tampilan konfirmasi project saat di build tidak tampil lagi checklist pada. bagian Do not show this dialog again,Modul 1 12,Dasar Dasar Pemrograman C. 8 Hasil dari program Program Kedua cpp akan ditampilkan dalam jendela. Command Prompt, Tekan sembarang tombol pada keyboard komputer untuk menutup jendela. command prompt yang muncul, 9 Simpan file Program Kedua cpp dengan mengklik menu File Save Program. 10 Untuk menutup file project MODUL 1 2 klik menu File Close Solution. Modul 1 13,Dasar Dasar Pemrograman C,1 3 Input dan Output Data.
Pada bagian ini akan dipelajari mengenai penggunaan keyboard sebagai media. untuk memasukkan data Langkah pembuatan project ini sama dengan yang. sebelumnya, Untuk memulai membuat project baru ikutilah langkah langkah berikut. 1 Pastikan lembar kerja Microsoft Visual C 2008 telah terbuka dan tidak ada. lembar kerja yang tampil, 2 Buat project baru dengan mengklik menu File New Project. 3 Pada bagian Tempates yang terdapat pada dalam kotak dialog New Project. Pilih Win32 Console Application Ketikan MODUL 1 3 pada kotak Name. kemudian Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog New Project. 4 Pada kotak dialog Welcome to the Win32 Application Wizard klik tombol Next. untuk melanjutkan proses pembuatan project berbasis console. Modul 1 14,Dasar Dasar Pemrograman C, 5 Pada kotak dialog Application Settings pastikan radio button pada bagian. Appliccation type berada pada posisi Console Application kemudian checklist. pada bagian Empty project yang terdapat pada bagian Additional options. 6 Buatlah kode program C seperti listing program berikut. 1 Modul 1 3,2 include iostream,3 using namespace std. 5 int main,7 char tampilkan 1,8 char panjang data 50.
10 cout Belajar Pemrograman C n,11 cout n n,12 cout Nama. 13 cin getline panjang data 50,14 cout Jurusan Teknik Elektro STEI ITB endl. 16 cin getline tampilkan 1,18 return 0, Tampilan lembar kerja akan menjadi seperti gambar di bawah. Dasar Dasar Pemrograman C Modul 1 15 5 Pada kotak dialog Application Settings pastikan radio button pada bagian Appliccation type berada pada posisi Console Application kemudian checklist pada bagian Empty project yang terdapat pada bagian Additional options 6 Buatlah kode program C seperti listing program berikut

Related Books