Microsoft Excel 2007 expert

Microsoft Excel 2007 Expert-Free PDF

  • Date:31 Dec 2019
  • Views:115
  • Downloads:3
  • Pages:41
  • Size:1.65 MB

Share Pdf : Microsoft Excel 2007 Expert

Download and Preview : Microsoft Excel 2007 Expert


Report CopyRight/DMCA Form For : Microsoft Excel 2007 Expert


Transcription:

Daftar Isi,Daftar Isi 2,MODUL 1 BEKERJA DENGAN TABEL 4. 1 Format Style 4,1 1 Conditional Formatting 4,1 2 Format as Table 5. Untuk merubah tampilan tabel atau sel perubahan berupa warna garis dan sangat cocok. untuk isi tabel yang berupa angka Hasil akhir bisa Sort dan Filter Data 5. 1 3 Cell Styles 6,MODUL 2 MENGATUR LEMBAR KERJA 7,1 Split Freeze Table 7. 1 1 Split Table 7,1 2 Frezee Table 7,MODUL 3 FUNGSI FUNGSI LANJUTAN 9. 1 Fungsi Fungsi Matematika 9,2 Fungsi fungsi Teks 10.
3 Fungsi fungsi tanggal dan waktu 11,4 Fungsi fungsi logika 12. 5 Fungsi fungsi lookup dan Referensi 13,6 Fungsi fungsi Statistik 14. 7 Fungsi fungsi Finansial 15,Modul 4 Mencari data 19. 1 Menggunakan Find 19,2 Menggunakan Replace 20,3 Mengurutkan data 20. 4 Menyaring data 21,5 Validasi data 22,6 Konsolidasi data 24.
7 Mengelompokan data 25,8 Membuat Subtotal 26,MODUL 5 SORT FILTER SUBTOTAL PIVOTTABLE 28. 2 Filter 29,3 Group dan UnGroup 30,4 SubTotal 30,5 Pivot Table Pivot Chart 32. MODUL 6 SHARING WORKBOOK 35, 1 Cara membuat sharing workbook adalah sebagai berikut 35. 2 Penyuntingan shared workbook 36,3 Menghapus Pengguna dari shared workbook 37. 4 Penyelesaian konflik perubahan di shared workbook 37. 5 Menghapus sharing a workbook 38,MODUL 1 BEKERJA DENGAN TABEL.
Pada bagian ini kita akan membahas bagaimana bekerja menggunakan sel dimana data data yang ada. didalamnya bisa kita rubah dan disesuaikan dengan keinginan kita Karena angka dalam pandangan Excel. berbeda dengan angka dalam pandangan kita karena yang dibaca Excel adalah Code. 1 Format Style,1 1 Conditional Formatting, Untuk merubah tampilan tabel atau sel perubahan berupa warna dan garis sangat cocok untuk isi tabel. yang berupa angka Bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi dan menyebabkan warna tiap sel. berbeda sesuai dengan nilai tiap sel,Cara menggunakannya. 1 Blok tabel,2 Pilih Conditional Formatting,3 Pilih list option yang tersedia. a Highlight Sels Rules menampilan warna sel yang berbeda dengan syarat nilai tertentu. b Top Bottom Rules Menampilkan warna sel yang berbeda dengan syarat 10 teratas atau. c Data Bars Menampilkan warna bar dengan syarat dari nilai terendah sampai tertinggi. d Color Scales Menampilkan skala warna yang berbeda dengan syarat dari nilai terendah. sampai tertinggi, e Icon Sets Menampilkan icon dengan syarat dari nilai terendah sampai tertinggi. f New Rule membuat syarat baru,g Clear Rules menghapus syarat yang sudah ada.
h Manage Rules mengatur syarat syarat yang sudah ada. 4 Klik pada pilihan style,1 2 Format as Table, Untuk merubah tampilan tabel atau sel perubahan berupa warna garis dan sangat cocok untuk isi. tabel yang berupa angka Hasil akhir bisa Sort dan Filter Data. Cara Menggunakannya,1 Blok Area Tabel,2 Klik Format as Table. 3 Klik Style yang ada atau buat Style baru di New Table Style. 1 3 Cell Styles, Untuk merubah tampilan tabel atau sel yang ada dalam tabel perubahan berupa warna garis warna. latar isi tabel bisa berupa teks dan angka,Cara menggunakannya. 1 Blok Area Tabel,2 Klik Cell Style, 3 Klik Style yang ada atau buat Style baru di New Cell Style.
MODUL 2 MENGATUR LEMBAR KERJA,1 Split Freeze Table. 1 1 Split Table, Salah satu fungsi dari Excel untuk membagi tampilan menjadi 4 empat bagian sehingga kita bisa. bekerja dengan 4 posisi workbook yang berbeda,Cara melakukannya Split Klik View Split. 1 2 Frezee Table, Berfungsi untuk membekukan beberapa kolom atau baris dari tabel sehingga bagian yang dibekukan. tidak akan hilang dari tampilan ketika workbook dikerjakan Caranya sebagai berikut. 1 Blok Kolom atau baris yang akan di Freeze,2 Klik Icon Frezze Panes.
Freeze Panes untuk Freeze Standar,Freeze Top Row untuk Freeze Baris teratas. Freeze First Column untuk Freeze Kolom Pertama,MODUL 3 FUNGSI FUNGSI LANJUTAN. Pada bagian ini akan dibahas mengenai fungsi fungsi yang disediakan oleh Excel 2007 disertai dengan. contoh dan studi kasus Ingat bahwa input data dengan fungsi dilakukan dengan klik tombol Function yang. terletak disebelah kiri formula bar Atau dengan melihat dari Icon di Menu Formulas Function Library. 1 Fungsi Fungsi Matematika,1 Klik Insert Function Maka akan keluar form. 2 Untuk menggunakan fungsi Matematika pilihlan drop down Or Select a Category pilihlah Math. 3 Misal Isilah kolom A mulai dari baris pertama hingga ke 10 Lalu masukkan suatu formula di kolom. B lihat tabel dibawah ini Dan anda dapat mencoba cara memasukkannya dengan melihat contoh. Hasil perhitungan dapat dilihat didalam tabel,2 Fungsi fungsi Teks. Fungsi fungsi teks digunakan dalam pengolahan nilai sel yang berupa string atau teks Dan dapat. melihat kategori fungsi teks dengan mengklik drop down Or Select A Category pada Text Ini. beberapa fungsi dalam teks, LEFT mengambil beberapa karakter isi sel yang berupa teks dari kiri.
Contoh LEFT BEBEK 3 hasilnya BEB karena diambil 3 karakter dari kiri. RIGHT mengambil beberapa karakter isi sel yang berupa teks dari kanan. Contoh RIGHT BEBEK 3 hasilnya BEK karena diambil 3 karakter dari kanan. MID mengambil beberapa karakter isi sel yang berupa teks dari tengah. Contoh MID BEBEK 3 2 hasilnya BE karena diambil 2 karakter dimulai dari karakter ke 3. UPPER mengubah karakter isi sel menjadi Kapital,Contoh UPPER bebek 3 hasilnya BEBEK. LOWER mengubah karakter isi sel menjadi kecil,Contoh LOWER BEBEK hasilnya bebek. PROPER mengubah karakter isi sel huruf depan Besar. Contoh PROPER BEBEK hasilnya Bebek, TEXT mengubah angka menjadi teks dengan jumlah desimal sesuai yang dinyatakan pada. argumen format teks,Contoh TEXT 100 4 0 00 hasilnya 25 00. CHAR mengubah angka antara 1 sampai 255 menjadi karakter kode ASCII. Contoh CHAR 125 menghasilkan, DOLLAR mengubah angka menjadi teks mata uang dolar disertai pembulatan dan jumlah desimal.
menurut argumen jumlah desimal,Contoh DOLLAR 22 7 6 menghasilkan 3 142857. CODE mengubah karakter pertama menjadi kode ASCII, Contoh CODE Infor menghasilkan 73 CODE Ikan menghasilkan 73 juga. LEN Menghitung banyaknya karakter dalam satu sel,Contoh LEN BEBEK hasilnya 5. CONCATENATE menggabungkan isi 2 sel menjadi 1, Contoh CONCATENATE BEBEK BAKAR hasilnya BEBEK BAKAR. 3 Fungsi fungsi tanggal dan waktu, Fungsi tanggal dan waktu digunakan untuk memanipulasi tipe data yang berupa tanggal dan waktu.
Caranya pilih drop down Or Select A Category pada Date Time yang meliputi fungsi. DATE Memasukkan angka menjadi tahun bulan tanggal,NOW Untuk mengetahui tanggal dan waktu sekarang. DATEVALUE Untuk mengetahui nilai dari suatu tanggal yang dirubah dari Teks. DAY Untuk mengetahui nilai dari suatu hari yang dirubah dari Code. DAYS360 Untuk mengetahui jarak antara 2 tanggal diasumsikan 1 bulan ada 30 hari. MONTH Untuk mengetahui nilai dari Bulan yang dirubah dari Code. HOUR Untuk mengetahui nilai dari Jam yang dirubah dari Code. MINUTE Untuk mengetahui nilai dari Menit yang dirubah dari Code. SECOND Untuk mengetahui nilai dari Detik yang dirubah dari Code. TIME Merubah angka menjadi jam menit detik, TIMEVALUE Untuk mengetahui nilai dari suatu tanggal yang dirubah dari Teks. TODAY Untuk mengetahui tanggal sekarang, WEEKDAY Untuk mengetahui nilai dari Minggu yang dirubah dari Code. YEAR Untuk mengetahui nilai dari Tahun yang dirubah dari Code. NETWORKDAYS mencari hari kerja antara 2 tanggal, WORKDAYS menjelaskan jumlah hari kerja setelah tanggal. 4 Fungsi fungsi logika, 1 Fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua atau lebih argument untuk menghasilkan nilai.
True atau False, 2 Bentuk penulisan logika adalah IF logical test value if true value if false. IF adalah fungsi logika, Logical test adalah nilai atau ekspresi yang dipakai untuk mengevaluasi benar atau salah. Value if true adalah nilai yang dihasilkan jika evaluasi benar. Value if false adalah nilai yang dihasilkan jika evaluasi salah. Sebagai pembanding anatarargumen gunakan tanda dan. IF J5 8 baik Sekali IF J5 7 baik IF J5 6 cukup IF J5 5 kurang. Pilihlah drop down or Select A Category pilihlah LOGICAL yang meliputi kategori. AND menggabungkan logika1 dengan logika lainnya bersifat dependen saling bergantung antar. OR menggabungkan logika1 dengan logika lainnya bersifat independen saling terpisah jika. salah satu syarat sudah terpenuhi maka syarat lain tidak berlaku. NOT pilihan dari hasil logika jika tidak terpenuhi maka hasil outputnya yang akan keluar. FALSE syarat dari logika jika dalam kondisi salah,TRUE syarat dari logika jika dalam kondisi benar. IF membdaningkan 2 kondisi dengan syarat tertentu, SUMIF menjumlahkan dengan syarat bergantung dengan kondisi. 5 Fungsi fungsi lookup dan Referensi, 1 Fungsi Lookup Reference adalah untuk mengambil atau membaca informasi dari table lain untuk.
dijadikan referensi ke dalam table yang sedang dianalisis. 2 Rumus yang harus diisi dalam menggunakan Lookup adalah. a VLOOKUP lookup value table array col index num Apabila data refrensi dalam bentuk. kolom Vertical, b HLOOKUP lookup value table array col index num Apabila data refrensi dalam bentuk. baris Horizontal, Vlookup atau Hlookup adalah rumus menggunakan fungsi lookup. Lookup value adalah nilai yang digunakan sebagai dasar awal melakukan refrensi pada table. yang sedang dianalisis, Table Array adalah rangkaian sel pada table informasi table yang dipakai untuk mencari. Col index num adalah posisi nomor kolom untuk Vlookup atau baris untuk Hlookup yang. dipakai untuk pencarian informasi,6 Fungsi fungsi Statistik. Untuk menggunakan fungsi Statistik maka pilihlah drop down Or Select A Category pada Statistikal. Bagi orang yang berkutat dimasalah statistik maka fungsi fungsi tersebut tidak akan asing lagi. Max Range mencari nilai terbesar dari suatu range,Min Range mencari nilai terkecil dari suatu range.
Sum Range mencari jumlah dari isi data yang terdapat pada suatu range. Average Range mencari nilai rata rata dari suatu range. Count Range mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range. Ceiling Sel Signifikan mencari pembulatan keatas yang mendekati angka signifikan misal 2 5. dibulatkan mendekati 1 hasilnya 3, Floor Sel Signifikan mencari pembulatan keatas yang mendekati angka signifikan misal 2 5. dibulatkan mendekati 1 hasilnya 2, Roundup Sel digit mencari pembulatan keatas bilangan desimal Misal 3 2 dibulatkan desimalnya. 0 maka hasilnya 4, Rounddown Sel digit mencari pembulatan kebawah bilangan desimal Misal 3 2 dibulatkan. desimalnya 0 maka hasilnya 3,Cara pengerjaan, Jumlah Nilai pada cell F6 adalah Sum C6 E6 atau C6 D6 E6. Total Nilai Kelas pada cell C16 adalah Sum C6 C15, Rata rata Nilai Kelas pada cell C17 adalah Average C6 C15.
Nilai Terendah pada cell C18 adalah Min C6 C15,Nilai Terbesar pada cell C19 adalah Max C6 C15. Jumlah Data pada cell C20 adalah Count C6 C15,7 Fungsi fungsi Finansial. Menu Finansial dilakukan dengan menklik drop down Or Select A Category pada Finansial Berikut. disajikan beberapa kasus penggunaan fungsi Finansial. Microsoft Excel 2007 Tingkat Mahir FUNGSI FUNGSI LANJUTAN Pada bagian ini akan dibahas mengenai fungsi fungsi yang disediakan oleh Excel 2007 disertai dengan

Related Books