KONSEP DASAR EKONOMETRIKA WordPress com

Konsep Dasar Ekonometrika Wordpress Com-Free PDF

  • Date:29 Sep 2020
  • Views:0
  • Downloads:0
  • Pages:5
  • Size:523.07 KB

Share Pdf : Konsep Dasar Ekonometrika Wordpress Com

Download and Preview : Konsep Dasar Ekonometrika Wordpress Com


Report CopyRight/DMCA Form For : Konsep Dasar Ekonometrika Wordpress Com


Transcription:

dengan melakukan suatu analisis yang dapat dipertanggungjawabkan melalui. matematika dan statistika Sehingga kita dapat mengetahui apakah teori. ekonomi yang ada benar benar dapat diaplikasikan pada suatu kasus tertentu. atau pada suatu wilayah tertentu Hasil dari analisis ekonomi ini bisa. mendukung teori sehingga kita dapat melakukan forecasting peramalan. selain itu hasilnya bisa menolak teori sehingga perlu adanya perbaikan teori. 1 2 Metodologi ekonometrika, Penelitian ekonometri biasanya mengikuti prosedur sbb. Teori Ekonomi 1,Spesifikasi model ekonometrika 2,Pengumpulan data yang relevan 3. Pendugaan parameter model 4,Inferensi statistik 5, Terima teori jika data cocok Tolak teori jika data tidak. dengan teori 6 cocok dengan teori 6,Peramalan 7 Perbaikan teori atau. teori baru 7,Menguji langkah 2 s d 5 8,Sumber Damodar Gujarati 1978.
Gambar 1 1 Prosedur Penelitian Ekonometrika, Langkah langkah dalam metodologi penelitian ekonometrika yaitu sebagai. Model yang akan dibagun harus didasrkan kepada teori ekonomi Teori. Ekonomi Mikro Teori Ekonomi Makro dan Teori ekonomi Pembangunan. Menspesifikasikan model meliputi, a Variable bebas atau variable penjelas maupun variable terikat yang akan. dimasukkan ke dalam model, b Asumsi asumsi a priori mengenai nilai dan tanda parameter dari model. c Bentuk matematik dari model, Penaksiran model dengan metode ekonometrika yang tepat meliputi. a Pengumpulan data, b Menyelidiki ada tidaknya pelanggaran asumsi klasik.
c Menyelidiki syarat identifikasi jika modelnya mengandung lebih dari satu. d Memilih teknik ekonometrika yang tepat untuk penaksiran model. Evaluasi atau pengujian untuk memutuskan apakah taksiran taksiran. terhadap parameter sudah bermakna secara teoritis dan nyata secara. statistic meliputi,a Kriteria a priori ekonomi,b Kriteria statistic. c Kriteria ekonometri,Menguji kekuatan peramalan model. Inferensi Statistik, Apakah hasil uji statistic dan ekonometrik mendukung teori jika tidak. mendukung ulangi cek data kembali serta beri alas an pendukung mengapai. hasil tidak sesuai dengan teori, 1 3 Membedakan konsep regresi kausalitas dan korelasi. Ekonometrik disini tidak terlepas dari ilmu statistika dan matematika. statistika yang lazim digunakan juga akan masuk dalam ekonometrik berikut. ada beberapa tehnik analisis yang akan sering digunakan dalam analisis. ekonometrik,2 Korelasi,3 Kausalitas,4 forecasting, Regresi menunjukkan hubungan pengaruh satu arah yaitu variabel independen.
ke variabel dependen sedangkan kausalitas menunjukkan hubungan dua arah. Dan Analisis korelasi bertujuan untuk mengukur kuatnya tingkat hubungan. linear antara dua variabel, selain tehnik analisis data merupakan suatu hal yang akan sangat. mempengaruhi analsis yang akan digunakan dalam ekonometrik karena data. akan mempengaruhi seberapa besar tingkat presisi dari analisis tersebut ada 3. jenis data,Cross sectional, artinya itu data yang dikumpulkan dalam satu waktu. Contoh data PDRB provinsi di Indonesia tahun 2013,Time series. artinya data yang dikumpulkan dalam satu series waktu. Contoh data PDRB DIY tahun 1990 2013, merupakan data gabungan cross sectional dan time series. Contoh data PDRB provinsi di seluruh Indonesia tahun 1997 2012. Ilmu Ekonometri juga memiliki kelebihan dan kelemahan Kelebihan. menggunakan model ekonometri dalam penelitian seringkali membuka. perpesktif dan temuan temuan baru namun untuk mendapatkan hal tersebut. membutuhkan keahlian khusus pada berbagai bidang ilmu sehingga. membutuhkan banyak waktu Kelemahan membutuhkan keahlian khusus pada. berbagai bidang ilmu sehingga membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. 1 4 PENGGOLONGAN EKONOMETRIKA, Ekonometrika digolongkan menjadi 2 yaitu sebagai berikut.
1 Ekonometrika Teoritik, Berkaitan dengan pengembangan metode metode yang cocok untuk. mengukur hubungan hubungan ekonomi yang ditetapkan dalam model. ekonometrika,2 Ekonometrika Terapan, Membahas penggunaan atau penerapan metode ekonomi yang telah. Membedakan konsep regresi kausalitas dan korelasi Ekonometrik disini tidak terlepas dari ilmu statistika dan matematika statistika yang lazim digunakan juga akan masuk dalam ekonometrik berikut ada beberapa tehnik analisis yang akan sering digunakan dalam analisis ekonometrik 1 Regresi 2 Korelasi 3 Kausalitas 4 forecasting Regresi menunjukkan hubungan pengaruh satu arah yaitu variabel

Related Books