HYGIENE SANITASI DI DAPUR UNAIR REPOSITORY

Hygiene Sanitasi Di Dapur Unair Repository-Free PDF

  • Date:04 Nov 2019
  • Views:91
  • Downloads:0
  • Pages:71
  • Size:1.12 MB

Share Pdf : Hygiene Sanitasi Di Dapur Unair Repository

Download and Preview : Hygiene Sanitasi Di Dapur Unair Repository


Report CopyRight/DMCA Form For : Hygiene Sanitasi Di Dapur Unair Repository


Transcription:

, HALAMAN PERNYATAAN , , Dengan ini saya menyatakan bahwa tugas akhir yang berjudul HYGIENE SANITASI . DAPUR adalah benar benar merupakan hasil karya penuls sendiri dan belum . pernah dipublikasikan Semua sumber data dan informasi yang digunakan . dinyatakan secara jelas , , Surabaya 31 Desember 2009 . Penulis , , , Suci Syawalia , , , , , , , , , , , . , , , , ii, , , HYGIENE SANITASI DAPUR , Studi deskriptif upaya menjaga hygiene sanitasi dapur di Imari Restoran Hotel . J W Marriot Surabaya , , Tugas Akhir , , , Maksud Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan .
Studi D3 pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik . Universitas Airlangga , , , DiSusun Oleh , SUCI SYAWALIA . 070610487 S , , , PROGRAM STUDI D3 KEPARIWISATAAN DAN BIMA WISATA . DEPARTEMEN KOMUNIKASI , FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK . UNIVERSITAS AIRLANGGA , SEMESTER GASAL , 2009 2010 . , , , iii, , , HALAMAN PERSEMBAHAN , Dan katakanlah Bekarjalah kamu maka ALLAH dan Rasul Nya serta orang.
orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu dan kamu akan dikembalikan. kepada ALLAH yang mengetahui yang ghaib dan nyata lalu diberitahu NYA. kepada kamu tentang apa yang telah kamu kerjakan At Taubat 105 . Sesungguhnya Allah suka mukmin yang berkarya H R Hakim dan. Tarmidzi ,Alhamdulilahirababbil alamin , Dengan rasa syukur dan cinta kasih. kupersembahkan karya kecil ini untuk abah dan mama. sebagai wujud bakti ananda atas segala curahan kasih sayang. yang telah abah dan mama berikan , , , , , , , , . , iv, , , HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING , JUDUL Hygiene dan Sanitasi Dapur studi Deskritif upaya menjaga hygiene dan . sanitasi dapur di Imari restoran Hotel J W Marriot Surabaya . , Tugas akhir ini telah memenuhi persyaratan dan persetujuan untuk diujikan . Surabaya 31 Desember 2009 , , Dosen Pembimbing , .
, Andy Umardiono S Sos M si , NIP 19720324 1999 03 1001 . , , , , , , , , , , v, , , HALAMAN PENGESAHAN PANITIA PENGUJI . , Tugas Akhir ini telah diujikan dan disahkan dihadapan panitia penguji . Program studi D3 Kepariwisataan dan bina wisata , Departemen Komunikasi . Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik , Universitas Airlangga .
Pada hari Selasa , Tanggal 05 Januari 2010 , Pukul 13 00 WIB . Panitia penguji terdiri dari , , Penguji I , , , Andy Umardiono S Sos M si . NIP 19720324 1999 03 1001 , , Penguji II , , , Sri Endah Nurhidayati S Sos Msi . NIP 1970 1210 1998 03 2 002 , , , vi, , , ABSTRAKS . Jawa timur merupakan salah satu tempat tujuan wisata Data BPS Jatim . menyebutkan jumlah wisatawan mancanegara yang datang melalui bandara . juanda pada agustus 2009 sebanyak 2 367 orang untuk tingkatan penghunian . kamar TPK hotel berbintang di Jawa timur mencapai 49 18 persen dengan rata . rata menginap pada bulan agustus 2009 mencapai 1 71 hari Mengingat . wisatawan yang berkunjung pada suatu tempat tidak sekedar menginap saja . tapi juga memerlukan makanan dan minuman maka selain menyediakan kamar . hotel juga menjual makanan dan minuman Untuk itu pihak hotel harus dapat . menyediakan makanan dan minuman yang tidak sekedar enak tapi juga sehat . Untuk itu dapur sebagai bagian dari hotel yang difungsikan untuk mengolah . makanan harus betul betul terjaga hygiene dan sanitasi nya Dalam karya ilmiah . ini penulis ingin mengetahui upaya apa saja untuk menjaga hygiene dan sanitasi . dapur di Imari Restoran Hotel J W Marriot Surabaya agar dapat menghasilkan . makanan yang berkualitas , Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengunakan metode penelitian .
deskriptif kualitatif yakni menggabungkan teori hygiene dan sanitasi dapur . dengan faktor lain yang berkaitan dengan peningkatan kualitas hal tersebut . melakukan observasi wawancara dan penggunaan bahan dokumentasi . Informan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah mereka yang mempunyai . wewenang hubungan dengan masalah hygiene dan sanitasi dapur Data dari . informan yang berupa informasi tertulis ataupun lisan dibaca kembali dengan . teliti dianalisis dan dijabarkan secara deskriptif . Dari hasil pengamatan yang dilakukan ditemukan berbagai upaya yang telah . dilakukan pihak hotel untuk menjaga hygiene dan sanitasi dapur di Imari . Restoran yaitu dengan menerapkan standar , 1 Hygiene dan Sanitasi pada Karyawan meliputi kebersihan badan dan kebersihan . pakaian , 2 Hygiene dan Sanitasi pada Makanan dengan aturan penggunaan alat pengambil . makanan dan penjagaan makanan dari kemungkinan tercemar . 3 Hygiene dan Sanitasi pada Peralatan dan Perlengkapan Dapur Hal hal yang perlu . diperhatikan adalah Barang barang dikelompokan sejenis peralatan yang disimpan . harus mudah diambil dan mudah cara penempatanya Langkah F I F O diterapkan . terbebas dari tikus serangga dan hewan pengganggu lainnya tinggi rak dari . permukaan lantai minimal 30 cm agar tidak menjadi tempat persembunyian hewan . hewan pengganggu mudah dibersihkan dan tidak lembab jarak antara penyimpan . barang yang paling atas dengan langit langit minimal 50 cm bertujuan memudahkan . pembersihan , 4 Hygiene dan Sanitasi pada Dapur memiliki ruang tersendiri tertutup dan terpisah . dari ruang lainnya dan hanya digunakan untuk memasak Dilengkapi exhauster . vii, , , sebagai media pertukaran udara dan diberikan lampu penerangan yang cukup Area . dapur juga senantiasa dibersihkan dan dipel dengan bahan pembersih . , Menjaga hygiene dan sanitasi dapur merupakan bagian dari pengelolaan dapur .
Beberapa faktor yang menjadi fokus pihak hotel dalam pengelolaan dapur Imari yaitu . kebersihan kesehatan keamanan dan kenyamanan Dengan terciptanya lingkungan . kerja area dapur yang bersih sehat aman dan nyaman dapat meningkatkan . produktifitas kerja karyawan dapur Pihak hotel terus berupaya untuk dapat . menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan karyawan memiliki energi . semangat kreativitas dan komitmen bekerjasama untuk mencapai hasil yang paling . memuaskan , , Pemaparan di atas menunjukkan bahwa pihak hotel telah melaksanakan berbagai . upaya untuk menjaga hygiene dan sanitasi dapur di Imari Restoran Hanya dalam . pelaksanaannya memang belum sesuai harapan Masih terdapat pihak pihak yang . belum tidak melaksanakan aturan hygiene dan sanitasi dapur yang diberlakukan Oleh . karena itu diajukan beberapa saran agar upaya menjaga hygiene dan sanitasi dapur . yang diberlakukan dapat terlaksana seluruhnya dengan baik yaitu 1 Sosialisasi akan . standar aturan tentang hygiene dan sanitasi dapur yang diberlakukan kepada seluruh . karyawan dapur termasuk causal trainee dan steward 2 Memberikan kesempatan . kepada karyawan dapur untuk mengikuti seminar pelatihan yang terkait dengan hygiene . dan sanitasi 3 Memperbaiki dan melengkapi fasilitas fasilitas dapur yang menunjang . pelaksanaan upaya menjaga hygiene dan sanitasi di dapur 4 terkait dengan upaya . menjaga hygiene dan sanitasi pada makanan perlu ditempatkan seorang karyawan . dapur yang bertugas sebagai food control 5 Pelaksanaan general cleaning secara rutin . 6 Pemberian reward dan punishment atas pelaksanaan upaya menjaga hygiene dan . sanitasi di dapur , , , , , , , , viii, , , KATA PENGANTAR . Bissmillahirrahmannirrahim , Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang senatiasa . melimpahkan rahmat dan hidayah Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan . tugas akhir yang berjudul HYGIENE DAN SANITASI DI KITCHEN tugas akhir ini . dibuat untuk memperoleh gelar AHLI MADYA pada program studi D3 . Kepariwisata dan Bina Wisata Departemen Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan . Politik Universitas Airlangga Dalam penulisan tugas akhir ini penulis mencoba . memberikan gambaran tentang kondisi kitchen di Imari Restoran di J W Marriot . surabaya dan menganalisi kinerja kerja karyawan dan memberikan usulan dan . upaya menjaga kitchen yang baik , Pelaksanaan geladikarya ini sendiri bagi penulis sebagai sarana untuk . menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dibangku kuliah dan latihan . keterampilan secara langsung di lapangan OJT Melalui geladikarya ini . diharapkan akan memperkaya khasanah ilmiah penulis khususnya dalam bidang . FOOD DAN BAVERAGE , Tak dapat dipungkiri bahwa dalam penyusunan laporan geladikarya ini .
penulis banyak mendapatkan bantuan baik secara moril maupun materiil serta . ide ide yang sangat membantu Untuk itu pada kesempatan ini penulis ingin . menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu . penyusunan tugas akhir ini yaitu , 2 Bapak Andi Umardiono S Sos M si Sebagai dosen pembimbing yang telah . meberikan pengarahan dan bimbingan hingga tersusunya tugas akhir ini . 3 Bapak Takashi Murayama selaku Chef De Cuisne terima kasih atas kesabaran . dan kesediaan chef meluangkan waktu untuk membimbing penulis dalam . proses geladikarya hingga tersusunnya tugas akhir ini . 4 Kepada staff Imari kitchen Restoran atas bantuanya yang tidak terhitung . banyaknya , 5 Terima kasih kepada abah dan mama karena support abah dan mama . penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini Ini kado untuk mama tersayang . you re the best mom I I miss u mom , 6 Mas alfa Mb miske makasih ya atas fasilitasnya Mb afi dan De dikna I . love you all , 7 Wahyu Dwi Setiawan terima kasih atas perhatianya dukunganya do a dan . kebersamaanya , 8 Terima kasih kepada keluarga besar Mugi Santoso atas dukungan do a dan .
kebersamaannya , 10 Intan astrid nurul meme meta agus mas agunk serta anak club mio se . Jatim dan seluruh rekan rekan seperjuangan yang tidak dapat saya sebutkan . satu persatu You are all my very very very best friend so how can forget . you all , ix, , , 11 Keluarga besar H Syaubari dan Abdul Hamid kita akan selalu bersama dan . terikat dalam tali silaturahmi yang kuat , 12 Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang secara langsung . maupun tidak telah membantu penyelesaian tugas akhir ini . , Akhirnya penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan . dalam laporan geladikarya ini , Namun demikian semoga apa yang penulis tuangkan dalam laporan .
geladikarya ini dapat bermanfaat bagi mereka yang memerlukan . , Surabaya 31 Desember 2009 , Penulis , , , , , , Suci Syawalia . , , , , , , , , , , , x, , , DAFTAR ISI , ,Halaman Judul Dalam I i . Halaman Pernyataan ii ,Halaman Judul Dalam II iii . Halaman Persembahan iv ,Halaman Persetujuan Pembimbing v . Halaman Pengesahan Panitia Penguji vi ,Abstraksi vii .
Kata Pengantar ix ,Daftar Isi xi ,Daftar Tabel xiii . Daftar Gambar xiv ,BAB I PENDAHULUAN 1 , 1 1 Latar Belakang Masalah 1 . 1 2 Perumusan Masalah 6 , 1 3 Tujuan Dan Manfaat Penelitian 6 . 1 3 1 Tujuan Penelitian 6 , 1 3 2 Manfaat Penelitian 6 . 1 4 Kerangka Pemikiran 7 , 1 5 Metode Penelitian 9 .
1 5 1 Batasan Konsep 10 , 1 5 2 Teknik Penentuan Lokasi 11 . 1 5 3 Teknik Pemilihan Informan 11 , 1 5 4 Teknik Pengumpulan Data 12 . 1 5 5 Teknik Analisis Data 14 ,BAB II GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN 16 . 2 1 Tinjauan Umum Perusahaan 16 , 2 1 1 Profil J W Marriot 16 . 2 2 Gambaran Hotel J W Marriot Surabaya 17 , 2 3 Gambaran dan Kondisi Dapur Imari 18 .
2 4 Kegiatan Yang Dihandel Dapur Imari 21 , 2 5 Struktur Organisasi 22 . 2 5 1 Job Description Dapur 23 , 2 5 2 Jumlah Karyawan 24 . 2 5 3 Layout Dapur Imari 26 , 2 6 Informasi Terkait Dengan Hygiene Sanitasi Dapur Imari 28 . BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA 29 , 3 1 Upaya Menjaga Hygiene Sanitasi Dapur Imari Restoran . Hotel J W Marriot Surabaya 29 , 3 1 1 Hygiene Sanitasi Karyawan 32 .
3 1 2 Hygiene Sanitasi Makanan 36 , xi, , , 3 1 3 Hygiene Sanitasi Peralatan Dan Perlengkapan 38 . 3 1 4 Hygiene Sanitasi Dapur 40 , 3 2 Pengelola Dapur Di Imari Restoran 41 . 3 2 1 Kebersihan 41 , 3 2 2 Kesehatan 42 , 3 2 3 Keamanan 43 . 3 2 4 Kenyamanan 44 , 3 3 Hygiene Sanitasi Lingkungan Kerja Dalam Rangka Meningkatkan . Motivasi Dan Kreatifitas Kerja Karyawan Dapur 48 . BAB IV PENUTUP 50 , 4 1 Kesimpulan 50 , 4 2 Saran 51 .
Daftar Pustaka 53 ,Lampiran 54 , , , , , , , , , , . , , , , , , , xii, , , DAFTAR TABEL , ,Tabel 2 1 Latar Belakang Karyawan 24 . , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , xiii, , , DAFTAR GAMBAR . Gambar 1 1 Kerangka Pemikiran 7 ,Gambar 2 1 Peta Hotel J W Marriot 17 . Gambar 2 2 Hotel J W Marriot Surabaya 17 ,Gambar 2 3 Logo Hotel J W Marriot 18 .
Gambar 2 4 Stone Imari Kitchen 18 ,Gambar 2 5 Gridle Imari Kitchen 19 . Gambar 2 6 Karyawan Imari Kitchen 19 ,Gambar 2 7 Small Kitchen Sushi Counter 20 . Gambar 2 8 Small Kitchen Tepayaki Counter 20 ,Gambar 2 9 Struktur Organisasi 22 . Gambar 2 10 layout Imari Kitchen 26 , , , , , , , . dapur juga senantiasa dibersihkan dan dipel dengan bahan pembersih Menjaga hygiene dan sanitasi dapur merupakan bagian dari pengelolaan dapur Beberapa faktor yang menjadi fokus pihak hotel dalam pengelolaan dapur Imari yaitu

Related Books