GAMBARAN FAKTOR FAKTOR KEJADIAN HIPEREMESIS GRAVIDARUM

Gambaran Faktor Faktor Kejadian Hiperemesis Gravidarum-Free PDF

  • Date:24 Feb 2020
  • Views:45
  • Downloads:0
  • Pages:63
  • Size:1.53 MB

Share Pdf : Gambaran Faktor Faktor Kejadian Hiperemesis Gravidarum

Download and Preview : Gambaran Faktor Faktor Kejadian Hiperemesis Gravidarum


Report CopyRight/DMCA Form For : Gambaran Faktor Faktor Kejadian Hiperemesis Gravidarum


Transcription:

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS ILMIAH, Dengan penuh kesadaran penyusun yang bertanda tangan dibawah ini. menyatakan bahwa Karya Tulis Ilmiah KTI ini benar adalah hasil karya. penyusun sendiri Jika dikemudian hari terbukti bahwa ini merupakan duplikat. tiruan plagiat atau dibuat oleh orang lain sebagian atau seluruhnya maka Karya. Tulis Ilmiah KTI dan gelar yang diperoleh karenanya batal demi hukum. Makassar Agustus 2012,Nurnaningsih,Nim 70400009038. HALAMAN PERSETUJUAN KARYA TULIS ILMIAH,Nama NURNANINGSIH. Nim 70400009038, Judul Gambaran Faktor Faktor Kejadian Hiperemesis Gravidarum Pada Ibu. Hamil Trimester Pertama Di RSKDIA Siti Fatimah Makassar Tahun. Karya Tulis Ilmiah KTI ini telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk. diajukan pada Seminar Hasil tanggal 31 Agustus 2012 Program Studi DIII. Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makassar 2012,Pembimbing,Sitti Saleha S Si T S Keb M Keb.
NIP 19760126 200604 2 001,KATA PENGANTAR,Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala puji dan syukur atas kehadirat ALLAH swt untuk semua keberkahan. dan kebaikan yang dilimpahkan Nya sehingga Karya Tulis Ilmiah ini dapat. terselesaikan dengan baik Shalawat dan taslim kepada junjungan Nabiullah. Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat sahabatnya sehingga kita semua. tetap menuju jalan kebenaran yang telah detetapkan ALLAH swt kepada kita. Alhamdulillah Karya Tulis Ilmiah ini dengan judul Gambaran Faktor. faktor Kejadian Hiperemesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Trimester. Pertama Di RSKDIA Siti Fatimah Makassar dapat diselesaikan dan diajukan. penulis sebagai syarat untuk penyelesaian pendidikan pada Prodi Kebidanan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Penulis sangat menyadari akan keterbatasan pengalaman dan pengetahuan. yang dimiliki oleh karena itu saran dan kritik yang sifatnya membangun. merupakan masukan dalam penyempurnaan selanjutnya dan dapat bermanfaat. bagi perkembangan ilmu pengetahuan, Mengawali ucapan terima kasih ini disampaikan penghargaan yang. teristimewa kepada ayahanda tersayang Daud A Rahman dan ibunda tercinta. Sa adiah atas segala perhatian kasih sayang doa restu serta pengorbanannya yang. tak terhingga dan kepada kakandaku tersayang Muhammad Rusdin dan juga. kepada adik adikku tercinta Lukmanul Hakim Lutfi Nurwahid Begitupula. kepada pihak keluarga yang senantiasa memberikan nasehat doa serta bantuan. dalam bentuk apapun semoga keikhlasannya dibalas Allah SWT. Ucapan rasa terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga nilainya juga. penulis sampaikan kepada, 1 Bapak Prof Dr H A Qadir Gassing HT M S selaku Rektor UIN Alauddin. Makassar beserta stafnya, 2 Dr dr H Rasjidin Abdullah MPH MH Kes selaku Dekan Fakultas Ilmu. Kesehatan beserta staf stafnya, 3 Sitti Saleha S Si T SKM M Keb Selaku Ketua Jurusan Kebidanan.
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Dan. juga selaku pembimbing yang senantiasa memberikan masukan dan. bimbingan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah, 4 Firdayanti S Si T M Keb Selaku penguji yang senantiasa memberikan. masukan dan bimbingan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini. 5 Drs Supardin M HI Selaku penguji agama yang senantiasa memberikan. masukan dan dukungan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini. 6 Kepada seluruh dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri. Alauddin Makassar yang telah memberikan bimbingan dan mendidik penulis. selama pendidikan, 7 Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah BALITBANGDA Provinsi. Sulawesi Selatan yang telah memberikan izin dan rekomendasi penelitian. kepada penulis, 8 dr H Leo Prawirihardjo Sp OG K M Kes MM Ph D selaku Direktur. RSKDIA Siti Fatimah Makassar beserta seluruh pegawai dan staf Rumah. Sakit yang telah memberikan izin kepada penulis melakukan penelitian. sehingga Karya Tulis Ilmiah ini dapat diselesaikan. 9 Kepada seluruh teman teman Prodi Kebidanan Angkatan 09 dan khususnya. sahabat dekatku yang telah memberikan dukungan dan saran hingga. penyelesaian Karya Tulis Ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik. Kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan motivasi materi. maupun non materi penulis ucapkan banyak terima kasih Semoga mendapat. limpahan rahmat dan selalu diberi perlindungan serta kesehatan oleh Allah. SWT Amin Ya Rabbal Alamiin,Makassar Agustus 2012,DAFTAR ISI. HALAMAN JUDUL,PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS ILMIAH i.
HALAMAN PERSETUJUAN KARYA TULIS ILMIAH ii,HALAMAN PENGESAHAN KARYA TULIS ILMIAH iii. KATA PENGANTAR iv,DAFTAR ISI vii,DAFTAR TABEL x,DAFTAR LAMPIRAN xi. ABSTRAK xii,BAB I PENDAHULUAN 1,A Latar Belakang 1. B Rumusan 5,C Tujuan Penelitian 5,D Manfaat Penelitian 6. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 7,A Tinjauan Umum Tentang Kehamilan 7.
1 Definisi Kehamilan 7,2 Tanda dan Gejala Kehamilan 8. B Tinjauan Umum Tentang Hiperemesis Gravidarum 10,1 Definisi Hiperemesis Gravidarum 10. 2 Etiologi Hiperemesis Gravidarum 11,3 Patofisiologi Hiperemesis Gravidarum 14. 4 Klasifikasi Hiperemesis Gravidarum 15,5 Bahaya Hiperemesis Gravidarum 16. 6 Faktor Predisposisi dan Faktor Lain yang Berhubungan. Kejadian Hiperemesis Gravidarum 17, C Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hiperemesis.
Gravidarum 18,2 Paritas 18,3 Pekerjaan 19, D Tinjauan Umum Tentang Hiperemesis Gravidarum Dalam. Pandangan Islam 20,BAB III KERANGKA KONSEP 27,A Dasar Pemikiran Variabel 27. B Skema Kerangka Konsep 28,C Definisi Operasional Dan Kriteria Objektif 29. BAB IV METODE PENELITIAN 30,A Jenis Penelitian 30,B Populasi dan Sampel 30. C Waktu dan Lokasi Penelitian 32,D Tekhnik Pengambilan Sampel 33.
E Variabel Penelitian 33,F Pengumpulan Data 33,G Pengolahan dan Analisa Data 34. H Penyajian Data 35,BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 36. A Hasil Penelitian 36,B Pembahasan 38,BAB VI PENUTUP 45. A Kesimpulan 45,B Saran 45,DAFTAR PUSTAKA,DAFTAR TABEL. No Tabel Halaman, Tabel 5 1 Distribusi Frekuensi Kejadian Hiperemesis Gravidarum Pada Ibu.
Hamil Trimester Pertama Di RSKDIA Siti Fatimah Makassar. Tahun 2012 36, Tabel 5 2 Distribusi Frekuensi Kejadian Hiperemesis Gravidarum Pada Ibu. Hamil Trimester Pertama Berdasarkan Umur Ibu Di RSKDIA Siti. Fatimah Makassar Tahun 2012 37, Tabel 5 3 Distribusi Frekuensi Kejadian Hiperemesis Gravidarum Pada Ibu. Hamil Trimester Pertama Berdasarkan Paritas Di RSKDIA Siti. Fatimah Makassar Tahun 2012 37, Tabel 5 4 Distribusi Frekuensi Kejadian Hiperemesis Gravidarum Pada Ibu. Hamil Trimester Pertama Berdasarkan Pekerjaan Di RSKDIA Siti. Fatimah Makassar Tahun 2012 38,Nama Nurnaningsih,Nim 704000090038. Judul Gambaran Faktor Faktor Kejadian Hiperemesis Gravidarum Pada. Ibu Hamil Trimester Pertama Di RSKDIA Siti Fatimah Makassar. Tahun 2012, Hiperemesis gravidarum adalah mual dan muntah hebat dalam masa.
kehamilan yang dapat menyebabkan kekurangan cairan penurunan berat badan. atau gangguan elektrolit sehingga mengganggu aktivitas sehari hari dan. membahayakan janin didalam kandungan, Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran faktor faktor kejadian. hiperemesis gravidarum pada ibu hamil trimester pertama. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu melihat gambaran faktor faktor. kejadian hiperemesis gravidarum pada ibu hamil trimester pertama di RSKDIA. Siti Fatimah Makassar Tahun 2012 dengan jumlah populasi 70 orang dan. mengalami hiperemesis gravidarum sebanyak 59 orang. Hasil penelitian didapatkan hiperemesis gravidarum paling banyak terjadi. pada umur 20 35 tahun wanita yang belum pernah mengalami persalinan dan. paling banyak terjadi pada riwayat pekerjaan tidak tetap. Kata kunci hiperemesis gravidarum paritas pekerjaan umur. Daftar pustaka 29 2002 2011,PENDAHULUAN,A Latar Belakang. Mual dan muntah merupakan hal yang umumnya terjadi dalam kehamilan. dan merupakan kondisi yang fisiologis yang wajar terjadi pada kehamilan. muda yang dialami oleh 50 80 wanita hamil Mual dan muntah jika. berlanjut menjadi semakin berat akan menyebabkan gangguan kehamilan yang. disebut hiperemesis gravidarum yang dialami oleh 1 dalam 1000 wanita hamil. yang dapat menyebabkan dehidrasi dan asidoketotik Jones 2002. Perkiraan terkini yang dikembangkan oleh World Health Organitation. WHO United Nation Information Children Education Found UNICEF dan. United Nation Population Found Asosiation UNPFA dari tingkat angka. kematian ibu AKI seluruh dunia menunjukkan bahwa 515 000 wanita. meninggal setiap tahun satu setiap menit karena komplikasi dari kehamilan. dan persalinan Dari kematian yang terjadi setiap tahun lebih dari setengah. yaitu 273 000 terjadi di Afrika sekitar 217 000 terjadi di Asia sekitar 22 000. terjadi di Amerika Latin dan Karibia 2 800 terjadi dinegara berkembang. Hanifah 2006, Pembangunan kesehatan di Indonesia dewasa ini masih diwarnai oleh. rawannya derajat kesehatan ibu dan anak terutama pada kelompok yang paling. rentan yaitu ibu hamil bersalin dan nifas serta bayi pada masa perinatal yang. ditandai dengan masih tingginya Angka Kematian Ibu AKI dan Angka. Kematian Perinatal AKP Hanifah 2006, Indonesia adalah negara yang memberikan kontribusi cukup tinggi. terhadap kejadian itu Menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia. 2002 2003 angka kematian ibu adalah 307 per100 000 kelahiran hidup Jika. dibandingkan dengan target yang ingin dicapai oleh pemerintah pada tahun. 2010 sebesar 125 100 000 kelahiran hidup angka tersebut masih tergolong. tinggi Penyebab kematian ibu terbesar 58 1 adalah perdarahan dan. Pada dasarnya MPS meminta perhatian pemerintah dan masyarakat di. setiap negara untuk menempatkan Safe Mother Hood MPS sebagai prioritas. utama dalam rencana pembangunan nasional dan internasional Intervensi. strategis dalam upaya Safe Mother Hood dinyatakan sebagai 4 pilas Safe. Mother Hood yaitu keluarga berencana persalinan yang aman pelayanan. obstetrik bila mungkin dan memastikan bahwa komplikasi dideteksi sedini. mungkin serta ditangani secara memadai Saifuddin A B 2002. Salah satu komplikasi sebagai akibat langsung kehamilan yaitu. hiperemesis gravidarum dimana komplikasi ini dapat dideteksi dan dicegah. pada masa kehamilan secara teratur Mochtar R 1998, Mual muntah terjadi pada 60 80 Primigravida dan 40 60 Multigravida.
Satu diantara 1000 kehamilan gejala gejala ini menjadi lebih berat Perasaan. mual ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon estrogen dan hCG human. chorionic gonadotrophin dalam serum Pengaruh fisiologis kenaikan hormon. ini belum jelas mungkin karena sistem saraf pusat atau pengosongan lambung. yang kurang Wiknjosastro 2007, Kehamilan merupakan suatu proses reproduksi yang perlu perawatan. khusus agar dapat berlangsung dengan baik demi tercapainya persalinan yang. aman dan melahirkan bayi yang sehat dengan harapan dapat menekan AKI dan. AKB Kehamilan dimulai dari ovulasi sampai partus yang lamanya sekitar 280. hari 40 minggu Ditinjau dari usia kehamilannya kehamilan dapat dibagi. dalam 3 bagian yaitu trimester 1 0 12 minggu trimester II 12 28 minggu. trimester III 28 40 minggu Dalam 3 trimester tersebut terjadi berbagai. perubahan dalam tubuh ibu Prawirohardjo 2005, Pada kehamilan selain terjadi perubahan fisiologis juga disertai perubahan. psikologis Menurut Prawihardjo 2008 selain faktor fisiologis psikologis. memegang peranan yang tak kalah penting dalam timbulnya hiperemesis. gravidarum, Hiperemesis gravidarum adalah kondisi yang berlebihan selama masa. hamil tidak seperti morning sickness yang biasa dan bisa menyebabkan. dehidrasi dan kelaparan penyebabnya tidak diketahui Faktor psikis bisa. memicu atau memperburuk muntah Berat badan penderita menurun dan terjadi. dehidrasi Dehidrasi bisa menyebabkan perubahan kadar elektrolit di dalam. darah sehingga darah menjadi terlalu asam Jika muntah terus terjadi bisa. terjadi kerusakan hati Komplikasi lainnya adalah perdarahan pada retina yang. disebabkan oleh meningkatnya tekanan darah ketika penderita muntah. Penderita dirawat dan mendapatkan cairan glukosa elektrolit serta vitamin. melalui infus Sulistyo 2011, Hiperemesis Gravidarum umumnya sembuh dengan sendirinya self. limiting tetapi penyembuhan berjalan lambat dan berkuang yang sering umum. terjadi Kondisi ini paling sering terjadi diantara wanita primigravida dan. cenderung terjadi lagi pada kehamilan berikutnya, Data yang diperoleh dari RSKDIA Siti Fatimah Makassar pada tahun 2010.
jumlah ibu hamil sebanyak 1008 orang dan yang terdiagnosa hiperemesis. sebanyak 21 orang pada tahun 2011 jumlah ibu hamil sebanyak 1030 orang. dan terdiagnosa hiperemesis sebanyak 60 orang dan pada 1 bulan terakhir pada. bulan Mei 2012 jumlah ibu hamil sebanyak 50 orang dan terdiagnosa. hiperemesis sebanyak 30 orang, Dalam pandangan Islam kehamilan merupakan anugerah sekaligus amanah. dari Allah SWT sehingga ibu hamil diwajibkan untuk menjaga kehamilannya. agar janin yang ada dalam kandungannya dapat tumbuh dan berkembang. dengan baik Abdurrahman 2005, Allah telah menjadikan anak sebagai perhiasan kehidupan dunia Allah. berfirman dalam Q S al Kahfi 18 46,Terjemahnya, Harta dan anak anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan. amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu. serta lebih baik untuk menjadi harapan, Dari ayat dapat disimpulkan bahwa anak perempuan merupakan perhiasan. hiperemesis gravidarum pada ibu hamil trimester pertama Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu melihat gambaran faktor faktor kejadian hiperemesis gravidarum pada ibu hamil trimester pertama di RSKDIA Siti Fatimah Makassar Tahun 2012 dengan jumlah populasi 70 orang dan mengalami hiperemesis gravidarum sebanyak 59 orang

Related Books