EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR PEMBELIAN BAHAN BAKU STUDI

Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pembelian Bahan Baku Studi-Free PDF

  • Date:28 Jun 2020
  • Views:5
  • Downloads:0
  • Pages:68
  • Size:2.45 MB

Share Pdf : Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pembelian Bahan Baku Studi

Download and Preview : Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pembelian Bahan Baku Studi


Report CopyRight/DMCA Form For : Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pembelian Bahan Baku Studi


Transcription:

MOTTO DAN PERSEMBAHAN, Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan tetapi orang. bodoh menghina hikmat dan didikan, Berbahagialah orang yang memiliki akal budi dan kepandaian. karena umur panjang ada di tangan kanannya dan di tangan. kirinya terdapat kekayaan dan kehormatan, Jangan pernah melihat ke belakang untuk menyesali kesalahan. tetapi belajarlah dari kesalahan untuk menentukan langkah. selanjutnya karena waktu akan selalu berjalan dan tidak akan. pernah menunggu kita, Jalan orang yang jujur diratakan oleh kebenarannya tetapi orang. yang tidak jujur akan jatuh karena kebohongannya,Penulis persembahkan kepada.
Bapak dan Ibu yang tanpa pamrih telah membesarkan dan mendidikku. sehingga menjadi manusia yang berakal budi dan berilmu. Kakak dan adikku Putri Ayu Pipit Bagus yang mengajarkan aku tentang arti. saling berbagi dan saling memiliki, Sahabat sahabat sejatiku Ririn Sade Tursina Vienella Nurul terima kasih. telah menjadi tempat menangis dan tertawaku, Seseorang yang memberikan cinta dan warna dalam setiap detik yang. berdetak seseorang yang selalu ada dalam bahagiaku dan selalu ada tuk. menopangku disaat aku terjatuh,Almamaterku,KATA PENGANTAR. Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan. segala kasih dan karunia Nya sehingga penulis dapat menyusun dan. menyelesaikan tugas akhir dengan judul Evaluasi Sistem dan Prosedur. Pembelian Bahan Baku Studi Kasus di Percetakan Surya Offset Jebres. Surakarta guna memenuhi syarat untuk memperoleh gelar Ahli Madya. Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penyusunan tugas akhir ini dapat berjalan lancar tidak lepas dari bimbingan. dukungan dan motivasi dari berbagai pihak Dengan segala kerendahan hati pada. kesempatan ini penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada. 1 Prof DR Bambang Sutopo M Com Ak selaku Dekan Fakultas Ekonomi. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2 Sri Murni SE Msi Ak selaku ketua program D3 Akuntansi Fakultas. Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 3 Putri Nugrahaningsih SE selaku dosen pembimbing yang dengan sabar.
dan keikhlasan memberikan pengarahan petunjuk dan masukan dalam. penulisan tugas akhir ini, 4 Ninuk Retnowati SE selaku dosen Pembimbing Akademik yang dengan. tulus telah membimbing penulis dari awal hingga akhir kuliah. 5 Percetakan Surya Offset yang telah membantu dan memberikan ijin dalam. melakukan penelitian serta memberikan informasi untuk penulisan tugas. 6 Orang tua dan keluargaku yang telah memberikan dukungan dan semangat. dalam menyelesaikan kuliah, 7 Temen temen seperjuanganku Ririn Tursina Sade Viennella Nurul. Inun Yazi Noer Dewix Septi Lina Partini Niken Nopex dan Dona. semua temen yang belum aku sebutkan terimakasih semuanya. 8 Mbak Nony thank you atas dukungan dan bantuannya dalam. menyelesaikan tugas akhir, 9 Yudis Makasih buat motivasi dukungan semangat dan cintanya. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Tugas Akhir ini masih jauh dari. sempurna Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis. harapkan untuk kesempurnaan Tugas Akhir ini Semoga Tugas Akhir ini dapat. berguna bagi pihak pihak yang membutuhkan,Surakarta 9 Juli 2009. DAFTAR ISI,HALAMAN JUDUL i,ABSTRAK ii,HALAMAN PERSETUJUAN iii.
HALAMAN PENGESAHAN iv,HALAMAN MOTTO v,KATA PENGANTAR vi. DAFTAR ISI viii,DAFTAR GAMBAR x,I PENDAHULUAN,A Gambaran Umum Perusahaan 1. B Latar Belakang Masalah 7,C Perumusan Masalah 10,D Tujuan Penelitian 10. E Manfaat Penelitian 10,II ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. A Pengertian Sistem dan Prosedur 12,B Pengertian Sistem Akuntansi 13.
C Pengertian Pengendalian Intern 15,D Sistem Pembelian Bahan Baku 17. E Sistem Pembelian Bahan Baku,Percetakan Surya Offset 23. 1 Bagian Yang Terkait 23,2 Dokumen Yang Digunakan 24. 3 Catatan Akuntansi Yang Digunakan 25,4 Jaringan Prosedur Yang Membentuk. Sistem Akuntansi Pembelian 25,5 Bagan Alir Yang Membentuk.
Sistem Pembelian Bahan Baku 27,F Evaluasi Sistem Pembelian Bahan Baku 32. G Prosedur dan Bagan Alir Pembelian Bahan Baku,Menurut Penulis 34. III TEMUAN,A KELEBIHAN 46,B KELEMAHAN 47,IV PENUTUP. A KESIMPULAN 48,B REKOMENDASI 49,DAFTAR PUSTAKA,DAFTAR GAMBAR. 1 1 Struktur Organisasi Percetakan Surya Offset 3, 1 2 Jaringan Prosedur Dalam Sistem Akuntansi Pembelian 19.
1 3 Bagan Alir Sistem Pembelian Bahan Baku Menurut Perusahaan 28. 1 4 Bagan Alir Sistem Pembelian Bahan Baku Menurut Penulis 38. PENDAHULUAN,A GAMBARAN UMUM,1 Sejarah Berdiri, Percetakan Surya Offset merupakan salah satu jenis perusahaan. perseorangan yang bergerak dalam bidang percetakan dimana pemilik. perusahaan sebagai pimpinan perusahaan Percetakan Surya Offset ini. didirikan sejak tahun 1995 oleh Bapak Hadi Sunaryo yang berlokasi di. jalan Tentara Pelajar Guasari RT 02 RW 27 Jebres Surakarta Dalam. menjalankan kegiatannya Percetakan Surya Offset memerlukan modal. agar usahanya dapat berjalan dengan lancar Untuk itu modal yang. digunakan dalam mendirikan Percetakan Surya Offset berasal dari modal. sendiri yaitu modal yang berasal dari pemilik perusahaan. Percetakan Surya Offset merupakan percetakan yang mengolah. bahan baku menjadi barang jadi mengolah kertas menjadi berbagai. macam produk sesuai dengan pesanan dari konsumen Jenis produk yang. dihasilkan oleh Percetakan Surya Offset antara lain. a cetak color separasi,b undangan,d cover buku,e kalender. f kartu nama,g stiker dan lain lain, Dalam memasarkan produknya Percetakan Surya Offset juga. melakukan promosi Menurut Alma 2001 293 promosi adalah. komunikasi yang memberikan informasi kepada konsumen mengenai. suatu produk yang dapat memenuhi keinginan konsumen dan mendorong. mereka untuk membeli Promosi yang dilakukan Percetakan Surya Offset. adalah sebagai berikut,1 Personal Selling, Personal Selling adalah penjualan yang dilakukan dengan tatap. muka langsung dengan konsumen Misalnya dengan para penjual di. 2 Sales Promotion, Promosi penjualan dengan memberikan diskon atau potongan.
harga kepada konsumen,3 Public Relation, Memberikan informasi ke publik tentang perusahaan dan hasil. produk yang dihasilkan Misalnya memberikan brosur ke masyarakat. memasang iklan di media masa,2 Struktur Organisasi. Stuktur organisasi adalah pembagian tanggung jawab secara. fungsional kepada unit unit organisasi yang dibentuk untuk melaksanakan. kegiatan pokok perusahaan Mulyadi 2001 165 Tujuan utama. pembentukan struktur organisasi adalah untuk mempermudah pekerjaan. atau pelaksanaan tugas dengan cara pembagian wewenang dan tanggung. Struktur organisasi Percetakan Surya Offset masih sederhana yaitu. berbentuk garis dimana setiap atasan mempunyai sejumlah karyawan. tertentu dan masing masing memberikan tanggungjawab kepada satu. orang atasan saja Soeprihanto dan Sumarni 1987 175 Berikut ini bagan. struktur organisasi Percetakan Surya Offset,Percetakan Surya Offset. Bagian Bagian Bagian Bagian,Administrasi dan Pemasaran Produksi Gudang. Bagian Bagian Bagian,Pra cetak Cetak Finishing,Gambar 1 1.
Struktur Organisasi Percetakan Surya Offset, Deskripsi jabatan Percetakan Surya Offset adalah sebagai berikut. 1 Pimpinan, a Bertugas sebagai pimpinan perusahaan yang bertanggung jawab. penuh atas kelancaran jalannya perusahaan mulai dari pembelian. bahan baku sampai proses produksi, b Mengambil keputusan atas segala masalah yang timbul dari dalam. lingkungan, c Memberikan otorisasi terhadap pelaksanaan kegiatan. d Mengawasi kegiatan produksi,2 Bagian Administrasi dan Keuangan.
a Membuat penawaran harga dengan konsumen,b Melakukan penagihan pembayaran kepada konsumen. c Membuat pembukuan atas pemasukan dan pengeluaran kas setiap. d Melakukan pembayaran tagihan atas pembelian barang keperluan. 3 Bagian Pemasaran, a Memperkenalkan Percetakan Surya Offset pada masyarakat. dengan cara memasang iklan di media masa memasang poster atau. baliho atau dengan perjanjian perjanjian dengan pihak luar. b Menentukan harga jual barang dagangan agar dapat bersaing. dengan para pesaing,c Mengirimkan barang yang dipesan oleh konsumen. 4 Bagian Produksi, a Bertanggung jawab atas semua hasil produksi percetakan. b Mengontrol atau mengawasi pelaksanaan produksi,c Memperbaiki mesin produksi apabila rusak.
Dalam bagian produksi terdiri dari empat bagian yaitu sebagai. 1 Bagian Pracetak,a Koreksi naskah,2 Bagian Cetak,a Plate making. 3 Bagian Finishing,a Pencetakan,b Penjilitan,c Pemotongan. d pengepakan,5 Bagian Gudang, a Menyimpan barang yang sudah selesai ke gudang dan. mengirimkan barang pesanan ke konsumen,b Mengajukan permintaan pembelian barang. c Bertanggung jawab atas keluar masuknya barang, Percetakan Surya Offset masih tergolong jenis usaha percetakan.
yang menengah percetakan ini mempunyai 15 karyawan yang terdiri dari. a Pimpinan 1 Orang,b Administrasi dan Keuangan 1 Orang. c Pemasaran 1 Orang,d Produksi 13 Orang yang terdiri dari. 1 Bagian Pra cetak 2 Orang,2 Bagian Cetak 8 Orang,3 Bagian Finishing 2 Orang. 4 Bagian Gudang 1 Orang,3 Tata Tertib Perusahaan, Karyawan di Percetakan Surya Offset mempunyai jam kerja yaitu. sebagai berikut,1 Hari Senin Sampai Jum at 08 00 WIB 16 00 WIB.
2 Hari Sabtu 08 00 WIB 13 00 WIB,3 Jam istirahat 12 00 WIB 13 00 WIB. Sistem penggajian karyawan Percetakan Surya Offset adalah. mingguan termasuk dengan bonus apabila lembur,4 Tujuan Perusahaan. Tujuan utama Percetakan Surya Offset adalah,a memperoleh laba semaksimal mungkin. Oleh karena itu produktivitas dan kualitas produk harus ditingkatkan agar dapat menghadapi persaingan global Perusahaan harus dapat mengadakan kegiatan produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar Dalam menjalankan kegiatan produksi harus ada bahan baku karena di dalam dunia usaha masalah bahan baku merupakan masalah yang sangat penting Agar

Related Books