DESAIN WEB MENGGUNAKAN HTML DAN JAVASCRIPT

Desain Web Menggunakan Html Dan Javascript-Free PDF

  • Date:02 Apr 2020
  • Views:59
  • Downloads:0
  • Pages:15
  • Size:495.03 KB

Share Pdf : Desain Web Menggunakan Html Dan Javascript

Download and Preview : Desain Web Menggunakan Html Dan Javascript


Report CopyRight/DMCA Form For : Desain Web Menggunakan Html Dan Javascript


Transcription:

Nurcahyo Budi Nugroho dan Badrul Anwar Desain Web Menggunakan. Hypertext Markup Language merupakan standard bahasa yang di gunakan untuk. menampilkan document web yang bisa anda lakukan,Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya. Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses. Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran transaksi secara. Menambahkan object object seperti image audio video dan juga java applet dalam document. Browser merupakan software yang di install di mesin client yang berfungsi untuk. menterjemahkan tag tag HTML menjadi halaman web Browser yang sering di gunakan biasanya. Internet Explorer Netscape Navigator dan masih banyak yang lainnya. Editor merupakan program yang di gunakan untuk membuat document HTML Ada. banyak HTML editor yang bisa anda gunakan diantaranya Ms FrontPage Dreamweaver Notepad. Cascading Style Sheet CSS adalah mekanisme sederhana style sheet yang mengijinkan. desiner dan user untuk menempatkan style misalnya huruf warna dan spasi ke dalam dokumen. JavaScript merupakan bahasa script yang dikembangkan oleh Netscape untuk membuat. dokumen yang dinamis VBScript menggunakan bahasa yang mirip dengan Visual Basic sedangkan. JavaScript menggunakan pola bahasa yang mirip dengan Java. B KONSEP MULTI TIER APPLICATION, Multi tier application adalah aplikasi yang dibagi menjadi beberapa bagian yang. menjalankan fungsi masing masing Secara umum ada tiga bagian utama dari multi tier application. Client side presentation,Server side business logic. Backend storage, Client Side Presentation mengatur bagaimana aplikasi berinteraksi dengan user Yang. dimaksud dengan interaksi antara lain adalah bagaimana data ditampilkan bagaimana fungsi dan. fitur aplikasi ditampilkan Dalam aplikasi berbasis web client side presentation dibuat dengan. bahasa HTML CSS dan JavaScript Beberapa tool yang digunakan untuk membuat client side. presentationdiantaranya Microsoft Frontpage Macromedia Dreamweaver dan sebagainya Client. side presentation berbasis web contohnya adalah tampilan aplikasi email yang kita buka dengan. Server Side Business Logic sering disebut juga middle tier adalah bagian yang. bertanggung jawab atas cara kerja aplikasi Di dalamnya kita mengatur bagaimana fungsi dan fitur. aplikasi dapat bekerja dengan baik Dalam aplikasi berbasis web ada beberapa alternatif yang dapat. digunakan ditentukan oleh jenis platiform yang digunakan. Back End Storage bagian ini mengatur cara penyimpanan data Penyimpanan data. merupakan materi yang cukup kompleks dalam pembangunan aplikasi Karena kecepatan. keutuhan dan keamanan data merupakan faktor kritis dalam aplikasi Ada banyak solusi database. yang tersedia di pasaran Pada umumnya database yang digunakan bertipe relasional Relational. Database Management System RDBMS Manajemen data dilakukan dengan bahasa SQL. Standard Query Language,Jurnal SAINTIKOM,Vol 4 No 1 Januari 2008.
Nurcahyo Budi Nugroho dan Badrul Anwar Desain Web Menggunakan. C PERBEDAAN WEB BASED PROGRAMMING DENGAN SISTEM PROGRAMMING. Pembuatan aplikasi berbasis web berbeda dengan pembuatan aplikasi berbasis windows. visual programming misalnya Visual Basic Delphi atau KDevelop Dalam visual programming. kita meningkatkan kecepatan dan kinerja aplikasi dengan mengoptimasi penggunaan memori. manajemen proses dan pengaturan Input Output Pada pemrograman berbasis web faktor yang. menentukan kinerja aplikasi adalah kecepatan akses database dan kecepatan akses jaringan dan. Perbedaan kedua adalah cara aplikasi berjalan Pada aplikasi visual aplikasi dibangun. dengan menggunakan tool tertentu kemudian dikompilasi Hasilnya dapat langsung digunakan. dalam komputer Aplikasi berbasis web tidak dapat dijalankan langsung di komputer Untuk. menjalankannya dibutuhkan engine tertentu dalam hal ini web server. D TEKNOLOGI ALTERNATIF, CGI Script dapat dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman misalnya Perl atau Phyton. Teknologi ini pernah sangat populer di masa awal berkembangnya web based application. Tetapi saat ini banyak ditinggalkan orang karena tidak efisien tidak fleksibel dan. keamanannya rendah, Proprietary API Teknologi ini adalah bahasa pemrograman yang disediakan masing. masing webserver misalnya ISAPI atau NSAPI Teknologi ini memiliki kelemahan yaitu. hanya dapat berjalan di webserver tertentu sehingga mengurangi portabilitas. JavaServlet JSP Teknologi server side Java Mempunyai banyak keunggulan dan. kemudahan pemrograman Tetapi karena murni berorientasi objek banyak programmer. pemula kesulitan menggunakannya Selain itu Java juga adalah bahasa pemrograman yang. relatif rumit bagi pemula Keunggulannya sangat portabel Dapat dipindahkan dengan. mudah dari Windows ke Unix dan sebaliknya, ColdFusion Bahasa pemrograman ini mirip dengan HTML menggunakan tag untuk. membentuk blok blok programnya, ASP Merupakan solusi server side programming dari Microsoft Teknologi ini banyak. digunakan oleh para programmer yang berlatar belakang Visual Basic Database. pasangannya adalah MS SQL Server ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang. merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang. dinamis ASP merupakan salah satu produk tekhnologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP diproses melalui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan. dikirimkan melalui browser ASP bekerja pada web server dan merupakan server side. scripting Berbeda dengan VBScript yang bekerja pada client atau disebut juga client side. PHP banyak digunakan oleh programmer berlatar belakang C C karena kemiripan. syntaxnya Open source karenanya gratis dan bebas Database pasangannya biasanya. MySQL dijalankan bersama webserver Apache di atas operating system Linux Semuanya. gratis dan bebas,Jurnal SAINTIKOM,Vol 4 No 1 Januari 2008.
Nurcahyo Budi Nugroho dan Badrul Anwar Desain Web Menggunakan. Model 1 client server architecture Static HTML pages. Model 2 client server architecture CGI Scripts, Model 3 client server architecture Server side scripting technologies. Tabel 1 Perintah perintah Dasar HTML,Tag Fungsi Tag Lokasi Tag. html html Diawal code dan diakir Start dan Stop,head head Letakkan title dan title disekitarnya. title title Letakkan Judul Teks disekitarnya, body body Setelah metelakkan title dan head telakkan. body dan body,Jurnal SAINTIKOM,Vol 4 No 1 Januari 2008.
Nurcahyo Budi Nugroho dan Badrul Anwar Desain Web Menggunakan. Contoh first html,TITLE First HTML Document TITLE,Belajar Web Desain. Atau pengetikannya bisa juga di buat dalam 1 baris atau lebih. HTML HEAD TITLE First HTML Document TITLE HEAD,BODY Belajar Web Desain BODY HTML. Tag Fungsi Tag Lokasi Tag,h1 h1 Membuat tulisan dengan format header. b b Tulisan Bold,i i Tulisan Italic,p p Tulisan Paragrap break. br Membuat Baris Baru Break,hr Membuat Garis Horizontal.
a a Membuat hyperteks link,img Meletakkan gambar, Format Image Ada banyak format image tapi ada tiga jenis format yang paling sering digunakan. 1 GIF Graphical Interchange Format GIF,2 JPEG Joint Photographic Expert Image JPG. 3 PNG Portable Network Graphics PNG,Contoh first new html. TITLE First HTML Document TITLE,BODY bgcolor 00AAFF. H1 Belajar Web Desain H1,Tulisan B Tebal B dan I Miring I.
P U Paragraph Baru U,P Klik A HREF www yahoo com disini A BR. IMG SRC logo gif ALT Gambar Logo,Jurnal SAINTIKOM,Vol 4 No 1 Januari 2008. Nurcahyo Budi Nugroho dan Badrul Anwar Desain Web Menggunakan. Tabel 3 Perintah perintah HTML Lanjutan,Tag Fungsi Tag Lokasi Tag. table Memulai tabel dengan tebal border garis 1 dan. border 1 mengakhiri table,th th Membuat baris header pada table. tr tr Membuat baris pada table tr table row,td tr Membuat kolom sel td table cell.
td colspan 2 Menggabungkan merge 2 kolom,td rowspan 2 Menggabungkan merge 2 baris. width dan height Lebar dan Tinggi sel atau tabel satuan atau px. Contoh tabel html,TABLE border 1 width 300,TH Nama Barang TH. TH Harga TH,TD Komputer TD,TD align right 1000000 TD. TD Printer TD,TD align right 500000 TD,TD colspan 2 align center Total 1500000 TD. 1 Menampilkan Daftar Item List,Tag UL dan OL, Suatu cara pemformatan lain yang akan sangat banyak berguna adalah LIST daftar Ada dua.
macam daftar yaitu, ORDERED Lists OL yaitu daftar item dengan nomor urut. UNORDERED Lists UL yaitu daftar item yang tidak diberi nomor. Tag LI untuk daftar item,Contoh daftar html,TITLE Contoh Pemakaian Tag UL OL dan LI TITLE. Jurnal SAINTIKOM,Vol 4 No 1 Januari 2008, Nurcahyo Budi Nugroho dan Badrul Anwar Desain Web Menggunakan. H3 Daftar Jurusan tanpa nomor urut H3,LI Sistem Informasi. LI Teknik Informatika,LI Manajemen Informatika,H3 Daftar Jurusan dengan nomor urut angka H3.
LI Sistem Informasi,LI Teknik Informatika,LI Manajemen Informatika. H3 Daftar Jurusan dengan nomor urut huruf H3,LI Sistem Informasi. LI Teknik Informatika,LI Manajemen Informatika,2 Pengaturan Teks. Penggunaan PRE untuk menampilkan teks apa adanya,Contoh praformat html. HEAD TITLE Praformat TITLE HEAD,U URUTAN LEVEL U,Logical Format.
Logical format akan menerapkan layout dokumen secara logis dan terstruktur Tag tag yang. termasuk logical format adalah sebagai berikut,Tabel 4 Perintah perintah HTML Lanjutan. Tag Fungsi Tag,CITE menandai suatu kutipan Citation. CODE menampilkan kode program seperti bahasa C, EM menandai suatu teks yang ditekankan oleh penulis. Jurnal SAINTIKOM,Vol 4 No 1 Januari 2008, Nurcahyo Budi Nugroho dan Badrul Anwar Desain Web Menggunakan. KBD menandai suatu teks yang harus dimasukkan oleh user. melalui keyboard, SAMP menandai suatu teks yang dimaksudkan sebagai contoh.
STRONG menandai bagian yang terpenting dari suatu teks. VAR menampilkan nama variabel, DFN menandai sebuah subdefinisidari daftar definisi. Semua tag tersebut memerlukan tag penutupnya masing masing. Contoh logikal format html,TITLE Logical Format TITLE. P CITE Tom Sawyer CITE adalah salah satu tokoh penting. P Kode bahasa C adalah CODE puts Hello World CODE,P Ia berkata Sekali tidak tetap EM tidak EM. P Untuk berpindah ke direktor root ketikkan KBD cd KBD. P Pada abjad terdapat 5 huruf vokal yaitu SAMP AEIUO SAMP. P Hal yang harus diingat adalah STRONG Jangan Panik STRONG. P Kode program tersebut diiterasi sebanyak VAR N VAR kali. P DFN Trenggiling adalah hewan pemakan semut DFN,3 Elemen Form. Tag nya form dan diakhiri dengan form,Attribut Fungsi Atribut.
action Valuenya bisa URL atau mailto,cth action del php atau. action mailto tgd gmail com, enctype Bentuk data yang dikirim Kita hanya akan membahas. enctype text plain selain itu multipart form data,method Valuenya get dan post. get metode pengiriman melalui URL,post metode pengiriman melalui field form. name Nama form, Element Filed Form Tag input dan tidak diakhiri oleh.
Tabel 6 Perintah perintah HTML Lanjutan,Attribute input Fungsi Atribut. type button Menyediakan programmer untuk membuat event. Jurnal SAINTIKOM,Vol 4 No 1 Januari 2008, Nurcahyo Budi Nugroho dan Badrul Anwar Desain Web Menggunakan. seperti OnClick dll,type checkbox Memilih satu atau lebih pilihan. type hidden Memberikan data text yang di sembunyikan. type password Memasukkan data karakter tetapi yang ditampilkan. hanya asterisk, type radio Memilih satu pilihan dari beberapa pilihan. type reset Mengembalikan semua nilai field ke awal. type submit Proses elemen form untuk melakukan action. type text Memasukkan data karakter,Contoh form1 html.
FORM action method get,Nama INPUT type text name nama BR. Sandi INPUT type password name sandi BR,Jenis Kelamin. INPUT type radio name jkel value Pria Pria,INPUT type radio name jkel value Wanita Wanita BR. SELECT name Agama,OPTION Islam OPTION,OPTION Protestan OPTION OPTION Katolik OPTION. OPTION Budha OPTION OPTION Hindu OPTION,INPUT type checkbox name nonton Nonton BR.
INPUT type checkbox name baca Membaca BR,INPUT type checkbox name musik Musik BR. INPUT type submit name Submit value OK,INPUT type reset name Submit2 value Cancel. Digunakan untuk mengatur jenis ukuran dan warna font. Face untuk jenis Font,Size untuk ukuran Font,Color untuk warna. Contoh font1 html,TITLE Jenis Font TITLE HEAD,Normal 012345ABCD BR. FONT COLOR blue FACE Arial,Arial 012345ABCD FONT BR.
FONT COLOR green FACE Courier SIZE 5,Courier 012345ABCD FONT. Jurnal SAINTIKOM,Vol 4 No 1 Januari 2008, Nurcahyo Budi Nugroho dan Badrul Anwar Desain Web Menggunakan. 4 Penggunaan Tag Meta, Ditempatkan dalam bagian header dan biasanya diletakkan setelah TITLE Digunakan. untuk menyimpan sejumlah informasi, 1 Jika anda membuat dokumen HTML melalui EditPlus akan muncul tag meta sebagai berikut. META NAME Generator CONTENT EditPlus, 2 Agar halaman web yang dibuat disertakan ketika mesin pencari web mbah Google melakukan.
pencarian gunakan atribut keywords semakin banyak keywords yang dimasukkan akan. semakin besar halaman web disebutkan dalam hasil pencarian. META NAME Keywords CONTENT html web,3 Mengarahkan ke halaman lain. Contoh pindah html,TITLE Pengalihan Halaman TITLE,META HTTP EQUIV REFRESH CONTENT 5 URL baru html. H2 Halaman web kami sudah dipindah H2, Anda akan dipindahkan ke halaman tersebut dalam waktu 5 detik. Aplikasi berbasis web tidak dapat dijalankan langsung di komputer Untuk menjalankannya dibutuhkan engine tertentu dalam hal ini web server D TEKNOLOGI ALTERNATIF CGI Script dapat dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman misalnya Perl atau Phyton Teknologi ini pernah sangat populer di masa awal berkembangnya web based application

Related Books