Contoh Soal dan Jawaban Tes Intelegensi Umum TIU

Contoh Soal Dan Jawaban Tes Intelegensi Umum Tiu-Free PDF

  • Date:28 May 2020
  • Views:267
  • Downloads:10
  • Pages:21
  • Size:344.66 KB

Share Pdf : Contoh Soal Dan Jawaban Tes Intelegensi Umum Tiu

Download and Preview : Contoh Soal Dan Jawaban Tes Intelegensi Umum Tiu


Report CopyRight/DMCA Form For : Contoh Soal Dan Jawaban Tes Intelegensi Umum Tiu


Transcription:

29 Galat Keliru,30 Gasal ganjil,31 Genjah Cepat berbuah. 32 Hayati hidup,33 Hibrida bibit unggul,34 Hukuman denda. 35 Identitas ciri ciri,36 Insinuasi sindiran,37 Insomnia tak bisa tidur. 38 Interpelasi hak bertanya,39 Iterasi perulangan,40 Izin biar. 41 Kampiun Juara,42 Kleptofobia takut kecurian,43 Kolusi kongkalikong.
44 Kontras perbedaan nyata,45 Konvensi kesepakatan. 46 Koordinator ketua,47 Latif indah,48 Liga perserikatan. 49 Mobilitas gerak,50 Mukjizat karamah,51 Negosiasi perundingan. 52 Nuansa perbedaan makna,53 Otodidak maju dengan belajar sendiri. 54 Porto biaya,55 Promosi Kenaikan pangkat,56 Proteksi perlindungan.
57 Promovendus calon doktor,58 Provokasi pancingan. 59 Rabat potongan,60 Registrasi pendaftaran,61 Residu sisa. 62 Serebrum otak besar,63 Sine Qua Non harus ada,64 Tangkal cegah. 65 Tuna Grahita cacat mental,66 Virtual nyata,67 Zenit puncak. sebagian sinonim bisa di cek di KBBI biasanya di arti kata ada clue clue gitu. ga punya KBBI santai aja ada KBBI ONLINE,Antonim lawan kata.
1 Abadi fana,2 Absurd masuk akal,3 Amal mal,4 Amatir kampiun. 5 Anggara jinak,6 Antipati simpati,7 Apriori aposteriori. 8 Asli duplikat,9 Bukit lembah,10 Bulat oval,11 Canggih sederhana. 12 Cucu kakek,13 Curang sportif,14 Deduksi Induksi. 15 Ekletik tidak pilih pilih,16 Ekspresi impresi,17 Elastis kaku.
18 Fonem Morfem,19 Gegai kuat,20 Ibu anak,21 Kebijakan kecerobohan. 22 Khas umum,23 Konkaf cekung konveks cembung,24 Konklusif proposisi. 25 Legislatif Eksekutif,26 Longgar sempit,27 Makar jujur. 28 Mandiri bergantung,29 Monoton berubah ubah,30 Muskil mungkin. 31 Nomadik Menetap,32 Pasti spekulasi,33 Perintis pewaris.
34 Pertemuan perpisahan,35 Prominen biasa,36 Rawan aman. 37 Sekarang esok,38 Sekuler keagamaan,39 Sporadis kerap. 40 Takzim acuh,41 Teks konteks,42 Tetiran asli,43 Tinggi rendah. 44 Universal parsial,45 Vokal konsonan, antonim juga bisa di cek di KBBI ONLINE tinggal liat aja artinya apa trus cari lawan kata yg cocok. Analogi padanan hubungan kata,1 adagio allegro antonim.
o Lambat Cepat,2 Air Es air didinginkan jadi es,o Uap Air uap didinginkan jadi air. 3 Air Haus kalo haus minum air,o Makanan Lapar,4 Air Menguap air dipanaskan akan menguap. o Es Mencair,5 Apoteker Obat apoteker meracik obat. o Koki Masakan koki meracik masakan, 6 Bangsa Ethnologi ilmu yang mempelajari bangsa ethnologi. o Penyakit Patologi,o Ramalan astrologi,7 Belajar Pandai belajar agar pandai.
o Berpikir arif berpikir agar arif, 8 Bunga Buket kumpulan bunga yg dirakit jadi satu namanya buket. o kertas buku,9 Bunga taman bunga ada di taman,o Dosen universitas. 10 Burung terbang udara burung dapat terbang di udara. o Ikan berenang air,11 Busur Garis busur bengkok garis lurus. o Busur Panah,12 Desibel suara satuan suara itu desibel. o Volt Listrik satuan listrik itu volt, 13 Gelombang Ombak Gelombang kalo kecil namanya ombak.
o Gunung Bukit gunung kalo kecil namanya bukit,14 Gundul Rambut Gundul karena tidak punya rambut. o Bugil Pakaian,15 Janji Bukti janji harus disertai bukti. o Ucapan Tindakan ucapan harus disertai tindakan,16 Kaka Tua Merpati sama2 burung. o Gurame kakap sama2 ikan,17 Kampung Sawah dikampung banyak sawah. o kota gedung dikota banyak gedung, 18 Kendaraan Mobil mobil adalah salah satu jenis kendaraan.
o Orang Pemuda,19 Koran Makalah Buletin sama2 media cetak. o Bus Kereta Api Delman,20 Kosong Hampa sinonim,o Cair encer. 21 Kulit sisi,o atap genteng,22 Laba Penjualan,o Keberanian Kemenangan. 23 Lampu Gelap tidak ada lampu maka gelap,o makanan lapar. 24 Macan Belang macan memiliki belang,o Gajah Gading.
25 Marah cemburu marah karena terlalu cemburu,o Tidak toleransi fanatik. 26 Mata telinga,o Lidah Hidung,27 Matahari bumi matahari dikelilingi bumi. o bumi bulan,28 Matahari terang ada matahari jadi terang. o Api Panas ada api jadi panas,29 Merah Mawar merah adalah warna bunga mawar. o Putih Melati,30 Mulut Monyong mulut monyong itu kurang indah.
o Hidung pesek,31 Pedas cabai cabai rasanya pedas,o Manis sakarin. 32 Penghormatan jasa berjasa akan diberi penghormatan. o Insentif prestasi, 33 Pelukis gambar hasil karya pelukis adalah gambar. o komponis lagu, 34 Petunjuk Afirmasi diberi petunjuk saja tidak cukup harus di beri afirmasi. o Didenda ditahan,35 Pilot Pesawat,o Supir Mobil,36 Presiden negara presiden memimpin negara. o ayah keluarga,37 Rumput Lapangan rumput ada di lapangan.
o bintang langit, 38 Sarung tangan Petinju Petinju menggunakan sarung tangan saat bekerja. o Mikroskop Bakteriolog,39 Seminar sarjana,o Perpustakaan Peneliti. 40 Serut Kayu serut adalah alat yang digunakan untuk kayu. o cangkul kebun,41 Siswa belajar tugas utama siswa belajar. o ilmuwan meneliti tugas utama ilmuwan meneliti,42 Suap Politik dalam politik dilarang suap. o Contok Ujian,43 Sungai Jembatan melewati sungai cari jembatan.
o Masalah jalan keluar melewati masalah cari jalan keluar. 44 Susu Gelas susu wadahnya gelas,o bubur piring,45 Tajam Tumpul antonim. o Dekat Jauh,46 Tape ragi,o antiseptik iodium,47 Teluk Laut. o Semenanjung daratan, 48 Tembakau Rokok Isap tembakau bahan baku rokok rokok diisap. o Gandum Roti Makan,49 Tiang Kokoh tiang yang bagus adalah yang kokoh. o Atap terlindung,50 Tubuh Pakaian tubuh dilindungi dg pakaian.
o Buku Sampul, 51 Tukang gergaji palu tukang menggunakan gergaji dan palu saat kerja. o Montir obeng tang,52 Tuntunan santunan,o Permintaan Pemberian. 53 Uang Pundi pundi,o air tempayan,54 Ulat kepompong kupu2 siklus hidup kupu2. o bayi kanak2 remaja,55 Umum Lazim sinonim,o Langsing ramping. Tips dan Trik,1 Tes Persamaan Kata Sinonim, o jangan pilih kata yang punya bunyi mirip dengan soal karena sebagian besar itu salah ga semua ya.
sebagian besar hehe,o misal soalnya APORISMA, o pilihan gandanya a APRIORI b Maksimal c Bentuk d pendekatan e PRIMA. o nah jawaban A dan E ini kan mirip ama soalnya jadi mending pilih antara C D dan E. 2 Tes Lawan Kata Antonim, o amati pilihan jawabannya cari jawaban yang berlawanan jawaban sering berada pada salah satu dari. dua kata yang berlawanan tersebut, Contoh Khas a khusus b wabil khusus c inklusif d ekslusif e umum. o Untuk kata kata latin ilmiah utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal. Konkaf a konveks b optik c lensa d cekung d konveksi. Antipati a melawan b setuju c lekas mati d simpati e bertahan hidup. o hati2 diingat2 bahwa yang kamu kerjain itu antonim bukan sinonim soalnya kebanyakan peserta. tergesa2 trus kan pertanyaan sinonim ama antonim deketan jadi peserta masih mikir ngerjain soal. 3 Tes Padanan Hubungan Kata Analogi, o temukan kata kunci hubungan khusus dari kata yang diberikan. o semakin khusus hubungan maka semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai. o kalo udah nemuin hubungan tapi masih bingung coba buat jadi kalimat. o hubungan harus punya urutan yang searah tidak di bolak balik. misal Kaki Sepatu kaki memakai sepatu kalo ada jawaban anting telinga berarti salah. karena anting tidak memakai telinga kalo ada jawaban telinga anting baru betul. Kemampuan Numerik,Tes Pola Bilangan,1 9 5 1 2 10 6 2 3 11 7.
o 3 dapet darimana loncat 4 4,o jadi 9 10 11 trus 5 6 7 trus 1 2 3. 2 13 14 13 14 11 12 11 12 15 16 15 16 13,o 14 13 14. o dapet darimana polanya bagi jadi 4 4,o 13 14 13 14 11 12 11 12 15 16 15 16 13. o nah ketauan kan angka kedua itu ditambahin satu dari angka pertama. o kalo angka ke 3 dan 4 copyan dari angka ke 1 dan 2. 3 11 19 10 20 9 21 8,o dapet darimana loncat 2 2,o 11 10 9 8 7 dan 19 20 21 22. 4 5 6 7 8 10 11 14,o polanya loncat 2 2, o 5 7 10 14 ditambah 2 tambah 3 tambah 4 tambah 5 dst.
o 6 8 11 sama kayak diatas,o jawabannya 15 19,5 2 5 6 7 10 9 14. o polanya loncat 2 2,o 5 7 9 dan 2 6 10 14, o deret pertama selalu ditambah 2 deret ke dua selalu ditambah dengan 4. o jawabannya 3,6 42 13 19 49 19 19 56 25 19,o polanya loncat 3 3 nih. o 42 49 56 selalu ditambah dengan 7,o 13 19 25 selalu ditambah dengan 6. o 19 19 19 tidak berubah,o jawabannya 63 31,7 12 9 9 8 6 7.
o loncat 2 2 ada dua pola,o 12 9 6 selalu dikurangi 3. o 9 8 7 selalu dikurangi 1,o jawabannya 3 6,8 G H I M N J K L M N. o hehe saya susah kalo ngeliat huruf jadi saya pindah dulu dari huruf ke angka. o 7 8 9 13 14 10 11 12 13 14,o udah keliatan kan polanya. o jadi jawabannya 13 14 yang berarti huruf M N,9 A B C C D E F F F G H I I I. o bingung hehehe coba kita warnain,o ABCCDEFFFGHIII.
o urutan selanjutnya berarti I J K L L L L L,10 A B D B B D C B D D B D. o dicoba dulu baru liat jawabannya,o A B D B B D C B D D B D. o urutan selanjutnya berarti E B D F B D,11 C F E D G H I L K J M N O. o coba kita warnanin,o C F E D G H I L K J M N O, o yang merah urutannya normal yang item dibalik jadi jawabannya A B. 12 81 64 72 56 54 40 45 32 36,o loncat 2 2,o 81 72 54 45 36 selalu dikurangi 9.
o 64 56 40 32 selalu dikurangi 8,o jadi jawabannya 63 48. 13 1 3 7 15,o perhatikan,o 15 16 31,o 31 32 63,14 9 9 9 6 9 3. o loncat 2 2,o 9 9 9 selalu 9,o 9 6 3 selalu dikurangi 3. o jawabannya 9 0,15 12 13 22 27, o lihat ada 5 kali operasi dari angka pertama hingga menghasilkan angka terakhir. o operasi pertama ditambah 1,o operasi ke lima ditambah 5.
o berarti 13 2 15 15 3 18 18 4 22,16 2 10 4 8 8 4,o loncat 2 2. o 2 4 8 selalu ditambah 2,o 10 8 4 selalu dikurangi 2. o jadi jawabannya 6 6,17 34 35 39 40 44 45,o loncat 2 2. o 35 40 45 selalu ditambah 5,o 34 39 44 selalu ditambah 5. o jadi jawabannya 30,18 11 4 22 9 14 44 19 55,o loncat 2 2.
o 11 22 44 55 selalu ditambah 11,o 4 9 14 19 selalu ditambah 5. o jadi jawabannya 33,19 5 8 16 41 82 85,o loncat 2 2. o 5 16 82 selalu dikali 2 kemudian ditambah 6,o 8 41 85 selalu dikali 2 ditambah 3. o jadi jawabannya 19 38,20 2 3 6 7 14 15,o loncat 2 2. o 2 6 14 selalu ditambah bilangan genap setelah angka tersebut. o 3 7 15 selalu dikali 2 kemudian ditambah 1,o jadi jawabannya 30 31.
21 92 88 84 80 76,o selalu dikurangi 4,o jawaban 72 68. 22 3 7 16 35 74, o dikali 2 ditambah 1 dikali 2 ditambah 2 dikali 2 ditambah 3 dst. o jawaban 153 312,23 2 3 5 7,o hayoo bingung ya ini bilangan prima. o jawaban 11 13,24 4 7 4 7 10 7 10,o loncat 2 2,o 4 4 10 10. o jawaban 7 16,25 1 2 4 5 25 26, o polanya tambahkan 1 tulis angkanya kuadratkan untuk angka selanjutnya.
o jawaban 676 677,26 1 2 6 24 120,o polanya kalikan 1 kalikan 2 kalikan 3 dst. o jawaban 720,27 1 2 4 8 16,o polanya kalikan dengan 2. o jawaban 32 64,28 12 13 15 18,o pola tambahkan 1 tambahkan 2 tambahkan 3 dst. o jawaban 22 27,29 2 10 4 8 6 6,o loncat 2 2,o jawaban 8 4. 30 81 64 72 56 63 48 54 40 45,o loncat 2 2,o 81 72 63 54 45.
o 64 56 48 40,o jawaban 32 36,31 4 4 8 4 16 4,o loncat 2 2. o jawaban 32 4,32 18 10 20 12 24 16,o loncat 2 2,o 18 20 24. o 10 12 16,o jawaban 32 24,33 0 1 2 4 1 2 1 1 2 9 2 1 2. o loncat 2 2,o 13 1 2 3 1 2,Tes Hitungan Biasa Aritmatika. 1 1 2 3 4 5 29,o bisa di kerjain pake 2 cara,o kelompokkan.
1 29 2 28 14 16 15 30 14 15 435,penjumlahan bilangan asli N x N 1. 29 2 29 1 435,2 1 2 3 4 5 9,o nah pake itungan biasa aja lebih simpel. 1 4 9 16 25 36 49 64 81,1 49 4 36 9 81 16 64 25 285. 3 Jika a 5 dan b 2 maka nilai dari a 3a b 3ab b, o nah berdasarkan rumus yg ada di tips n trik itu sama aja kayak a b 3. o jadi jawabannya 5 2 3 27, o 997 capek kan itungnya buletin aja jadi 1000 nah berarti jawabannya yg.
mendekati 1jt trus angka terakhirnya 9 kenapa 9 997 7 kuadrat kan 49. o kalo ga yakin trus pengen jawaban pastinya anak stis bgt yak ubah. 1000 3 1jt 6rb 9 994 009,5 Jika Y dari 80 adalah 32 maka nilai Y. o Y 100 80 32,7 berapakah nilai dari akar 61, o hehe kalo kayak gini cari aja yg mendekati bilangan kuadrat yg mendekati. adalah 64 yaitu 8 kuadrat berarti 8 kurang dikit cari aja di pilihan. 8 Jika x y 100 dan x y 1 4 maka nilai x y,ox y 1 4 y 4x. o x y 100 x 4x 100 x 20 y 80,9 12 adalah 150 dari,o bikin aja 150 100 x 12. 10 berapakah 6 7 dari 87 5,o 6 7 7 8 6 8 0 75,11 15 adalah 37 5 dari.
o 3 8 x 15,12 3 itu berapa persennya 20,o 3 20 100 15. 13 p 2 dan q 3 lalu r p 2pq q berapa pqr,o r p q 25. o pqr 2 3 25 150,14 4 036 0 04 100 9,15 Jika x 1 16 dan y 16 maka. o 1 16 0 0625 16 0 16,16 1 4 3 5 adalah,17 Jika a 2 dan b 2 X a b dan y b a maka. 18 Jika x rupiah dibagi merata kepaa n orang Setiap orang akan memperoleh. bagian Rp 60 000 Jika seorang lain bergabung pada kelompok diatas dan. Contoh Soal dan Jawaban Tes Intelegensi Umum TIU Berikut adalah contoh soal beserta jawaban dan pembahasannya yang saya kumpulkan dari berbagai sumber hehe jika ada kesalahan mohon koreksinya saya juga sedang belajar semoga bisa lolos dan jadi PNS yang baik ehehehe Kemampuan Verbal Sinonim Persamaan Kata 1 Akurat saksama 2

Related Books