BAB III NILAI NILAI SOSIAL DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN

Bab Iii Nilai Nilai Sosial Dalam Buku Ajar Pendidikan-Free PDF

  • Date:24 Feb 2020
  • Views:36
  • Downloads:0
  • Pages:14
  • Size:396.63 KB

Share Pdf : Bab Iii Nilai Nilai Sosial Dalam Buku Ajar Pendidikan

Download and Preview : Bab Iii Nilai Nilai Sosial Dalam Buku Ajar Pendidikan


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Iii Nilai Nilai Sosial Dalam Buku Ajar Pendidikan


Transcription:

melalui situs internet website Jaringan Pendidikan Nasional Buku buku teks. pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Kementrian Pendidikan. Nasional ini dapat diunduh download digandakan dicetak dialihmediakan. atau difotokopi oleh masyarakat 2 Dengan begitu buku ajar yang diterbitkan. kementrian pendidikan nasional dapat dimanfaatkan oleh siswa guru bahkan. masyarakat luas, Menurut penulis buku ajar tersebut bahwa buku ini disusun dengan tujuan. turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa mengembangkan potensi. peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan. menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab Untuk mengasah. tingkat kognitif afektif serta psikomotrik siswa buku ini juga dilengkapi dengan. soal soal evaluasi sehingga kreatifitas dan kecermatan anak didik menjadi. berkembang 3, Buku ini juga memuat beberapa dalil naqli seperti ayat Al Quran dan. Hadis untuk menekankan pembahasan per babnya Pertama Pada bab II tentang. sifat sifat Allah terdapat 15 ayat al Quran 13 ayat al Quran yang berkaitan. dengan sifat sifat Allah 1 ayat al Quran yang berisi mengenai tanda adanya. Allah sedang pemahasan sub bab mengenai perilaku yang mencerminkan. keyakinan terhadap sifat Allah tidak diikuti dengan dalil naqli Kedua pada bab. Ibid h iii, III tentang Asmaul husna terdapat 12 ayat al Quran yang menyebutkan 10 asmaul. husna sedang sub bab mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul husna dalam. lingkungan tidak diikuti dengan dalil naqli Ketiga pada bab IV tentang perilaku. terpuji tawadhu taat qanaah dan sabar yang ditekankan dengan beberapa ayat. al Quran dan Hadits Keempat pada bab VIII mengenai shalat jamaah dan shalat. munfarid yang terdapat beberapa ayat al Quran dan Hadis sedang pembahasan. hikmah shalat berjamaah tidak diikuti dengan dalil naqli Kelima pada bab IX. tentang sejarah Nabi Muhammad saw yang terdapat beberapa ayat al Quran. Keenam pada bab XII tentang perilaku terpuji kerja jeras tekun ulet dan teliti. yang terdapat beberapa ayat Al Quran dan Hadits Ketujuh pada bab XV tentang. misi dakwah Nabi Muhammad Saw yang diikuti bebrapa ayat Al Quran dan. Hadis Jadi dapat disimpulkan hampir semua bab bab tersebut memuat dalil naqli. hanya saja terdapat beberapa bab yang titik tekannya kurang menyentuh nilai. nilai sosialnya, Nilai nilai sosial memang selayaknya bukanlah sebatas pengetahuan atau. bersifat kognitif saja tapi bagaimana peserta didik terbiasa mengaplikasikan. dalam kehidupan sehari hari Dalil naqli pada bab bab ayat Al Quran diharapakan. menjadi titik tekan dalam pembahasan nilai nilai sosial Sehingga nilai nilai sosial. yang diajarkan memuat bukti atau bersumber dari ayat al Quran dan Hadis. B Nilai nilai Sosial dalam Buku Ajar PAI Kelas VII SMP Terbitan Pusat. Kurikulum dan Perbukuan Kemendiknas, Dalam muatan materi terbitan kementrian pendidikan nasional ini banyak.
dipakai pada satuan pendidikan yang telah menyesuaikan dan menerapkan materi. keagamaan dan ajaran ajaran materi dan ajaran islam dalam kehidupan sehari. hari Hal ini sangat penting dilakukan karena nilai nilai sosial sangat peting untuk. mengembangkan kepribadian siswa dalam tataran masyarakat Terlebih siswa. siswi merupakan generasi penerus yang membutuhkan bekal rohani dalam. mengahadapi kehidupan yang penuh dengan pemasalahan sosial. Berikut muatan materi yang tersusun dalam buku ajar pendidikan agama. islam kelas VII SMP ini Jika dilihat dari muatan materi nilai nilai sosial pada. buku ajar kelas VII SMP ini maka secara umum terdapat adanya muatan nilai. nilai sosial diantaranya, 1 Bab II Pada pembahasan mengenai sifat sifat Allah Dalam penjelasan sub. bab tentang perilaku yang menunjukkan cerminan keyakinan terhadap sifat. sifat Allah SWT halaman 21 Pada poin satu terdapat kalimat manusia yang. beriman kepada sifat sifat Allah akan meyakini bahwa keberadaan dirinya di. sisi Allah itu amat kecil sehingga dia tidak akan bersikap angkuh dan. menyombongkan diri Selain itu pada poit kedua juga terdapat kalimat. mendorong ketaatan manusia untuk beribadah dan beramal saleh Keimanan. kepada Allah itu mengontrol pribadi mukmin untuk selalu berbuat baik dan. menghindarkan diri dari perbuatan dosa, 2 Bab III pada pembahasan Asma ul Husna nama nama Allah yang baik Sub. bab mengenai mengamalkan isi kandungan 10 Asma ul Husna dalam. lingkungan halaman 31 Terdapat sepuluh poin antara lain. a Pada poin satu ialah As Salam Maha Sejahtera yang terdapat pada. kalimat dalam islam ucapan salam tidak hanya sekedar sapaan belaka. tetapi lebih mulia dari itu Salam mempunyai nilai dan pahala yang besar. di sisi Nya karena ucapan salam itu doa, b Pada point kedua ialah Al aziz Maha Perkasa yang terdapat pada kalimat. orang yang hendak kuat secara mental harus terus melatih diri untuk bisa. mengendalikan diri dari hawa nafsu Dengan demikian kemampuan yang. dimilikinya dapat bermanfaat untuk membantu orag lain. c Poin ketiga ialah Al Khaliq Maha Pencipta yang terdapat pada kalimat. dalam pengalaman sehari hari baik di lingkungan keluarga sekolah. maupun masyarakat manusia dapat berguna bagi kehidupan dirinya. sendiri dan masyarakat, d Poin keempat ialah Al Gaffar Maha Pengampun yang terdapat pada. kalimat jika kamu memaafkan kesalahan orang lain berarti kamu telah. megamalkan salah satu sifat Allah yaitu maha pengampun. e Poin kelima ialah Al Wahhab Maha Pemberi yang terdapat pada kalimat. salah satunya dengan cara memberikan sesuatu kepada orang lain yang. membutuhkan, f Keenam ialah Al Fattah Maha Pembuka yang terdapat pada kalimat kita.
harus dapat membuka pintu kasih sayang dan pertolongan terhadap. sesama umat manusia, g Ketujuh ialah Al Adlu Maha Adil yang terdapat pada kalimat jangan. melakukan sesuatau yang didasari atas rasa marah dendam atau. kepentingan diri sendiri karena hal itu akan menjadikan seseorang berlaku. tidak adil, h Kedelapan ialah Al Qayyim Maha Pengurus yang terdapat pada kalimat. pengalaman dengan dari sikap ini adalah dengan cara menjadi orang yang. rajin dan tekun Dengan demikian kita hidup mandiri sehingga dapat. memenuhi kehiduanya sendiri, i Kesembilan ialah Al Hadi Maha Petunjuk yang terdapat pada kalimat. berilah nasihat yang baik jangan memberi nasihat menyestkan. j Kesepuluh ialah As Sabur Maha Sabar yang terdapat pada kalimat kita. harus bersikap sabar dalam perang melawan hawa nafsu yang tak kunjung. 3 Bab IV pada pembahasan mengenai perilaku terpuji yaitu tawadhu taat. qanaah dan sabar,Dalil Naqli tentang Tawadhu diantaranya ialah. dan rendahkanlah dirimu terhadap orang orang yang beriman yang. mengikutimu As Syuro 215, Selain itu dari Umar bin Khattab r a ia berkata Rasulullah saw.
Pernah bersabda yang artinya janganlah kamu sanjung aku secara. berlebihan sebagaimana kaum Nasrani menyanjung Isa bin Maryam a s. secara berlebihan Aku hanyalah seorang hamba Allah maka panggillah aku. dengan sebutan hamba Allah dan Rasulnya H R Abu Daud. Dalil Naqli tentang Taat diantaranya ialah,Firman Allah SWT. Hai orang orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul Nya dan. ulil amri di antara kamu Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang. sesuatu maka kembalikanlah kepada Allah Al Qur an dan Rasul. Sunahnya jika kamu benar benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya Surah. An Nisa 4 59,Firman Allah swt, Dan taatlah kepada Allah dan taatlah kepada rasul jika kamu berpaling. maka sesungguhnya kewajiban rasul kami hanyalah menyampaikan amanah. Allah dengan terang Surah At Taghabun 64 12,Hadits Nabi Muhammad SAW. Dari Ibnu Umar r a dari Nabi Muhammad saw Beliau bersabda. Seorang Muslim wajib patuh dan setia terhadap pemimpinnya dalam hal. yang disukai maupun tidak disukai kecuali dia diperintah untuk melakukan. maksiat dia tidak boleh patuh dan taat kepadanya H R Muslim. Dalil Naqli tentang Qana ah, Abdullah bin Amru bin Ash r a berkata Bersabda Rasulullah saw. Sesungguhnya beruntung orang yang masuk Islam dan rezekinya cukup dan. merasa cukup dengan apa apa yang telah Allah berikan kepadanya H R. Dalil Naqli tentang sabar,Firman Allah swt, Maka bersabarlah kamu sesungguhnya janji Allah itu benar dan mohonlah.
ampun untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu. petang dan pagi Surah Al Mu min n 40 55, Nabi Muhammad saw bersabda yang artinya Sabar yang. sesungguhnya ialah ketika menghadapi hantaman pertama. H R Bukhari,Firman Allah swt, Orang orang yang sabar ialah mereka yang ketika ditimpa musibah. berkata sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan. kembali kepada Nya Surah Al Baqarah 2 156, Hadis Nabi Muhammad saw tentang keutamaan sabar yang artinya. Kalaulah kesabaran itu berwujud seseorang lelaki niscaya ia akan menjadi. orang mulia dan Allah menyukai orang orang yang sabar H R At Tabrani. dalam hadis lain disebutkan Sabar terhadap sesuatu yang engkau benci. merupakan kebajikan yang besar H R At Turmuzi, 4 Bab VIII pada pembahasan mengenai shalat jamaah dan salat munfarid. halaman 91 paragraf awal pada kalimat dengan shalat berjamaah akan. terbentuk kesatuan masyarakat yang saling mengenal dan kerja sama sehingga. keadaan umat dapat terkontrol Dijelaskan juga pada halaman 92 hikmah. shalat berjamaah antara lain ialah mendidik umat islam untuk berdisiplin. mendidik umat islam untuk kompak searah sejalan dan setujuan mendidik. umat islam untuk taat pada pemimpin memupuk tanggung jawab terhadap. umat islam secara keseluruhan dan mendidik umat islam untuk saling. memaafkan dan saling mendoakan, 5 Bab IX pada pembahasan mengenai sejarah nabi Muhammad SAW Pada bab.
ini menjelaskan Muhammad masa remaja suka menolong dan membantu. orang orang yang dalam kesusahan misalnya fakir miskin yang butuh. makanan dan musafir musafir yang tersesat dalam perjalanan Saat dewasa. nabi juga pernah ditunjuk menjadi hakim saat sengketa peletakan hajar aswad. Dengan bijaknya nabi Muhammad mengatasi sengketa tersebut yang pada. akhirnya kepercayaan kepada Muhammad pun begitu besar Begitu juga saat. Rasulullah menyampaikan dakwah bukan dengan cara kekerasan melainkan. dengan cara santun lemah lembut hikmat dan bijaksana Selain dakwah. dengan lisan Rasulullah saw juga banyak melakukan perbuatan yang baik dan. 6 Bab XII mengenai perilaku terpuji diantaranya kerja keras tekun ulet dan. Dalil Naqli tentang kerja keras diantaranya,Firman Allah swt. Dan carilah pahala negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan. Allah kepadamu tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan. berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik. kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi Sungguh Allah. tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan Surah Al Qashas 28 77. Firman Allah swt, Dan katakanlah Bekerjalah kamu maka Allah dan rasul Nya serta orang. orang Mukmin akan melihat pekerjaanmu dan kamu akan dikembalikan. kepada Allah Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata lalu diberikan. Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan Surah At Taubah. Hadis Nabi Muhammad saw, Dari miqdam r a berkata Nabi Muhammad saw bersabda Tidak satu. pun makanan yang dimakan seseorang lebih baik daripada kerja tangannya. Sesungguhnya Nabi Daud makan dari hasil kerja tangannya H R Bukhari. Dalil Naqli tentang perilaku Tekun dan Ulet,Firman Allah swt. Allah akan meninggikan orang orang beriman di antara kamu dan orang. orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat Dan Allah. mengetahui apa yang kamu kerjakan Surah Al Mujadilah 58. Hadis Nabi Muhammad saw, Bekerjalah untuk kepentingan duniamu seolah olah kamu akan hidup.
selamanya dan bekerjalah untuk kepentingan akhiratmu seolah olah kamu. akan mati besok pagi H R Ibnu Asyakir,Dalil Naqli perilaku teliti ialah. Nabi Muhammad saw bersabda Suatu hari Rasullah berkata kepada. Asyaj Abdul Qais Sesungguhnya ada dua perkara di dalam dirimu yang. disukai Allah yaitu kritis dan ketelitian H R Muslim. Firman Allah, Hai orang orang yang beriman jika datang kepadamu orang Fasik. membawa suatu berita Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak. menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui. keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. Surah Al Hujurat 49 6, 7 Bab XV mengenai misi dakwah Nabi Muhammad Saw Pada bab ini. menjelaskan tentang dakwah dan nilai nilai yang dibawa nabi Muhammad. sebagai utusan Allah, Nabi Muhammad Saw mengajarkan tentang persamaan derajat. manusia Nabi Muhammad saw juga mengajarkan agar penyelesaian masalah. tidak boleh dilakukan dengan cara kekerasan namun harus dilakukan dengan. cara cara yang damai dan beradab Nabi Muhammad juga mengajarkan agar. manusia bekerja keras untuk dapat memenuhi kebutuhannya namun ketika. menjadi kaya dia harus mengasihi yang miskin dengan cara menyisihkan. sebagian hartanya untuk mereka Orang yang kuat harus mengasihi yang. lemah Orang tua harus menyayangi anaknya baik anak itu laki laki maupun. perempuan Sebaliknya anak harus menghormati dan berbakti kepada orang. tuanya walaupun mereka sudah sangat tua Selain itu terdapat penjelas bahwa. Agama Islam merupakan agama yang menjadi rahmat bagi manusia Di mana. pun Islam berada pastilah menjadi pelindung bagi masyarakatnya Sejak. awal Islam tidak memandang perbedaan etnis Sebagai anggota bangsa setiap. III tentang Asmaul husna terdapat 12 ayat al Quran yang menyebutkan 10 asmaul husna sedang sub bab mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul husna dalam lingkungan tidak diikuti dengan dalil naqli Ketiga pada bab IV tentang perilaku terpuji tawadhu taat qanaah dan sabar yang ditekankan dengan beberapa ayat al Quran dan Hadits Keempat pada

Related Books