BAB II PERSEPSI BUDAYA KERJA DAN PROFESIONALISME GURU A 1

Bab Ii Persepsi Budaya Kerja Dan Profesionalisme Guru A 1-Free PDF

  • Date:24 May 2020
  • Views:29
  • Downloads:0
  • Pages:31
  • Size:461.59 KB

Share Pdf : Bab Ii Persepsi Budaya Kerja Dan Profesionalisme Guru A 1

Download and Preview : Bab Ii Persepsi Budaya Kerja Dan Profesionalisme Guru A 1


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Persepsi Budaya Kerja Dan Profesionalisme Guru A 1


Transcription:

kesimpulan bahwa persepsi merupakan proses penerimaan. stimulus oleh individu melalui indera yang diteruskan ke. saraf sehingga individu menyadari apa yang dilihat. didengar diraba dicium dan dirasakan sehingga,menimbulkan penafsiran pengalaman secara pribadi. Budaya kerja merupakan salah satu objek dari, persepsi penilaian positif atau negatif terhadap budaya. kerja tergantung individu dalam menyeleksi,mengorganisasi dan menafsirkan informasi yang. diterimanya,Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Budaya. berarti pikiran akal budi atau kebiasaan sesuatu yang. sudah menjadi kebiasaan yang sukar untuk diubah 20. Budaya menggambarkan cara melakukan segala sesuatu. Hasstrup sebagaimana dikutip oleh Syaiful Sagala dalam. bukunya yang berjudul Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan menegaskan budaya terdiri atas.
hubungan bukan sekedar sistem bentukdan sistem yang. stabil Syaiful Sagala dalam buku yang sama mengutip. Schawartz dan Daviz mengemukakan budaya adalah suatu. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kamus Besar Bahasa. Indonesia hlm 169, kesatuan keyakinan dan harapan yang yang diberikan oleh. keseluruhan anggota organisasi 21,Richard Osborn sebagaimana dikutip oleh. Yayat Hayati Djatmiko dalam bukunya yang,berjudul Perilaku Organisasi mendifinisikan. Culture define as that complex hole which,includes knowledge s beliefs art morals. customs and habits acquired by man and as,member of society 22 Budaya adalah keseluruhan.
yang bersifat kompleks yang meliputi,pengetahuan kepercayaan atau keyakinan. kesenian moral kebiasaan dan kemampuan,serta kebiasaan lain yang diperlukan manusia. sebagai anggota masyarakat 23,Secara formal budaya didefinisikan sebagai. tatanan pengetahuan pengalaman kepercayaan nilai,sikap makna hierarki agama waktu peranan hubungan. ruang konsep alam semesta objek objek materi dan milik. yang diperoleh sekelompok besar orang dari generasi. melalui usaha individu dan kelompok 24 Dari beberapa. Syaiful Sagala Budaya dan Reinventing Organisasi, Pendidikan Pemberdayaan Organisasi Pendidikan ke Arah yang.
LebihProfesional dan Dinamis di Provinsi Kabupaten Kota dan Satuan. Pendidikan Bandung Alfabeta 2008 hlm 111, Yayat Hayati Djatmiko Perilaku Organisasi Bandung Alfabeta. 2008 hlm 23,Yayat Hayati Djatmiko Perilaku Organisasi hlm 23. Syaiful Sagala Budaya dan Reinventing Organisasi,Pendidikan hlm 111. pengertian budaya di atas dapat disimpulkan bahwa, budaya merupakan pola kegiatan manusia yang secara. sistematis diturunkan dari generasi kegenerasi melalui. berbagai proses pembelajaran untuk menciptakan cara. hidup tertentu yang paling cocok dengan lingkungannya. Budaya memiliki ciri ciri sebagai berikut, 1 dapat disampaikan kepada setiap orang dan setiap.
kelompok serta diwariskan dari setiap generasi, 2 bersifat dinamis artinya suatu sistem yang berubah. sepanjang waktu, 3 bersifat selektif artinya mencerminkan pola perilaku. pengalaman manusia secara terbatas,4 memiliki unsur budaya yang saling berkaitan. 5 etnosentrik artinya menggangap budaya sendiri, sebagai budaya yang terbaik atau menganggap budaya. yang lain sebagai budaya standar 25,Sedangkan Unsur unsur budaya antara lain.
adanya suatu perilaku perilaku tertentu adanya gaya. berpakaian adanya kebiasaan kebiasaan adanya adat, istiadat adanya kepercayaan dan adanya tradisi Budaya. dan unsur unsur yang terdapat didalamnya itu terikat oleh. waktu dan bukanlah menjadi kuantitas yang statis, Budaya akan tetap berubah seberapa lamban pun dari. Lina Pengertian Budaya Unsur dan Ciri ciri Budaya, https satupengertian com pengertian budaya unsur ciri ciri budaya diakses. 2 Juli 2017,perubahan tersebut Kecepatan atau kelambanan. perubahannya itu antara lain bergantung dari seberapa. jauh kekuatan dari kebudayaan tersebut dan seberapa. besar intensitas interaksinya terhadap budaya lainnya 26. Budaya kerja merupakan perilaku yang dilakukan,berulang ulang oleh setiap individu dalam suatu.
organisasi dan telah menjadi kebiasaan dalam pelaksanaan. pekerjaan 27 Menurut Taliziduhu Ndraha budaya kerja. merupakan sekelompok pikiran dasar atau program,mental yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan. efesiensi kerja dan kerjasama manusia yang dimiliki oleh. suatu golongan masyarakat 28,Budaya kerja sudah lama dikenal oleh manusia. namun belum disadari bahwa suatu keberhasilan kerja. berakar pada nilai nilai yang dimiliki dan perilaku yang. menjadi kebiasaan Nilai nilai tersebut bermula dari adat. Lina Pengertian Budaya Unsur dan Ciri ciri Budaya, https satupengertian com pengertian budaya unsur ciri ciri budaya diakses. 2 Juli 2017, Hadari Nawawi Manajemen Sumber Daya Manusia Yogyakarta. Gajah Mada University Press 2007 Hlm 65, Taliziduhu Ndraha Teori Budaya Organisasi Jakarta PT Rineka.
Cipta 2003 Hlm 80,istiadat agama norma dan kaidah yang menjadi. keyakinan pada diri pelaku kerja atau organisai Nilai. nilai yang menjadi kebiasaan tersebut dinamakan budaya. dan mengingat hal ini dikaitkan dengan mutu kerja maka. dinamakan budaya kerja 29,Budaya kerja menurut Frans Mardi Hartanto. adalah perwujudan dari kehidupan yang dijumpai di, tempat kerja Budaya kerja adalah suatu sistem makna. yang terkait dengan kerja pekerjaan interaksi kerja yang. disepakati bersama dan digunakan dalam kehidupan kerja. sehari hari 30 Dari beberapa pengertian budaya kerja di. atas dapat disimpulkan bahwa budaya kerja merupakan. falsafah sebagai nilai nilai yang menjadi sifat kebiasaan. dan kekuatan pendorong yang dimiliki bersama oleh, setiap individu dalam lingkungan kerja suatu organisasi. Dari beberapa pengertian persepsi dan budaya,kerja di atas juga dapat diambil kesimpulan bahwa.
persepsi budaya kerja sangat berkaitan dengan sebuah. sudut pandang seseorang terhadap budaya kerja tersebut. yang dalam penelitian ini akan dipandang dari sudut guru. Nurhadijah Studi tentang Budaya Kerja Pegawai Sekolah. Menengah Kejuruan Negeri 1 Penajam Paser Utara ejournal Administrasi. Negara Vol V No 1 2017 hlm 4, Frans Mardi Hartanto Paradigma Baru Manajemen Indonesia. Bandung Mizan 2009 hlm 171, terhadap budaya kerja yang ada di sekolah madrasah. b Tujuan Manfaat dan Indikator Budaya Kerja,1 Tujuan Budaya Kerja. Budaya kerja merupakan perwujudan dari,nilai nilai yang dimiliki oleh sekelompok manusia. atau masyarakat dalam suatu organisasi atau lembaga. yang kemudian diolah menjadi nilai nilai atau norma. serta aturan aturan baru yang nantinya akan menjadi. sikap dan perilaku dalam organisasi yang diharapkan. untuk mencapai visi misi dan tujuan,Budaya kerja memiliki tujuan untu mengubah.
sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat,meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi. berbagai tantangan di masa yang akan datang 31,2 Manfaat Budaya Kerja. Pelaksanaan budaya kerja tidak dapat,dipisahkan dengan sumber daya manusia karena. budaya kerja sangat erat kaitannya dengan sikap atau. perilaku dan pola pikir guru dalam menciptakan,produktivitas kerja yang tinggi Guru merupakan. sebuah elemen terpenting dalam proses pendidikan, Suwandi Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Budaya.
Kerja dan Komitmen Kerja terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri. Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus Tesis Lampung. Pascasarjana Universitas Lampung 2016 hlm 33, Oleh karena itu budaya kerja perlu dimiliki dan harus. tertanan dalam jiwa guru sebagai pendidik dan,Budaya kerja yang baik dalam suatu. organisasi lembaga akan menghasilkan kinerja yang,maksimal Budaya kerja yang baik tersebut juga. memberikan manfaat antara lain,a meningkatkan jiwa gotong royong. b meningkatkan kebersamaan,c saling terbuka satu sama lain.
d meningkatkan jiwa kekeluargaan,e meningkatkan rasa kekeluargaan. f membangun komunikasi yang lebih baik,g meningkatkan produktivitas kerja. h tanggap dengan perkembangan dunia luar 32,Budaya merupakan faktor yang dapat. mendukung bagi kelancaran pelaksanaan prosedur,kerja Dengan memelihara prosedur kerja yang baku. maka akan tercipta kesinambungan alur proses kerja. yang kontinyu Oleh karena itu untuk menciptakan,kesinambungan dalam proses kerja di sebuah.
organisasi diperlukan kerjasama antara pihak,manajemen dengan pekerja untuk dapat menciptakan. Suwandi Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Budaya. Kerja hlm 33,iklim kerja yang kondusif aman tentram dan. harmonis sesuai dengan nilai nilai kebudayaan yang. baik dari setiap unsur budaya yang ada 33,3 Indikator Persepsi Budaya Kerja. Budaya kerja merupakan perwujudan dari,nilai nilai yang dimiliki oleh sekelompok manusia. atau masyarakat dalam suatu organisasi atau lembaga. yang kemudian diolah menjadi nilai nilai atau norma. serta aturan aturan baru yang nantinya akan menjadi. sikap dan perilaku dalam organisasi yang diharapkan. untuk mencapai visi misi dan tujuan Proses dari,terciptanya budaya kerja melibatkan semua sumber.
daya yang terdapat di dalam organisasi atau,lembaga 34 Menurut Nurhadijah indikator budaya. kerja adalah sebagai berikut 35,a disiplin perilaku yang senantiasa berpijak pada. peraturan dan norma yang berlaku di dalam,maupun di luar perusahaan Guru yang miliki. Susi Suryani Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru. dalam Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. Kecamatan Prambanan Skripsi Yogyakarta Universitas Negeri. Yogyakarta 2013 hlm 28, Susi Suryani Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru. dalam Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. Kecamatan Prambanan hlm 50, Nurhadijah Studi tentang Budaya Kerja Pegawai Sekolah.
Menengah Kejuruan Negeri 1 Penajam Paser Utara,kedisiplinan tinggi mempunyai karakteristik. melaksanakan tata tertib dengan baik tugas dan,tanggung jawab yang baik disiplin waktu dan. kehadiran disiplin dalam berpakaian,b keterbukaan kesiapan untuk memberi dan. menerima informasi yang benar dari dan kepada,sesama mitra kerja untuk kepentingan perusahaan. Keterbukaan dalam hal ini kemampuan untuk,mengungkapkan pendapat dan perasaan secara.
jujur dan bersikap langsung,c saling menghargai perilaku yang menunjukkan. penghargaan terhadap individu tugas dan,tanggung jawab orang lain sesama mitra kerja. Indikator dari sikap saling menghargai antara lain. membiarkan orang lain berbuat sesuatu sesuai,haknya menghormati pendapat orang lain serta. bersikap hormat kepada setiap warga,sekolah madrasah. d kerjasama kesediaan untuk memberi dan,menerima kontribusi dari dan atau kepada mitra.
kerja dalam mencapai sasaran dan target,perusahaan Beberapa indikator untuk mengukur. kerjasama antara lain tujuan yang jelas terbuka,dan jujur dalam komunikasi keterampilan. mendengarkan yang baik partisipasi semua,anggota serta bertanggung jawab dalam. melaksanakan tugas 36,Budaya kerja pada dasarnya merupakan nilai. nilai yang menjadi kebiasaan seseorang dalam,menentukan kuwalitas seseorang dalam bekerja.
Budaya kerja guru dapat terlihat dari rasa,tanggungjawabnya dalam menjalankan amanah. profesi yang diembannya rasa tanggung jawab moral, Sikap ini akan dibarengi dengan rasa tanggung jawab. untuk membuat dan mempersiapkan proses belajar, mengajar pelaksanaan proses belajar mengajar serta. pelaksanaan evaluasi dan analisis dalam kegiatan,pembelajaran 37. c Proses Pembentukan Budaya Kerja,Pembentukan budaya kerja terjadi tatkala.
lingkungan kerja atau organisasi belajar menghadapi. masalah baik yang menyangkut perubahan perubahan, eksternal maupun internal yang menyangkut persatuan. dan keutuhan organisasi Pembentukan budaya kerja, diawali oleh para pendiri atau founders atau pimpinan. paling atas top management atau pejabat yang ditunjuk. Nurhadijah Studi tentang Budaya Kerja Pegawai Sekolah. Menengah Kejuruan Negeri 1 Penajam Paser Utara hlm 7. Suwandi Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Budaya. Kerja hlm 34,dimana besarnya pengaruh yang dimilikinya akan. menentukan suatu cara tersendiri atas apa yang dikerjakan. dalam satuan kerja atau organisasi yang dipimpinnya. Dengan demikian budaya kerja dibangun dan,dipertahankan dari filsafat pendiri atau pimpinan. organisasi Sehingga tindakan pimpinan akan sangat, berpengaruh terhadap perilaku yang dapat diterima oleh.
anggota organisasi tindakan yang baik maupun yang,tidak baik 38. Budaya kerja terbentuk dalam satuan kerja atau, organisasi itu berdiri artinya pembentukan budaya kerja. terjadi ketika lingkungan kerja atau organisasi belajar. dalam menghadapi permasalahan baik yang menyangkut. masalah organisasi 39,2 Profesionalisme Guru,a Pengertian Profesionalisme Guru. Profesionalisme berasal dari istilah professional, yang kata dasarnya adalah proffesion profesi yaitu. janji ikrar dan pekerjaan Dalam arti sempit profesi. berarti kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian. Nurhadijah Studi tentang Budaya Kerja Pegawai Sekolah. Menengah Kejuruan Negeri 1 Penajam Paser Utara ejournal Administrasi. Negara hlm 5, Siti Amnuhai Manajemen Sumber daya Manusia Jakarta Bumi.
Aksara 2007 hlm 76, tertentu dan sekaligus dituntut daripadanya pelaksanaan. norma norma sosial yang baik Arti lebih luas dari, profesi adalah kegiatan apa saja dan siapa saja untuk. memperoleh nafkah yang dilakukan dengan suatu,keahlian tertentu 40. Budaya memiliki ciri ciri sebagai berikut 1 pekerjaan 27 Menurut Taliziduhu Ndraha budaya kerja merupakan sekelompok pikiran dasar atau program mental yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efesiensi kerja dan kerjasama manusia yang dimiliki oleh suatu golongan masyarakat 28 Budaya kerja sudah lama dikenal oleh manusia namun belum disadari bahwa suatu keberhasilan kerja berakar pada

Related Books