BAB II LANDASAN TEORI TINJAUAN PUSTAKA a Uhan 2013

Bab Ii Landasan Teori Tinjauan Pustaka A Uhan 2013-Free PDF

  • Date:13 Feb 2020
  • Views:59
  • Downloads:0
  • Pages:20
  • Size:328.18 KB

Share Pdf : Bab Ii Landasan Teori Tinjauan Pustaka A Uhan 2013

Download and Preview : Bab Ii Landasan Teori Tinjauan Pustaka A Uhan 2013


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Landasan Teori Tinjauan Pustaka A Uhan 2013


Transcription:

Tabel 2 1 Komposisi Kimia Singkong Pada Beberapa Bagiannya. Berdasarkan Bahan Kering,Kandungan Daun Batang Umbi Kulit umbi. Proten kasar 23 2 10 9 1 7 4 8,Serat kasar 21 9 22 6 3 2 21 2. Ekstrak eter 4 8 9 7 0 8 1 22,Abu 7 8 8 9 2 2 4 2,Ekstrak tanpa N 42 2 47 9 92 1 68. Ca 0 972 0 312 0 091 0 36,P 0 576 0 341 0 121 0 112. Mg 0 451 0 452 0 012 0 227,Energi metabolis 2590 2670 1560 2960.
Sumber Davendra 1977 dalam Hasrianti 2012,d Asam Sianida HCN. Singkong mengandung racun linamarin dan loustralin yang. termasuk golongan glikosida sianogenik Linamarin terdapat pada. semua bagian tanaman terutama terakumulasi pada akar dan daun. Singkong dibedakan atas dua tipe yaitu pahit dan manis Singkong. tipe pahit mengandung kadar racun yang lebih tinggi daripada tipe. manis Jika singkong mentah atau yang dimasak kurang sempurna. dikonsumsi maka racun tersebut akan berubah menjadi senyawa kimia. yang dinamakan hidogren sianida yang dapat menimbulkan gangguan. kesehatan Yuliarti 2007, Sianida dalam ubikayu merupakan ikatan sianida sianogenic. yang terdiri dari 93 linamarin dan 7 lotaustralin Konsentrasi. sianida dalam ubikayu segar menurun mulai dari bagian kulit ke. daging umbi bagian dalam Konsentrasi linamarin berbeda antar. bagian umbi pada varietas yang sama Ubi kayu segar mengandung. linamarase yang menghidrolisa linamarin dan lostrausttralin menjadi. hydroxynitril dan glukosa Ketika sel itu rusak maka enzim dan. substrat menjadi kontak dengan udara dan dibebaskan HCN Suismono. dan Damardjati 1992, Singkong manis mengandung sianida kurang dari 50 mg per. kilogram sedangkan yang pahit mengandung sianida lebih dari 50 mg. per kilogram Meskipun sejumlah kecil sianida yang masuk dapat. ditoleransi oleh tubuh jumlah sianida yang masuk ke tubuh tidak. boleh melebihi 1 mg per kilogram berat badan per hari Gejala. keracunan sianida seperti yang terdapat pada singkong di antaranya. adalah penyempitan kerongkongan Untuk mencegah keracunan. singkong sebelum dikonsumsi sebaiknya singkong terutama singkong. pahit dicuci untuk menghilangkan tanah yang menempel Kulitnya. dikupas dipotong potong direndam dalam air bersih yang hangat. selama beberapa hari dicuci lalu dimasak sempurna baik itu dibakar. atau direbus Namun untuk tipe singkong manis sebenarnya hanya. memerlukan pengupasan dan pemasakan untuk mengurangi kadar. sianida ke tingkat non tostik Yuliarti 2007, Asam sianida HCN pada singkong ditandai dengan bercak. warna biru akan menjadi toxin racun bila dikonsumsi pada kadar. HCN lebih dari 50 ppm Pengelompokan ubi kayu berdasarkan kadar. HCN menjadi 3 kelompok yaitu 1 tidak boleh dikonsumsi bila kadar. HCN lebih dari 100 ppm rasa pahit seperti varietas Adira II Adira IV. dan Thailand 2 dianjurkan dikonsumsi bila kadar HCN 40 100 ppm. agak pahit seperti varietas UJ 5 dan 3 boleh dikonsumsi bila kadar. HCN kurang dari 40 ppm tidak pahit seperti varietas Adira 1 dan. Manado Ada korelasi antara kadar HCN ubi kayu segar dengan. kandungan pati Semakin tinggi kadar HCN semakin pahit dan kadar. pati meningkat dan sebaliknya Oleh karenanya industri tapioka. umumnya menggunakan varietas berkadar HCN tinggi varietas pahit. Prabawati 2011, Pemanfaatan kulit singkong sebagai pakan unggas dengan.
fermentasi menggunakan starter limbah kubis dan sawi sebesar 40. menunjukkan hasil terbaik dilihat dari peningkatan biomassa dan. protein yang sama serta penurunan serat kasar Wikanastri 2012. Peneliti lainnya kulit singkong dan labu kuning dimanfaatkan dalam. pembuatan cake menunjukkan bahwa kadar protein terbaik pada. formulasi tepung kulit singkong 25 g dan tepung labu 75 g Solekha. f Kulit singkong, Kulit singkong merupakan hasil samping industri ketela pohon. seperti kripik singkong dan tepung tapioka Kulit singkong cukup. banyak jumlahnya setiap kilogram umbi ketela pohon biasanya dapat. menghasilkan 15 20 kulit umbi maka semakin tinggi jumlah. produksi singkong semakin tinggi pula kulit yang dihasilkan Kulit. singkong segar hasil limbah pengolahan pati memiliki kandungan. HCN 109 mg kg Kulit singkong saat ini mulai banyak dimanfaatkan. sebagai pakan ternak Sandi 2013,g Tepung kulit singkong. Pati atau tepung merupakan bentuk karbohidrat yang diperoleh. dari sumber biji bijian akar akaran umbi umbian dan buah tanaman. Pembuatan tepung dari kulit singkong bagian putihnya dengan cara. pengeringan dan penggilingan Kandungan gizi yang terdapat pada. tepung kulit singkong dapat dilihat pada Tabel 2 2. Tabel 2 2Kandungan Gizi Tepung Kulit Singkong,Bahan Kadar Kadar Kadar Kadar Kadar. air abu lemak kasar serat Protein,kasar kasar,Tepung kulit 8 6035 5 2577 2 9774 20 9497 6 8208. Sumber Wikanastri dkk 2012, Mie merupakan makanan favorit masyarakat di berbagai belahan.
dunia Bentuknya yang panjang teksturnya yang lembut mudah ditelan. serta mengenyangkan ini membuatnya banyak disenangi oleh segala. kalangan mulai dari anak anak hingga orang tua Banyak negara di dunia. mengaku sebagai pencipta mie namun berdasarkan penemuan sejarah. diperkirakan Cina telah meciptakan mie bahkan telah menjadi konsumsi. masyarakat sejak ribuan tahun yang lalu Ismulllah dan Pratiwi 2011. Di dalam mie baik mie biasa atau mie instan tentu mengandung. beberapa gizi meski jumlahnya tidak sama Dilihat dari bahannya yaitu. tepung terigu garam dan air kandungan terbesar dalam mie adalah. karbohidrat Komposisi mie terdiri dari tepung terigu minyak sayur. garam pengental nabati pengatur kemasaman dan pewarna Ismullah dan. Pratiwi 2011, Walaupun pada prinsipnya mie dibuat dengan cara yang sama. tetapi di pasaran dikenal ada beberapa jenis mie seperti 1 mie. segar mentah raw chinese noodle adalah mie yang tidak mengalami. proses tambahan setelah pemotongan dan mengandung air 35 2 mie. basah boiled noodle adalah adalah jenis mie yang mengalami prose. perebusan setelah mencapai tahap pemotongan dan sebelum dipasarkan dn. mengandung air 52 sehingga tahan simpannya relati singkat 3 mie. kering steam and fired noodle adalah mie mentah yang telah dikeringkan. hingga kadar airnya 8 10 dan 4 mie instant instant noodle adalah. produk makanan kering yang dbuat dari teoung terigu dengan atau tanpa. penambahan bahan makanan lain dan bahan makanan tambahan yan. diizinkan berbentuk khas mie yang siap di hidangkan setelah dimasak. atau diseduh dengan air mendidih Astawan 2006, Jenis mie yang banyak diproduksi dan digunakan dalam rumah. tangga adalah mie basah Jenis mie basah banyak ditemukan di pasar. tukang bakso dan lainnya Mie basah terbagi menjadi dua yaitu mie basah. mentah dan mie basah matang Perbedaan kedua jenis mie basah tersebut. adalah adanya tahapan perebusan atau pengukusan pada roses pembuatan. mie basah matang yang menyebabkan kadar airnya meningkat menjadi. 52 sedangkan mie basah mentah kadar airnya berkisar 35 Badan. standarisasi Nasioanl telah menetapkan syarat mutu mie basah yang. tercantum dalam SNI 01 2987 1992 dapat dilihat pada Tabel 2 3. Tabel 2 3 Syarat Mutu Mie Basah,No Kriteria Uji Satuan Persyaratan. 1 1 Bau Normal,1 2 Rasa Normal,1 3 Warna Normal,2 Air b b 20 35. 3 Abu dihitung atas bahan dasar b b Maks 3,4 Protein N x 6 25 dihitung atas Min 3.
dasar bahan kering, 5 Bahan tambahan pangan Tidak boleh ada sesuai SNI. 5 1 Borals dan asam sorbat 0222 M dan peraturan,5 2 Pewarna MenKes No. 5 3 Formalin 722 MenKes Per IX 88,6 Cemaran Mikobra. 6 1 Angka Lempeng Total APM g Maks 10,6 2 E Coli Koloni g Maks 1 0 x 10 6. 6 3 Kapang Koloni g Maks 1 0 x 10 6,7 Cemaran Logam Mg kg.
7 1 Timbal Pb Maks 1 0,7 2 Tembaga Cu Maks 10 0,7 3 Seng Zn Maks 40 0. 7 4 Raksa Hg Maks 0 05,8 Arsen As Mg kg Maks 0 05,Sumber Badan Standarisasi Nasional 1992. Berdasarkan sumbangan energi yang diberikan sebungkus mie. sudah cukup untuk sarapan pagi Akan tetapi sebungkus mie tidak cukup. baik untuk bahan makan siang karena setelah bekerja selama 6 jam tubuh. memerlukan energi dan komponen komponen gizinya yang lebih lengkap. seperti asam lemak esensial asam amino dan lainnya Agar asupan gizi. yang diperoleh dari sebungkus mie lebih baik dalam penyajian sebaiknya. bahan bahan lain untuk meningkatkan gizinya Bahan yang umum. ditambahkan seperti telur ayam bakso udang ikan dan tempe untuk. meningkatkan kadar protein serta sayuran untuk meningkatkan kadar. vitamin mineral dan serat Astawan 2008,a Klasifikasi. Divisi Spermatophyta,Sub Divisi Angiospermae,Classis Dicotyledoneae. Sub Classis Sympetalae,Ordo Malvaceales,Familia Mavaceae.
Genus Hibiscus,Species Hibiscus sabdariffa Linn Rahayu 2011. b Morfologi, Bunga rosella Hibiscus sabdariffa L adalah tanaman perdu. yang tumbuh seperti bunga sepatu Tanaman ini berasal dari Afrika. dan Timur Tengah Tanaman perdu ini bisa mencapai 3 5 meter. tingginya Jika sudah dewasa tanaman bunga rosella akan. mengeluarkan bunga berwarna merah Soeryoko 2010, Rosella Hibiscus sabdariffaL pertama kali ditemukan oleh. ahli botani asal Belanda yang bernama Marthhias de L Obel pada. tahun 1576 Ada yang mengemukakan merupakan tanaman asli India. lalu dibawa ke negara Malaysia untuk dibudidayakan di tanaman. tropis Ada juga yang menyatakan tanaman ini berasal dari negara. Afrika karena tumbuhan tersebut memang banyak ditemukan disana. Rahayu 2011, Rosella mempunyai nama ilmiah Hibiscus sabdariffa Linn. merupakan anggota famili Malvaceae Termasuk tanaman berupa. terna dan mempunyai siklus hidup tahunan Batang tanaman ini. berwarna merah urat daunnya pun berwarna merah tampak. mengandung banyak air dan mempunyai tekstur yang kuat panjang. tidak mudah patah Rosella dapat tumbuh baik dengan iklim tropis dan. subtropis Morfologi bunga rosella keluar dari ketiak daun merupakan. bunga tunggal mempunyai mahkota berlekatan dan berwarna merah. Buahnya berbentuk oval kerucut berambut terbagi menjadi 5 ruang. berwarna merah Bentuk biji menyerupai ginjal berbulu dengan. panjang 5 mm dan lebar 4mm Rahayu 2011, Ada 3 macam tanaman rosella yang diusahakan Tanaman.
rosella berbatang warna merah tua hijau bernoda merah atau berwana. hijau yang juga semakin besar Pada tanaman rosella yang berkhasiat. adalah kelopak yang berwarna merah Memang kelopak itu berbentuk. seperti bunga terlebih jika sudah dikeringkan Kelopak tersebut dapat. dikonsumsi dalam bentuk segar maupun seduhan Kelopak bunga. tanaman tersebut berwarna merah tua tebal dan berair Semakin pekat. warna merah rasanya kian asam dengan khasiat Rahayu 2011. c Kandungan gizi,Kelopak rosella mengandung antioksidan yang dapat. menghambat terakumulasinya radikal bebas penyebab penyakit kronis. seperti kerusakan ginjal diabetes jantung koroner dan kanker darah. Antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini dan salah satu zat. aktif yang berperan adalah antosianin Antosianin merupakan pigmen. tumbuhan yang memberikan warna merah pada bunga rosella dan. berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan sinar UV berlebih. Salah satu khasiatnya adalah dapat menghambat pertumbuhan sel. kanker bahkan mematikan sel kanker tersebut Antosianin yang. berpengaruh diberi nama delphinindin 3 sambubioside Widyanto dan. Bunga rosella mengandung 260 280 mg vitamin C vitamin D. B dan B2 pada setiap gramnya Rosella mengandung banyak elemen. penting yang baik untuk kesehatan Kandungan gizi dalam 100g. ekstrak rosella adalah 21 89 mg sodium 36 64 g karbohidrat 34 48 g. gula 0 14 protein 13 06 mg kalsium 214 68 mg vitamin C dan. 113 46 mg vitamin A Apriyanti 2013 Kandungan bunga rosella. mengandung vitamin C B1 B2 dan D niasin kalsium Phospor. kalsium lemak serat riboflavin dan besi Vitamin C yang dikandung. bunga Rosela ini lebih banyak dibandingkan dengan buah buah. lainnya Soeryoko 2010 Rosella mengandung banyak elemen. penting baik untuk kesehatan Kandungan gizi dan nutrisi dalam 100 g. ekstrak rosella dapat dilihat pada Tabel 2 4,Tabel 2 4 Kandungan Gizi Ekstrak Rosella. Kalori 147 12 kkal,Lemak jenuh 0g,Kolesterol 0g,Sodium 21 89 mg. Total karbohidrat 36 64 g,Gula 34 48 g,Protein 0 14 g. Kalsium 13 06 mg,Vitamin C 214 68 mg,Vitamin A 113 46 mg.
Sumber Yuliarti 2007, Kandungan penting lain yang terdapat di dalam kelopak bunga. rosella adalah pigmen antosianin yang membentuk senyawa flavonoid. berperan sebagai antioksidan Flavonoid rosella yang terdiri atas. flavonols dan pigmen antosanin Antosianin merupakan pigmen alami. yang memberi warna merah pada seduhan kelopak bunga rosella dan. bersifat antioksidan Antosianin secara umum mempunyai stabilitas pH. yang rendah dimana dalam suasana asam berwarna merah dan dalam. suasana basa berwarna biru Zat warna ini tidak stabil dengan adanya. oksigen dan asam askorbat Kurniasih 2013, Tanaman kelopak bunga rosella dapat dimanfaatkan sebagai. antiseptik agen astringen pengobatan tradisional Sedangkan manfaat. dari bunga rosella sendiri banyak digunakan sebagai pembuatan jus. saos sirup dan pewarna makanan Bunga rosella merah yang telah. dikeringkan dan diseduh menjadi secangkir teh yang bercita rasa. sedikit asam ini mampu mengatasi berbagai macam penyakit seperti. menurunkan darah tinggi hiptensif saluran pencernaan anticacing. dan antibakteri Irianto 2009, Khasiat rosella antara lain dimanfaatkan untuk menurunkan. asam urat hipertensi diabetes mellitus memperbaiki metabolisme. tubuh melangsigkan tubuh menghambat sel kanker mencegah. singkong sebelum dikonsumsi sebaiknya singkong terutama singkong pahit dicuci untuk menghilangkan tanah yang menempel Kulitnya dikupas dipotong potong direndam dalam air bersih yang hangat selama beberapa hari dicuci lalu dimasak sempurna baik itu dibakar atau direbus Namun untuk tipe singkong manis sebenarnya hanya

Related Books