BAB II LANDASAN TEORI 2 1 Peramalan Forecasting

Bab Ii Landasan Teori 2 1 Peramalan Forecasting-Free PDF

  • Date:29 Sep 2020
  • Views:0
  • Downloads:0
  • Pages:19
  • Size:461.21 KB

Share Pdf : Bab Ii Landasan Teori 2 1 Peramalan Forecasting

Download and Preview : Bab Ii Landasan Teori 2 1 Peramalan Forecasting


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Landasan Teori 2 1 Peramalan Forecasting


Transcription:

penjualan perencanaan dan penganggaran produksi dan. menganalisis berbagai rencana operasi, c Peramalan jangka panjang Jangka waktu untuk peramalan tiga. tahun atau lebih biasanya digunakan untuk merencanakan produk. baru penganggaran modal lokasi fasilitas atau ekspansi dan. penelitian serta pengembangan,2 Peramalan berdasarkan metode pendekatan. Peramalan berdasarkan metode terbagi menjadi 2 yaitu. a Metode peramalan kualitatif Permalan kualitatif adalah peramalan. yang didasarkan atas data kualitatif pada masa lalu Hasil peramalan. yang dibuat sangat bergantung pada orang yang menyusunnya. Metode kualitatif dapat dibagi menjadi metode eksplanatoris dan. b Metode peramalan kuantitatif Permalan kuantitatif adala peramalan. yang didasarkan atas data kuantitatif pada masa yang lalu Hasil. peramalan yang dibuat sangat bergantung pada metode yang. dipergunakan dalam peramalan tersebut Metode kuantitatif dibagi. menjadi 2 yaitu deret berkala Time Series dan metode kausal. 2 2 Data Runtun Waktu Time Series, Peramalan didasarkan pada data historis atau data runtut waktu sehinga. memperoleh nilai dugaan dari suatu periode tertentu Runtut waktu time series. adalah hasil pengamatan kontinyu atau data yang disusun berdasarkan urutan. waktu Boedijoewono 2016, Sebuah runtut waktu time series memiliki beberapa pola Pola pola. tersebut akan terlihat pada runtut waktu yang sudah digambarkan melalui. grafik Pola pola tersebut dapat dijelaskan dengan banyaknya kemungkinan. hubungan sebab akibat Adapun pola pola umum runtut waktu adalah sebagai. berikut Assuri 2016,1 Pola Acak Random, Pola yang muncul karena peristiwa yang tidak terduga seperti.
perang sehingga menghasilkan pola yang tidak beraturan Seperti pada. Gambar 2 1 pola acak fluktuasi data berubah ubah tidak dapat diprediksi. Gambar 2 1 Bentuk Umum Pola Acak,2 Pola Musiman, Pola musiman dihasilkan oleh kejadian yang terjadi secara musiman. atau periodik contoh iklim hari besar keagamaan kwartal waktu terntu. Seperti pada gambar 2 2 terjadi peningkatan diperiode 6 12 dan 18. Gambar 2 2 Bentuk Umum Pola Musiman,3 Pola Siklus, Pola siklus adalah pola perubahan naik atau turun sehingga siklus. ini berubah dan bervariasi dari suatu siklus ke siklus berikutnya Pola. siklus dihasilkan oleh pengaruh ekspansi ekonomi,Gambar 2 3 Bentuk Umum Pola Siklus. 4 Pola Trend, Pola trend disebabkan oleh perubahan jangka panjang yang terjadi. di sekitar faktor faktor yang mempengaruhi data runtut waktu time. series Di dalam pola trend terjadi peningkatan atau penurunan selama. beberapa periode tertentu Seperti pada gambar 2 4 pola data mempunyai. kencenderungan meningkat,Gambar 2 4 Bentuk Umum Pola Trend.
2 3 Metode Exponential Smoothing, Exponential Smoothing adalah suatu prosedur yang secara terus menerus. memperbaiki peramalan dengan merata rata nilai masa lalu dari suatu data. runtut waktu dengan cara menurun exponential Macam macam metode. exponential smoothing yaitu Makridakis 2000,2 3 1 Single Exponential Smoothing. Metode Single Exponential Smoothing menambahkan parameter. alpha dalam model untuk mengurangi faktor kerandoman Nilai prediksi. dapat dicari dengan menggunakan rumus berikut Makridakis 2000. Y t 1 Yt 1 Y t 1,Y t 1 nilai prediksi untuk periode berikutnya. konstanta smoothing,Yt data sebenarnya pada periode t. Y t nilai prediksi pada periode t yang diperoleh dari rata rata. penghalusan hingga periode t 1,2 3 2 Double Exponential Smoothing.
Metode single exponential smoothing hanya akan efektif apabila. data time series yang diamati memiliki pola horizontal Jika metode itu. digunakan untuk data time series yang memiliki unsur trend yang. konsisten nilai nilai perkiraan akan selalu berada di belakang nilai. 2 3 2 1 Metode Brown s,Metode ini dikembangkan oleh Brown s untuk. mengatasi perbedaan yang muncul antara data aktual dan nilai. peramalan apabila ada trend pada polanya Persamaan yang. digunakan pada metode ini adalah Makridakis 2000,At Yt 1 At 1 2. A t At 1 A t 1 3,at 2 At A t 4,bt At A t 5, Persamaan yang digunakan untuk membuat peramalan pada. periode p yang akan datang adalah,Y t p at bt p 6,At nilai exponential smoothing. A t nilai double exponential smoothing,konstanta pemulusan.
at perbedaan antara nilai nilai exponential smoothing. bt estimasi trend,Yt nilai aktual pada periode t,p jumlah periode ke depan yang akan diramalkan. 2 3 2 2 Metode Holt,Metode ini nilai trend tidak dimuluskan dengan. pemulusan ganda secara langsung tetapi proses pemulusan. trend dilakuakan dengan parameter berbeda dengan parameter. pada pemulusan data asli Secara matematis metode ini ditulis. pada tiga persamaan Makridakis 2000,At Yt 1 At 1 Tt 1 7. Tt At At 1 1 Tt 1 8, Persamaan yang digunakan untuk membuat peramalan pada. periode p yang akan datang adalah,Y t p At Tt p 9,At nilai exponential smoothing.
konstanta pemulusan untuk data 0 1,konstanta pemulusan untuk estimasi trend 0 1. Yt nilai aktual pada periode t,Tt estimasi trend,p jumlah periode ke depan yang akan diramalkan. Untuk menentukan besarnya nilai untuk data kita dapat. melihat pola historis data aktualnya Apabila pola historis. sangat bergejolak atau tidak stabil dari waktu ke waktu maka. kita memilih nilai mendekati 1 Sebaliknya apabila pola. historis relatif stabil kita dapat memilih nilai mendekati 0. begitu juga sama dengan menentukan nilai Apabila pola data. estimasi trend tidak stabil maka kita memilih nilai mendekati. 1 Sebaliknya apabila pola data stabil maka kita memilih nilai. mendekati 0,2 4 Unified Modelling Language UML, Pemodelan perangkat lunak dalam pembangunan perangkat lunak. sangatlah penting karena pemodelan berfungsi untuk mempermudah langkah. berikutnya dari pengembangan sebuah sistem informasi sehingga lebih. terencana Perangkat pemodelan adalah suatu model yang digunakan untuk. menguraikan sistem menjadi bagian bagian yang dapat diatur dan. mennkomunikasikan ciri konseptual dan fungsional kepada pengamat Salah. satu perangkat pemodelan adalah Unified Modelling Language UML UML. muncul karena adanya kebutuhan pemodelan visual untuk menspesifikasi. menggambarkan membangun dan dokumentasi dari sistem perangkat lunak. Salahuddin S 2013, Pada UML 2 3 terdiri dari 13 macam yang dibagi menjadi 3 kategori. 1 Structure diagrams adalah kumpulan diagram yang digunakan untuk. menggambarkan suatu struktur statis dari sistem yang dimodelkan. 2 Behavior diagrams adalah kumpulan diagram yang digunakan untuk. menggambarkan kelakuan sistem atau rangkaian perubahan yang terjadi. pada sebuah sistem, 3 Interaction diagrams adalah kumpulan diagram yang digunakan untuk.
menggambarkan interaksi sistem dengan sistem lain maupun interaksi. antar subsistem pada suatu system,2 4 1 Diagram Kelas Class Diagram. Diagram kelas menggambarkan struktur sistem dari segi. pendefinisian kelas kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem. Setiap kelas memiliki atribut dan metode atau operasi Atribut adalah. variabel variabel yang dimiliki oleh suatu kelas Metode atau operasi. adalah fungsi fungsi yang dimiliki oleh suatu kelas. Susunan struktur kelas yang baik pada diagram kelas sebaiknya. memiliki jenis jenis kelas berikut, 1 Kelas main Kelas yang memiliki fungsi awal dieksekusi ketika. sistem dijalankan, 2 Kelas yang menangani tampilan sistem view Kelas yang. mendifinisikan dan mengatur tampilan tampilan ke pemakai. 3 Kelas yang diambil dari pendefinisian use case controller Kelas. yang menangani fungsi fungsi yang harus ada diambil dari. pendefinisian use case kelas ini biasanya disebut dengan kelas. proses yang menangani proses bisnis pada perangkat lunak. 4 Kelas yang diambil dari pendefinisian data atau model Kelas yang. digunakan untuk membungkus data menjadi sebuah kesatuan yang. diambil maupun akan disimpan ke basis data, Berikut adalah simbol simbol yang ada pada diagram kelas Salahuddin. Tabel 2 1 Simbol Diagram Kelas,Simbol Deskripsi,Kelas Kelas pada struktur system.
nama kelas,Antar muka interface Sama dengan konsep interface. dalam pemrograman berorientasi,nama interface objek. Asosiasi association Relasi antar kelas dengan makna. umum asosiasi biasanya juga,disertai dengan multiplicity. Asosiasi berarah directed Relasi antar kelas dengan makna. association kelas yang satu digunakan oleh,kelas yang lain asosiasi biasanya. juga disertai dengan multiplicity,Generalisasi Relasi antar kelas dengan makna.
generalisasi spesifikasi umum, Kebergantungan dependency Kebergantungan antar kelas. Agregrasi aggregation Relasi antar kelas dengan makna. semua bagian whole part,2 4 2 Diagram Use Case Use Case Diagram. Diagram use case adalah pemodelan untuk kelakuan behavior. sistem informasi yang akan dibuat Use case mendeskripsikan sebuah. interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem informasi yang akan. dibuat Secara garis besar use case digunakan untuk mengetahui fungsi. apa saja yang ada di dalam sebuiah sistem informasi dan siapa saja yang. berhak menggunakan fungsi fungsi itu Ada dua hal utama pada use case. yaitu pendefinisian actor dan use case Aktor merupakan orang proses. atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem yang akan dibuat diluar. sistem informasi yang akan dibuat itu sendiri Use case merupakan. fungsionalitas yang disediakan sistem sebagai unit unit yang saling. bertukar pesan antar unit atau actor, Berikut ini adalah simbol simbol yang ada pada diagram use case. Salahuddin S 2013,Tabel 2 2 Simbol Diagram Use Case. Simbol Deskripsi,Use case Fungsionalitas yang akan.
disediakan sistem sebagai unit unit,nama use case yang saling bertukar pesan antar. unit atau aktor biasanya dinyatakan,dengan menggunakan kata kerja. diawal frase nama use case,Aktor actor Orang proses atau sistem lain. yang berinteraksi dengan sistem,yang akan dibuat diluar sistem. Simbol Deskripsi,informasi yang akan dibuat itu,sendiri biasanya dinyatakan.
menggunakan kata benda di awal,nama aktor frase nama aktor. Asosiasi association Komunikasi antara aktor dan use. case yang berpartisasi pada use,case atau use case memiliki. interkasi dengan aktor,Ekstensi extend Relasi use case tambahan ke. sebuah use case dimana use case,extend yang ditambahkan dapat berdiri. sendiri walau tanpa use case,tambahan itu, Generalisasi generalization Hubungan generalisasi dan.
spesisialisasi umum khusus,antara dua buah use case diamana. fungsi yang satu adalah fungsi yang,lebih umum dari lainnya. Menggunakan include uses Relasi use case tambahan ke. sebuah use case dimana use case,include yang ditambahkan memerlukan use. case ini untuk menjalankan,uses fungsinya atau sebagai syarat. dijalankan use case ini,2 4 3 Diagram Aktivitas Activity Diagram.
Diagram aktivitas menggambarkan workflow aliran kerja atau. aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis atau menu yang ada pada. perangkat lunak Diagram aktivitas juga banyak digunakan untuk. mendefinisikan hal hal berikut, 1 Rancangan proses bisnis adalah setiap urutan aktivitas yang. digambarkan merupakan proses bisnis sistem yang didefinisikan. 2 Urutan atau pengelompokan tampilan dari sistem user interface. dengan setiap aktivitas dianggap memiliki sebuah rancangan. antarmuka tampilan, 3 Rancangan pengujian adalah setiap aktivitas dianggap memerlukan. sebuah pengujian yang perlu didefinisikan kasus ujinya. 4 Rancangan menu yang ditampilkan pada perangkat lunak. Berikut adalah simbol simbol yang ada diagram aktivitas Salahuddin. Tabel 2 3 Simbol Diagram Aktivitas,Simbol Deskripsi. Status awal Status awal aktivitas sistem sebuah,diagram aktivitas memiliki sebuah. status awal,Aktivitas Aktivitas yang dilakukan sistem.
Percabangan decision Asosiasi percabangan dimana jika. Simbol Deskripsi,ada pilihan aktivitas lebih dari satu. Penggabungan join Asosiasi penggabungan dimana,lebih dari satu aktivitas. digabungkan menjadi satu,Status akhhir Status akhir yang dilakukan sistem. sebiah diagram aktivitas memiliki,sebuah status akhir. Swimlane Memisahkan organisasi bisnis yang,nama swimlane bertanggung jawab terhadap.
akktivitas yang terjadi,2 4 4 Sequence Diagram, Sequence diagram menggambarkan kelakuan objek pada use case. dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan message yang. dikirimkan dan diterima antar objek Berikut adalah simbol simbol yang. ada pada diagram sekuen Salahuddin S 2013,Tabel 2 4 Simbol Sequence Diagram. Simbol Deskripsi,Aktor Orang proses atau sistem lain yang. berinteraksi dengan sistem yang,akan dibuat diluar sistem informasi. Peramalan forecasting sangat penting bagi setiap organisasi karena hal ini akan menjadi dasar pengambilan keputusan manajemen yang tentunya akan mempengaruhi perkembangan organisasi Metode peramalan berfungsi untuk memprediksi data runtut waktu time series beberapa periode yang akan datang berdasarkan data beberapa periode sebelumnya Peramalan adalah memprediksi kejadian yang akan

Related Books