ASTRONOMI DI LUAR PENGAMATAN

Astronomi Di Luar Pengamatan-Free PDF

  • Date:21 Feb 2020
  • Views:57
  • Downloads:0
  • Pages:11
  • Size:695.92 KB

Share Pdf : Astronomi Di Luar Pengamatan

Download and Preview : Astronomi Di Luar Pengamatan


Report CopyRight/DMCA Form For : Astronomi Di Luar Pengamatan


Transcription:

Gambar 3a Jika benda yang terdiversi adalah objek yang. diperluas gambar yang didapatkan adalah sekumpulan percikan 5a. cahaya atau cincin utuh, Gambar 3b Kilauan percikan cahaya yang besar dibentuk oleh. kluster galaksi Abell 2218, Gambar 3c Cincin utuk dari galaksi di belakang deflektor. Aktifitas 1 Simulasi lensa gravitasi menggunakan,gelas anggur wine. Kita dapat mensimulasikan lensa gravitasi dengan, menggunakan gelas anggur Eksperimen ini menunjukan. bagaimana mengenalkan distorsi pada gambar yang,diamati 5c.
Gambar 5a Cahaya senter terbelokkan seperti cahaya antara 2. Simulasi ini sangat mudah dilihat dan mengawali cahaya titik merah Gambar 5b Seperti persegi panjang yang tak. eksperimen pengamatan ruang distorsi Caranya mudah berbentuk dan Gambar 5c Einstein cross. yaitu dengan meletakkan gelas pada kertas milimeter blok. dan lihat melalui anggur putih atau jus apel Kita dapat atau busur merah antara titik titik gambar 5a 5b dan 5c. melihat garis milimeter blok yang terdistorsi gambar 4a. dan 4b Kita juga dapat mensimulasikan lensa gravitasi yang dilihat. melalui kaki gelas anggur Jika kita menaruh kaki gelas pada. kertas milimeter blok dan mengamatinya kita dapat lihat. deformasi dari garis garis yang terjadi dari kaki gelas. tersebut gambar 6, 4a 4b Pindahkan kaki gelas secara perlahan dari kanan ke kiri di. Gambar 4a dan 4b Kita hanya dapat melihat distorsi dari garis atas objek contoh lingkaran merah ukuran 3cm kita. milimeter blok jika gelas terisi penuh dapat menghasilkan bentuk yang diamati dari lensa. gravitasi gambar 7, Sekarang mari kita simulasikan cincin Einstein atau gambar Pindahkan kaki gelas perlahan dari kanan ke kiri atas dari. berganda Ambil senter letakkan senter pada sisi lain dari. gelas yang terisi penuh jus atau anggur merah dan amati. sinar cahaya yang melewati isi gelas tersebut, Lihat pada sinar cahayanya kita pindahkan dari kanan ke. kiri dan dari atas ke bawah Dapat kita lihat bahwa cahaya. menghasilkan gambar berulang dan pada beberapa kasus. terdapat lengkungan cahaya Ini terjadi akibat dari gelas. yang berperan sebagai lensa yang membelokkan lintasan Gambar 6 Deformasi garis garis. cahaya Khususnya terkadang kita melihat gambar yang. tak berbentuk atau cahaya titik merah empat titik merah. Pengamatan Alam Semesta dari seluruh daerah spektrum. elektromagnetik dimana para ahli astronomi menyebut. pengamatan multi panjang gelombang atau multi,wavelength observation memberikan gambaran lebih. jelas mengenai strukturnya suhu dan energi dan membuat. Gambar 7a 7b dan 7c Kaki gelas dapat mensimulasikan model yang lebih realistis yang berhubungan dengan. beberapa bentuk yang dibentuk oleh lensa gravitasi ruas busur evolusi. arc segments gambar titik titik dan cincin Einstein. Gambar 9 menunjukan pusat dari Galaksi Milky Way yang. objek contoh lingkaran merah ukuran 3cm kita dapat. digambarkan oleh teleskop ruang angkasa Spitzer, menghasilkan bentuk yang diamati dari lensa gravitasi.
inframerah Hubble terlihat dan Chandra X ray Di,gambar 7a 7b dan 7c. setiap hasil pengamatan tersebut kita mengamati objek. dan detail yang tidak terlihat di panjang gelombang. Spektrum Elektromagnetik, Panjang gelombang elektromagnetik mencakup frekuensi. dan panjang gelombang dengan cakupan yang luas dan. dapat dikategorikan sebagai sumber utama dari asalnya. Kategori ini tidak memiliki batasan tepat Satu set dari. semua panjang gelombang disebut spektrum,elektromagnetik. Gambar 8a memperlihatkan daerah berbeda pada,spektrum dengan wilayahnya masing masing Ini. mengindikasikan ukuran antara puncak panjang,gelombang panjang gelombang dan beberapa objek.
dengan ukuran bentuknya atom lalat gunung untuk,mengetahui berapa besar panjang gelombangnya. Pada gambar yang sama kita dapat menyadari bagaimana. kita melihat Matahari dan Jupiter jika mengamati Gambar 9 Pusat Galaksi Milky Way digambarkan dengan. mereka pada panjang gelombang yang dimana mata kita beberapa panjang gelombang. tidak dapat mendeteksinya Foto ini dibuat dengan alat. pendeteksi khusus yang sensitive terhadap panjang Aktifitas 2 Membuat Spektrometer. gelombang Cahaya putih dari lampu pijar terdiri dari semua warna. sedangkan cahaya lampu yang dari gas lampu neon lampu. Di Alam Semesta ada material yang temperaturnya lebih hemat energi atau lampu jalan terdiri dari hanya. rendah dari bintang contohnya adalah awan dari material beberapa warna Jika kita memisahkan warna cahaya kita. antar bintang interstellar Awan ini tidak memancarkan akan memperoleh spektrumnya dimana jika gas terdiri. radiasi yang terlihat tetapi dapat dideteksi pada panjang dari satu set garis warna Tiap tiap tipe gas memiliki. gelombang panjang seperti inframerah panjang spektrumnya sendiri dimana campuran barcode pada. gelombang mikro microwave dan panjang gelombang gasnya Jika kita lihat pada cahaya dari galaksi jauh dengan. radio spektroskop karakteristik garis dari hidrogen dan gas. lainnya condong menjadi warna merah dikenal dengan. redshift dengan perpindahan lebih besar lebih jauh juga. galaksi nya, Dengan gunting yang kuat potong bagian dari CD atau DVD. menjadi bentuk gambar 10a yang tidak terkena labelnya. Jika menggunakan DVD pisahkan lapisan atas dari bawah. dengan potongan plastik kamu mungkin membutuhkan,gunting atau obeng untuk membantu dan kamu harus. persiapkan kekisi difraksi diffraction grating Jika kamu. menggunakan CD CD hanya memiliki satu lapisan plastik. dan kamu harus melepaskan lapisan metalnya dengan hati. Gambar 8 Spektrum elektromagnetik dengan ukuran objek dan hari Gunakan silet untuk mempermudah. panjang gelombangnya Matahari atas dan Saturnus bawah. diamati dari panjang gelombang yang berbeda warna yang Fotokopi templat contoh sesuai gambar 11 Jika. disimulasikan menggunakan kertas A3 itu akan lebih akurat Gunting. templat termasuk bagian putihnya bagian berlekuk dan Kamu dapat mengamati lampu jalan yang warna kuning. buat potongan tipis pada garis dekat skala Kamu tidak sodium dan putih merkuri vapor keduanya akan. perlu menggunting skalanya Rakit kotaknya bagian hitam berhasil Lampu pijar kuning menghasilkan spektrum. harus di dalam tempel penutup penutup kotak Pada berkelanjutan. bolongan bagian berlekuk tempel bagian CD atau DVD. yang sudah dipotong tadi Siswa yang lebih muda dapat membagi cahaya dan. membuat pelangi Gunakan selang air dengan diffuser dan. membelakangi matahari gambar 13, Gambar 10a Bahan bahan yang dibutuhkan DVD gunting dan. kertas kotak, Gambar 13 Siswa yang lebih muda dapat membagi cahaya.
menjadi pelangi,Apa yang dimaksud dengan Inframerah. Gambar 10b Melepas lapisan metal pada CD dengan selotip Daerah inframerah dari spektrum elektromagnetik. ditemukan oleh William Herschel penemu planet Uranus. Lihat dari potongan DVD dan arahkan potongan tipis dari pada tahun 1800 menggunakan sebuah prisma dan. kotak tadi bukan skala pada lampu bertenaga rendah termometer Dia menghasilkan spektrum dengan melewati. atau lampu neon gambar 10 Kamu seharusnya dapat cahaya putih matahari melalui prisma dan menempatkan. melihat garis emisi dari lampu gas pada skalanya Jika kamu beberapa termometer satu pada daerah biru dan lainnya. tidak bisa melihatnya geser potongan tipis sampai garis pada daerah merah kedua warna dapat dilihat oleh mata. warna terlihat Skala tersebut dibaca dengan ukuran dan termometer ketiga ditempatkan pada warna diatas. ratusan nanometer contoh jika di skala menunjukan 5 merah dan seterusnya Dengan termometer ke empat. makan dibacanya 500nm 500 10 9 m Makin sempit untuk mengukur suhu lingkungan dan menemukan bahwa. potongan tipis makin akurat ukuran panjang gelombang suhu pada termometer di area di bawah merah oleh. dari garis yang terbentuk karena itu dinamakan infra merah lebih besar dari suhu. lingkungan sekitar,Kamu juga dapat membuat kotak dari kertas konkord. hitam kertas lebih tebal tetapi kamu harus menggunting Herschel melakukan eksperimen lain dengan heat rays. bagian skala dan menambal di belakangnya dengan kertas dia menyebutnya begitu bahwa yang ada di atas daerah. putih sehingga kamu dapat melihat garisnya merah dari spektrum menunjukan bahwa mereka. memantulkan membelokkan menyerap dan,memancarkan seperti cahaya terlihat Heat rays ini. disebut sinar inframerah atau radiasi inframerah,Penemuan ini dilanjutkan dengan yang lain yang. menghasilkan beberapa aplikasi teknologi lain,Gambar 11 Melihat ke lampu neon.
Gambar 12 Templat untuk spektrometer, Tubuh yang menunjukan suhu rendah tidak terpancarkan. pada daerah spektrum yang terlihat tetapi pada yang lebih. panjang yang mengakibatkan energi yang terbuang lebih. rendah Contohnya adalah tubuh kita dan binatang, memancarkan radiasi inframerah yang dapat kita deteksi. dengan mata telanjang dimana dirasakan sebagai pancaran. panas pada tubuh Semua objek yang ada pada suhu,tertentu memancarkan inframerah gambar 13 dan 14. Kacamata untuk melihat dalam gelap dapat mendeteksi. radiasi tersebut yang tidak bisa dilihat oleh mata kita. Gambar 15 Alat Herschel 3 termometer pada spektrum. menandakan suhu lebih tinggi dari suhu lingkungan sekitar. Gambar 14 Gambar Inframerah Kita dapat memvisualisasikan. dengan warna dari area panas ke dingin,Aktifitas 3 Percobaan Herschel pada IR band. Tujuannya adalah untuk mengulang percobaan yang, dilakukan pada tahun 1800 oleh ahli astronomi terkenal Sir.
Willian Herschel yang menemukan bentuk dari radiasi lain. dari cahaya yang terlihat Kita membutuhkan sebuah Gambar 16a Letakkan 3 termometer dengan pentolan hitam. prisma 4 termometer spidol hitam permanen gunting dan spektrum pada sisi bayangan. selotip kotak kardus dan kertas putih Kita tempel Gambar 16b Termometer pada biru kuning dan merah. pentolan termometer dan diwarnai hitam dengan spidol Gambar 16c Contoh pengukuran dalam 3 menit. hitam untuk menyerap matahari lebih baik www spitzer caltech edu. Percobaan ini harus dilakukan di luar ruangan dengan termometer pada cahaya spektrum sehingga tiap pentolan. cuaca yang sangat cerah Jika berangin percobaan dapat tersebut satu warna satu pada daerah biru yang lain di. dilakukan di dalam ruangan dengan menempatkan alat kuning dan yang ketiga ada pada sedikit ke daerah warna. dekat jendela yang dapat memancarkan sinar matahari merah yang terlihat Ini dapat membantu kita melihat. masuk ke ruangan secara langsung Letakkan kertas putih ukuran skala jangan geser termometer ketika sedang. pada bawah kardus jadi pada sisi matahari Di dalam melakukan pengamatan gambar 15 ke 16c. kardus harus semuanya tertutup atau hampir semuanya. tertutup bayangan gambar 15 ke 16c Putar prisma Temperatur membutuhkan waktu 5 menit untuk sampai. sampai spektrum terlihat selebar mungkin pada kertas di pada hasil akhir Kita mencatat temperatur tiap menit pada. bawah kotak table di tiap 3 daerah warna spektrum dan juga suhu. lingkungan sekitar Kita tidak boleh menggeser posisi. Setelah mendapatkan posisi prisma letakkan 3 termometer pada spektrumnya atau menutupi cahaya. Tabel 1 Tabel data percobaan, Termometer pada daerah kuning gambar 16c harus Kejutan Alat yang kita gunakan untuk memberikan sinyal. menunjukan suhu yang lebih tinggi dari daerah biru dan untuk menghidupkan TV atau alat elektronik lainnya. salah satu yang dekat merah suhunya harus lebih tinggi memiliki cahaya inframerah yang mata telanjang kita tidak. sedikit jadi masuk akal bahwa termometer di samping dapat lihat tetapi di kamera bisa. merah terdapat semacam radiasi dari matahari dapat. dilihat oleh mata kita Aktifitas 5 Mendeteksi cahaya inframerah pada. bola lampu, Aktifitas 4 Mendeteksi inframerah dengan alat Kebanyakan benda benda langit memancarkan banyak. teknologi modern panjang gelombang Jika diantara mereka dan kita terdapat. Jika kita ingin mendeteksi inframerah dengan teknologi debu atau gas beberapa panjang gelombang dapat. modern mungkin yang pertama kali terfikirkan adalah terhalang tetapi tidak yang lainnya Contohnya adalah. mode malam yang dapat melihat inframerah terpancar debu di pusat galaksi kita mencegah kita untuk melihat. dari tubuh kita Tetapi bukan alat yang dapat didapatkan cahaya terlihat yang intensitasnya tinggi yang dihasilkan. oleh siapapun Pertimbangkan alat yang lebih ekonomis dari konsenterasi jutaan bintang disana Tetapi. dan mudah didapat bagaimanapun debu itu transparan pada cahaya. inframerah yang dapat menembusnya dan sampai terlihat. Remot kontrol untuk menyalakan TV radio dan microwave kita Ini juga berlaku pada awan debu gelap lain pada. menggunakan inframerah jangan gunakan juga yang galaksi kita gambar 18a dan 18b. memiliki lampu pijar merah Adakan cara untuk melihat. radiasi yang tidak terlihat dan tiba tiba menjadi sesuatu. yang terdeteksi, Untuk itu kita harus mencari alat pendeteksi detector. yang sensitif terhadap inframerah Ada beberapa produk. teknologi karena perkembangan studi untuk cahaya pada. Astronomi disebut CCD singkatan dari Charged Coupled. Device Alat ini dapat menangkap dan mengumpulkan, poton untuk beberapa waktu lalu kita dapat melihat Gambar 18a Awan debu pada daerah yang terlihat. objek yang memancarkan refleksi cahaya CCD lebih Gambar 18b Dengan lapisan penglihatan inframerah. sensitif dari area merah dan pada beberapa persoalan. Pada pemancaran dari bola lampu pijar hampir semua. cakupan efisiensinya mendekati cakupan inframerah, energi memancarkan pada daerah terlihat tetapi juga.
ASTRONOMI DI LUAR PENGAMATAN Ringkasan Benda benda luar angkasa memancarkan berbagai panjang gelombang dari spektrum elektromagnetik tetapi mata manusia hanya dapat membedakan bagian bagian kecil darinya yang disebut daerah terlihat the visible region Terdapat beberapa cara melalui percobaan

Related Books