APLIKASI RPUL Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap DUNIA

Aplikasi Rpul Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Dunia-Free PDF

  • Date:17 Nov 2019
  • Views:254
  • Downloads:25
  • Pages:15
  • Size:691.68 KB

Share Pdf : Aplikasi Rpul Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Dunia

Download and Preview : Aplikasi Rpul Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Dunia


Report CopyRight/DMCA Form For : Aplikasi Rpul Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Dunia


Transcription:

APLICATION WORLD RPUL A Complete Summary Of General. Knowledge BASED ON INTERACTIVE MULTIMEDIA, APLIKASI RPUL Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap DUNIA. BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF, Puput Susilowati 07 12 2631 . Jurusan Sistem Informasi, STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. The author chose to make this application in order to help students and the general. public in understanding the Science of general knowledge especially the World The. application also does not bind a particular agency because this application can be used. by parents to explain to the child , World RPUL application contains all the things of the world With support based. computerized system the World RPUL which usually only packaged in book form will be. created in digital form in the form of interactive multimedia Therefore it is expected that. users will not get bored to read and study it because of the developments happening in. the world is very important to be known , To make this system writer using Macromedia Director Mx 2004 V10 Adobe.
Photosop Cs 3 After Effects CS3 and Adobe Audition . Keywords Aplication General Knowledge World Interactive Multimedia. 1 Pendahuluan, RPUL Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap dunia adalah sebuah. buku pintar yang berisi rangkuman pengetahuan Umum tentang dunia Karena masih. dikemas dalam bentuk buku biasanya banyak dari kalangan pelajar malas untuk. membacanya Mereka akan beralasan cepat bosan dan kurang menarik karena. isinya hanya terfokus pada teks , Dengan pengetahuan yang didapat saat mengikuti mata kuliah multimedia . penulis ingin menerapkan inlmu multimedia ini dengan ilmu pengetahuan umum. untuk menyajikan kepada pelajar , Karena menurut penulis dengan menggunakan multimedia maka informasi. yang ada didalamnya mudah diserap oleh pengguna Dengan menggunakan aplikasi. RPUL Dunia Berbasis Multimedia interaktif ini sebagai acuan untuk menggunakan. konsep pengkemasan informasi Pemilihan konsep dengan struktur hierarki karena. dengan menggunakan struktur hierarki para pengguna lebih interaktif dalam memilih. namun tetap memilih alur yang telah dibuat ,2 Dasar Teori. 2 1 Multimedia, Dalam industri elektronika multimedia adalah kombinasi dari komputer.
dan video Rosch 1996 atau multimedia secara umum merupakan kombinasi. dari tiga elemen yaitu suara gambar dan teks McCormick 1996 atau. Multimedia adalah kombinasi paling sedikit dua media input dan output dari data . media ini dapat audio suara musik animasi video teks grafik dan gambar. Turban dkk 2002 atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan. presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks grafik . animasi audio dan gambar video Robin dan Linda 2001 . Elemen Multimedia, Text, Audio, Image, Animasi, Video. 2 2 Struktur Multimedia, 2 2 1 Struktur Linier, Struktur yang paling sederhana dalam mendesain aliran aplikasi. multimedia User dapat maju next dan kembali back dalam menampilkan. animasi multimedia , Gambar 2 1 Struktur Linier, 2 2 2 Struktur hierarki. Struktur hierarki ini menunjukkan semua level secara bersamaan Masing. masing level menyediakan sebuah menu pilihan yang menonjolkan lebih banyak. menu dengan lebih banyak pilihan Tidak ada batasan jumlah menu dan sub menu. dalam sebuah struktur hierarki , Gambar 2 2 Struktur Hierarki. 2 2 3 Struktur Piramida, Struktur piramida lebih cocok untuk menunjukkan semua level yang.
diantaranya ketiga sumber yang memiliki tingkat ketersediaan yang sama dan ketiga. bagian dari aplikasi sama sama menggunakan suara photo video dan interaksi. secara bersamaan , Gambar 2 3 Struktur Piramida, 2 2 4 Struktur Polar. Struktur polar akan membuat recources tiga level dimana semua level. memiliki recources yang universal , Gambar 2 4 Struktur Polar. Dari keempat desain struktur link menu multimedia diatas terdapat icon icon. untuk lebih memudahkan pemahaman Keterangan dari icon icon tersebut seperti yang. diterangkan dibawah ini , Home menu , Level 2 sub menu 2 . Level 3 sub menu 3 , Level 1 sub menu 1 , Gambar 2 5 Model Icon. 3 Analisis, 3 1 Analisis SWOT, Kelemahan Weakness .
Faktor Kekuatan Strength , Design yang, Internal Tampilan yang interaktif. Aplikasinya mudah, Suara narator yang, untuk dipahami. pelan dan kurang,Faktor Informasi yang belum,Eksternal lengkap. Strategi SO Strategi WO,3 Peluang Opportunity , Tampilannya yang Design yang sederhana. Dapat menarik minat, interaktif dan mudah sehingga dapat.
dipahami sehingga menarik minat para, Belum banyak produk dapat menarik minat penggunanya karena. sejenis di pasaran para penggunanya mudah untuk dipahami. Bias dijadikan sebagai Dengan adanya, penunjang belajar narrator dalam aplikasi. karena belum banyak ini walaupun suara, produk sejenis di narrator kurang jelas. pasaran dan kurang jernih , dapat meningkatkan, minat user untuk. menggunakan aplikasi, Strategi ST Strategi WT,4 Ancaman Threat .
Memberikan tampilan Design aplikasinya, Persaingan dengan. yang lebih interaktif sederhana sehingga, produk sejenis lainnya. sehingga dapat dapat meningkatkan, bersaing dengan daya saing dengan. produk sejenis lainnya produk sejenis lainnya , Aplikasinya mudah. untuk dipahami, sehingga dapat, berakibat positif dalam.
peningkatan daya saing, dengan produk sejenis,3 2 Analisis Kebutuhan Sistem. a Kebutuhan Fungsional Sistem, Sistem mencakup informasi yang diperlukan . User dapat dengan cepat mengerti informasi yang diberikan oleh sistem . User dapat memilih topik yang akan dipelajari , User dapat melakukan pencarian sehingga informasi yang diperoleh lebih. User dapat memperoleh informasi tentang profil Negara sekaligus dapat. melihat gambar bendera dan lambang Negara tersebut . b Kebutuhan Non Fungsional Sistem, 1 Kebutuhan Perangkat Lunak. Sistem Operasi Microsoft Windows XP Professional SP 2. Adobe Photoshop CS 3, Macromedia Director MX 2004.
Audition 2 0, Sothink SWF Easy, 2 Kebutuhan Informasi. User Manual User dapat mengerti bagaimana menjalankan program . 3 Kebutuhan User, Pengoperasian program dilakukan oleh pengguna . Analisis sistem membuat program desain grafis dikerjakan oleh. spesialis informasi , 3 3 Analisis Kelayakan Sistem. Analisis kelayakan adalah suatu studi yang akan digunakan untuk menentukan. kemungkinan apakah pengembangan proyek sistem multimedia layak diteruskan atau. dihentikan Adapun beberapa kelayakan yang dipertimbangkan antara lain . 3 3 1 Kelayakan Teknologi, Teknologi berkembang semakin cepat tak terkendali yaitu teknologi komputer . Komputer telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia Hal yang paling berguna. dalam proses penyampaian informasi dan menyediakan peluang bagi kemajuan dan. mengubah penyampaian informasi cara lama Pertanyaan yang harus dijawab untuk. menilai kelayakan teknis adalah Dapatkah media pembelajaran yang baru ini yaitu. Aplikasi RPUL Rangkuman Pengetahuan Umum Dunia berbasis multimedia ini dapat. diterapkan dengan menggunakan teknologi yang ada , Jawabannya tentu saja sistem yang baru tersebut layak dan dapat.
diterapkan karena aplikasi ini bisa berjalan atau digunakan tidak harus mengguanakan. model komputer yang baru tapi dengan model yang lama pun aplikasi ini dapat. digunakan ,3 3 2 Kelayakan Operasi, Penilaian terhadap operasi dilakukan untuk mengatur apakah media. pembelajaran yang telah dibuat tersebut dapat diterima dan dapat berjalan dengan baik . Hal ini menyangkut kemampuan media informasi tersebut dalam menghasilkan informasi . Pertanyaan mendasar yang harus dijawab untuk menilai kelayakan operasional adalah. Dapatkah Aplikasi RPUL Rangkuman Pengetahuan Umum Dunia berbasis multimedia. ini digunakan dengan mudah Jawabannya tentu dapat karena penyampaian informasi. dalam aplikasi ini berbasis multimedia yang mudah digunakan dan dapat dimengerti oleh. 3 3 3 Kelayakan Hukum, Pertanyaan mendasar yang harus dijawab untuk menilai kelayakan hukum. adalah Apakah Aplikasi RPUL Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Dunia. berbasis multimedia ini tidak melanggar etika dan hukum Jawabannya tidak karena. telah dikemas sesuai dengan materi dan tepat sasaran sistem informasi dan software. yang diinstal pun legal untuk menjaga kemampuan CD interaktif ini agar tidak melanggar. 3 4 Perancangan Sistem,3 4 1 Perancangan Konsep, Pembuatan aplikasi multimedia yang baik diperlukan suatu rancangan konsep. yang jelas untuk menjelaskan obyek obyek yang akan disampaikan dalam aplikasi . Merancang konsep merupakan dasar dari sebuah aplikasi multimedia dimana penulis. berusaha untuk memberikan gambaran mengenai RPUL Dunia yang akan dibuat . Didalam pengolahan aplikasi penulis membuat informasi tersebut ke dalam. beberapa tampilan atau jendela Urutan yang pertama kali apabila pengguna. menggunakan aplikasi ini adalah melihat jendela menu utama yang merupakan pusat. dari aplikasi ini sebab jendela menu utama mempunyai isi sub yang dapat di link ke. jendela tujuan yang menyajikan informasi dengan bantuan tombol interaktif Supaya lebih. menarik aplikasi ini dilengkapi dengan animasi serta desain gambar yang menarik. dengan memadukan beberapa unsur penting multimedia seperti suara gambar teks dan. 3 4 2 Perancangan Isi, Untuk memberikan kemudahan dalam penggunaannya maka diperlukan. perancangan isi yang benar benar dalam aplikasi multimedia ini Cara yang digunakan. adalah dengan membagi isi yang ada kedalam beberapa bagian menu . Dalam aplikasi ini durasi untuk setiap level berbeda beda disesuaikan dengan. materi yang dikandungnya tetapi tetap dirancang agar tidak terkesan monoton sehingga. pengguna dapat mengerti maksudnya Sesuai dengan tujuan sebelumnya yaitu agar. aplikasi ini dapat berinteraksi dengan pengguna maka interface dan navigasi yang ada di. aplikasi ini ditujukan agar pengguna dapat mengontrol secara penuh Tentunya dengan. menggunakan perintah perintah yang tersedia didalam tombol navigasi . Dalam merancang isi hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat diagram. aplikasi Dalam aplikasi ini menggunakan struktur hierarki yang menonjolkan lebih. banyak menu dengan lebih banyak pilihan Tidak ada batas ukuran atau jumlah menu. dan sub menu yang dimiliki adapun diagramnya sebagai berikut . Gambar 3 1 Struktur Hierarki Pada aplikasi RPUL Dunia. Keterangan , 2 Menu utama, 3 1 Tombol Asia, 3 2 Tombol Afrika.
3 3 Tombol Eropa, 3 4 Tombol Amerika, 3 5 Tombol Oseania. 4 Tokoh dunia, 4 1 Tombol Penerima Nobel, 4 2 Tombol Nama Kepala Negara. 4 3 Tombol Penemu Dunia, 5 Fakta dan fenomena alam. 5 1 Daftar Negara Terluas, 5 2 Daftar Sungai Terpanjang. 5 3 Daftar Air Terjun Tertinggi, 5 4 Daftar Danau Terbesar.
5 5 Daftar Gua terdalam, 5 6 Daftar Puncak Gunung Tertinggi. 5 7 Daftar Gempa Terdahsyat, 5 8 Daftar Kantor Berita Dunia. 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan, Berdasarkan dari wawancara dari 8 orang responden yaitu beberapa siswa SD. kelas 6 dan orang tua murid sebelum aplikasi ini diketahui bahwa mereka mengetahui. tentang pengetahuan umun seputar dunia namun banyak dari mereka belum paham. tentang letak Negara suatu benua dan apa saja fenomena alam yang ada di dunia . berikut ini wawancara yang dilakukan oleh penulis . Pertanyaan Ya Tidak, Tahukah anda 5 negara yang, 5 3. termasuk dalam benua afrika , Tahukah anda hasil pertanian dan.
2 6, tambang di negara Afganistan , Tahukah anda sungai nil terletak di. 6 2, negara mana , Tahukah anda puncak gunung, 3 5. tertinggi di dunia ,Studi kasus , Dian Assari 12 sekolah di SD N 1 Puren awalnya sari tidak tahu dimana letak sungai. terbesar di dunia namun setelah memakai aplikasi RPUL Dunia ini akhirnya Sari. dapat menyebutkan sungai terbesar didunia beserta letak lokasi Negara panjangnya. dan mengalir kemana , Dari hasil wawancara yang dilakukan penulis dengan 8 orang responden yang sama . berikut hasil wawancara sesudah aplikasi RPUL Dunia dibuat dan diuji Pendapat. Pertanyaan Ya Tidak, Apakah aplikasi RPUL dunia berbasis multimedia ini.
dapat memberi dan menambah pengetahuan anda, 75 25 . seputar dunia , 2 Apakah anda kesulitan dalam menjalankan aplikasi. 25 75 , RPUL dunia berbasis multimedia ini , 3 Apakah aplikasi ini menarik dalam artian dilihat dari 50 50 . segi desain tombol tombol dan animasi gambar , 4 Apakah aplikasi RPUL dunia berbasis multimedia ini 75 25 . diperlukan sebagai pendamping belajar di rumah , 5 Apakah aplikasi RPUL dunia berbasis multimedia ini 75 25 .
menambah semangat anda untuk belajar , 6 Selama pengujian apakah aplikasi ini dapat berjalan 87 5 . dengan baik , DAFTAR PUSTAKA, Dianawati Ajen 2006 Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Dunia Jakarta PT . WahyuMedia, Jogiyanto HM 1995 Analisis dan Desain Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek. Aplikasi Bisnis Yogyakarta Andi Offiset , McLeod Jr Raymond 1996 Sistem Informasi Manajernen Edisi Bahasan Indonesia jilid. II Jakarta Prenhallindo ,http id wikipedia org wiki Fakta geografi dunia.
Lemay s Laura 1997 Desain Grafik dan Halaman Web Jakarta PT Elex Media. Komputindo , Suyanto M 2004 Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran . Yogyakarta Andi Offiset ,Suyanto M 2003 Multimedia Alat . RPUL Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap dunia adalah sebuah buku pintar yang berisi rangkuman pengetahuan Umum tentang dunia Karena masih dikemas dalam bentuk buku biasanya banyak dari kalangan pelajar malas untuk

Related Books