APLIKASI PEMBELAJARAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Aplikasi Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup-Free PDF

  • Date:15 Jan 2020
  • Views:49
  • Downloads:0
  • Pages:18
  • Size:757.57 KB

Share Pdf : Aplikasi Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup

Download and Preview : Aplikasi Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup


Report CopyRight/DMCA Form For : Aplikasi Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup


Transcription:

APLIKASI PEMBELAJARAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP,BERDASARKAN KINGDOM UNTUK SMA KELAS X BERBASIS. Rindita Gani Fantoro Nurgiyatna,Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta,E Mail rinditagani gmail com. Students of Senior High School in the process of teaching and learning are. still manually by using the books to guide in learning but these methods are less. effective The students tend to be lazy to look for and buy books for a guide to. learn Therefore it needed an interesting learning media to facilitate students in. finding material Based on these problems the researcher will design build and. test learning media in the form of android applications This android application. load about material with an attractive display accompanied the video so it is able. to attract interest and to improve the understanding of students in the subjects. about the classification of living creatures especially about the kingdom. Method of making these learning media using the SDLC System. Development Life Cycle that is a model of the waterfall Planning and. construction process through several stages include the definition of needs. requirements analysis system design system development testing and. maintenance The main software that Eclipse JDK SDK ADT and. PhotoFilmStrip, The result of this research is learning media in the form of android. applications with load material about the kingdom plantae protista. archaebacteria bacteria fungi and animalia From the data it can be concluded. that the system is easy to use this system attractive appearance facilitate students. in learning so as to make it easier for students to find material about the. classification of living creatures based on the kingdom Thus the goal of. establishing the task of minithesis has been accomplished. Keywords Kingdom The Classification Of Living Creature The Media. Learning Senior High School Students, Siswa Sekolah Menengah Atas dalam proses belajar mengajar masih secara.
manual dengan menggunakan buku untuk pegangan dan belajar namun metode. tersebut kurang efektif Selain itu siswa cenderung malas untuk mencari dan. membeli buku untuk pegangan dalam belajar Oleh karena itu dibutuhkan media. pembelajaran yang menarik untuk mempermudah siswa dalam mencari materi. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis akan merancang membangun dan. menguji media pembelajaran berupaaplikasi android Aplikasi android ini memuat. tentang materi dengan tampilan yang menarik disertai video sehingga mampu. menarik minat dan memudahkan siswa untuk mata pelajaran tentang klasifikasi. makhluk hidup khusunya tentang kingdom, Metode pembuatan media pembelajaran ini menggunakan SDLC System. Development Life Cycle yaitu model waterfall Perancangan dan. pembangunannya melalui beberapa tahapan meliputi definisi kebutuhan analisis. kebutuhan desain sistem pembangunan sistem pengujian dan pemeliharaan. Software utamanya yaitu Eclipse JDK SDK ADT dan PhotoFilmStrip. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berupa aplikasi android. dengan memuat materitentang kingdom plantae protista archaebacteria. bacteria fungi dan animalia Dari data dapat disimpulkan bahwa sistem mudah. digunakan tampilan sistem ini menarik memudahkan siswa dalam belajar. sehingga dapat memudahkan siswa dalam mencari materi tentang klasifikasi. makhluk hidup berdasarkan kingdom Dengan demikian tujuan dibuatnya tugas. akhir ini telah tercapai, Kata Kunci Kingdom Klasifikasi Makhluk Hidup Media Pembelajaran Siswa. Sekolah Menengah Atas,PENDAHULUAN buku pegangan Akibatnya siswa. Biologi adalah ilmu pengetahuan terkadang cenderung malas untuk. alam yang mempelajari tentang mencari dan membeli buku Oleh. makhluk hidup salah satunya karena itu perlu dibuat sebuah. mempelajari tentang klasifikasi aplikasi yang dapat memudahkan. makhluk hidup khususnya siswa untuk belajar dan mencari. berdasarkan kingdom Pelajaran ini materi tanpa harus membeli buku. diajarkan di SMA kelas X yang serta dapat dibaca kapanpun dan. dimana kelas ini belum diwajibkan dimanapun, mengambil konsentrasi jurusan dan Dari permasalahan diatas maka. masih mempelajari semua baik IPA penulis merancang dan membuat. maupun IPS Sistem pembelajaran suatu Aplikasi Pembelajaran. disekolah masih dilakukan secara Klasifikasi Makhluk Hidup. manual dengan menggunakan media Berdasarkan Kingdom berbasis. buku untuk pegangan dan belajar android agar memudahkan siswa. Pada saat ini kemajuan teknologi terbantu dalam belajar dan mencari. informasi di era modern sangat pesat materi yang ada dibuku tanpa harus. dan berkembang yang memiliki membeli buku,pengaruh penting juga terhadap.
pendidikan Contohnya seperti TINJAUAN PUSTAKA, Smartphone PC Tablet komputer Penelitian yang dilakukan oleh. dan internet telah mempengaruhi Eko Muji Nugroho 2013. proses pembelajaran sampai saat ini Matematika merupakan ilmu yang. Banyak media pembelajaran yang mencakup aplikasi yang luas dalam. dapat digunakan salah satu media aspek kehidupan Oleh karena itu. yang digunakan yaitu Aplikasi inovasi dalam pembelajaran dan. pembelajaran pada smartphone strategi pembelajaran Matematika. meskipun perkembangan teknologi perlu dilakukan Tujuan dari. begitu pesat dan berkembang masih penelitian ini membuat suatu Aplikasi. banyak sekolah sekolah yang Pembelajaran Matematika yang. menuntut siswanya harus mempunyai mampu memperluas pengetahuan. keterampilan dan ketepatan dengan Biologi merupakan ilmu. cara yang lebih menarik dengan pengetahuan alam yang. sistemberbasis android Hasil mempelajari tentang makhluk. perancangan yaitu aplikasi hidup Ilmu penetahuan alam yang. Pembelajaran Matematika kelas 2 lainnya yaitu kimia fisika dan. SMP MTS yang berisi menu materi lain lain Saktiyono 2008. yaitu cara penyelesaian soal atau 2 Klasifikasi Makhluk Hidup MH. contoh soal yang berisi materi Klasifikasi makhluk hidup. diantaranya suku aljabar fungsi dan adalah suatu cara. relasi persamaan garis lurus mengelompokkan makhluk hidup. persamaan linier dua variabel menjadi golongan atau unit. teorema Pythagoras lingkaran dan tertentu yang disebut takson Cara. bangun ruang sisi datar Isi aplikasi pembentukan dan penyusunan. yang kedua yaitu menu kuis berisi takson takson disebut klasifikasi. kumpulan soal Matematika pilihan Saktiyono 2008,ganda yang nanti dapat menjadi 3 Kingdom. sebuah aplikasi untuk evaluasi Tingkat takson yang tertinggi. kemampuan siswa dibidang adalah kingdom atau dunia. Matematika Contohnya semua jenis hewan, Berdasarkan penelitian yang termasuk kedalam Kingdom. ada maka penulis melakukan Animalia Saktiyono 2008. penelitian dengan pembuatan aplikasi 4 Eclipse, mobile smartphone yang isinya fokus Eclipse adalah sebuah IDE. pada materi tentang klasifikasi Integrated Development. makhluk hidup berdasarkan kingdom Environment untuk. dan terdapat gambar serta video agar mengembangkan perangkat lunak. lebih mudah memahami materi serta dapat dijalankan pada semua. Terdapat beberapa landasan platform platform independent. teori yang perlu dideskripsikan antara Wahana Komputer 2013. lain sebagai berikut 5 JDK,Sun Microsystem produk 1 Memulai untuk penelitian.
ditujukan untuk pengembangan 2 Analisis kebutuhan untuk. java Pada tanggal 17 November menentukan materi Biologi siswa. 2006 Sun mengumumkan bahwa SMA kelas X khususnya tentang. akan dirilis dibawah GNU General klasifikasi makhluk hidup. Public License GPL sehingga berdasarkan kingdom yang akan. membuat perangkat lunak bebas dijadikan sebagai bahan serta. Satyaputra dkk 2012 proses pengerjaan untuk,6 SDK membuat sebuah aplikasi dan. Tools API Application kebutuhan perangkat keras serta. Programming Interface diperlukan perangkat lunak, untuk mengembangkan aplikasi 3 Pengumpulan data yang sudah. pada platform android dikumpulkan sesuai analisa,menggunakan bahasa kebutuhan. pemrograman java Mulyadi 4 Memeriksa apakah materi yang. 2010 dikumpulkan sudah lengkap dan,7 Android sesuai dengan kebutuhan berupa. sebuah sistem operasi mobile materi Biologi siswa SMA kelas. yang berbasis pada versi X tentang klasifikasi makhluk. modifikasi dari Linux Pertama hidup berdasarkan kingdom. kali sistem ini dikembangkan 5 Mendesain aplikasi android yaitu. perusahaan Android Inc Nama dengan menyusun gambaran. perusahaan inilah yang digunakan aplikasi dan merencanakan model. sebagai nama proyek tersebut aplikasinya, yaitu sistem operasi Android 6 Langkah selanjutnya yaitu.
Wahana Komputer 2013 pembuatan aplikasi Dengan,menerjemahkan hasil desain. METODE PENELITIAN aplikasi kealam skrip skrip,Agar menghasilkan aplikasi program. android yang baik ada beberapa 7 Pengujian aplikasi dilakukan. tahapan sebagai berikut setelah perancangan aplikasi. selesai agar dapat mengetahui Activity Diagram seperti. hasil pengujian untuk perbaikan Gambar 3 3,perbaikan agar mencapai sistem. yang diharapkan ar Menu,8 Apabila aplikasi sudah berjalan t. Klasifikas,o e Tampilkan,dengan baik lalu tinggal i MH.
berdsrka s,Klasifikasi MH,diterapkan N n Y,o Tentang Tampilkan. 9 Kemudian menampilkan aplikasi s Informasi,yang sudah dibuat Pengemba. 10 Menganalisa tentang hasil dari o s,pengolahan data kemudian diteliti. atau dievaluasi apakah sudah n,Gambar 3 3 Activity. sesuai dengan yang d Diagram,11 Tahap selanjutnya membuat.
2 Halaman Menu Utama,laporan penelitian hingga selesai. Rancangan halaman menu,PERANCANGAN utama ini memberikan informasi. Langkah langkah perancangan tentang menu menu yang ada di. aplikasi adalah dalam aplikasi seperti Gambar 3 4,1 Use case diagram Klasifikasi MH berdasarkan. kingdom kelas X,Use case diagram seperti,Klasifikasi MH berdasarkan. Gambar 3 2 kingdom,Klasifikasi MH Exit,berdasarkan.
User Tentang Gambar 3 4 Rancangan Halaman,Menu Utama. Gambar 3 2 Use Case, 3 Perancangan Pengujian archaebacteria bacteria fungi dan. Langkah langkah yang animalia Adapun hasil tugas akhir ini. dilakukan dalam pengujian antara lain,aplikasi antara lain. a Pengujian sistem ini 1 Halaman Menu Utama, menggunakan metode black Halaman menu utama terdiri. box Pengujian ini dilakukan dari menu klasifikasi MH. untuk mengetahui apakah berdasarkan kingdom tentang dan. aplikasi sudah layak dipakai keluar Seperti Gambar 4 1. atau belum,b Pengujian dilakukan di SMA N,1 Gondang Sragen dengan 2.
guru dan 10 siswa SMA kelas,X sebagai responden,c Responden mencoba. menjalankan aplikasi yang,sudah terinstall pada,smartphone Siswa dapat Gambar 4 1 Halaman Menu. menjalankan mencari materi Utama,membaca materi melihat. video 2 Tampilan Klasifikasi MH,d Pengambilan data berupa berdasarkan kingdom. kuisioner yang dibagikan Halaman Klasifikasi MH,kepada guru dan siswa berdasarkan kingdom berisi.
tentang kingdom plantae protista,HASIL DAN PEMBAHASAN. archaebacteria bacteria fungi,Hasil dari tugas akhir ini adalah. dan animalia Seperti Gambar 4 2,aplikasipembelajaran klasifikasi. makhluk hisup berdasarkan kingdom,untuk SMA kelas X berbasis android. berisi materi tentang plantae protista,4 Tampilan Menu Video.
Aplikasi android ini,dilengkapi dengan video untuk. mempermudah mengenali bentuk,dan nama dari jenis klasifikasinya. seperti Gambar 4 6,Gambar 4 2 Halaman,Klasifikasi MH berdasarkan. 3 Tampilan Isi Materi,Halaman ini berisi tentang,materi yang ada di dalam aplikasi. pembelajaran ini tampilan menu, isi materi seperti Gambar 4 3 Gambar 4 6 Tampilan video.
ANALISIS DAN PEMBAHASAN,Tahap analisa aplikasi ini. dilakukan di SMA N 1 Gondang,Sragen dengan menggunakan. kuisioner bagi siswa dan guru,sehingga diperoleh data sebagai. Gambar 4 3 Tampilan Menu,Tabel 4 3 Tabel Skoring Kuisioner Siswa. JUMLAH JAWABAN,PERNYAT JUMLAH PROSEN,NO SS S N TS STS.
AAN SKOR TASE,1 P1 8 2 0 0 0 48 96,2 P2 3 2 5 0 0 38 76. 3 P3 1 7 2 0 0 39 78,4 P4 1 6 3 0 0 38 76,5 P5 6 2 2 0 0 44 88. 6 P6 4 5 1 0 0 43 86,Tabel 4 4 Tabel Skoring Kuisioner Guru. JUMLAH JAWABAN,N PERNYA JUMLAH PROSEN,O TAAN SS S N TS STS SKOR TASE. 1 P1 2 0 0 0 0 10 100,2 P2 1 0 1 0 0 8 80,3 P3 1 1 0 0 0 9 90.
4 P4 1 1 0 0 0 9 90,5 P5 0 2 0 0 0 8 80,6 P6 1 0 1 0 0 8 80. Keterangan dalam sistem sudah lengkap P3, SS Sangat Setuju S Setuju N Tampilan sistem menarik P4 Sistem. Netral TS Tidak Setuju STS memudahkan siswa dalam belajar P5. Sangat Tidak Setuju P1 Sistem Sistem berjalan dengan baik P6. mudah digunakan P2 Informasi Sistem ini mudah dipahami. dengan menggunakan kuisioner, HASIL ANALISIS dimana kuisioner diisi sendiri oleh. Sampel yang digunakan dalam responden Selanjutnya data yang. penelitian ini adalah 10 siswa dan 2 diperoleh dianalisis dengan. guru Pengambilan data dilakukan,menggunakan Rumus Persentase. Interpretasi yang digunakan adalah Berdasarkan hasil kuisioner guru. 2 responden guru menyatakan bahwa,P Skor S x 100 1.
Smax 1 Dari pernyataan sistem mudah,digunakan menghasilkan. Hasil kuisioner yang diisi oleh Persentase Interpretasi sebesar. siswa menyatakan 100 sangat kuat, 1 Dari pernyataan sistem mudah 2 Dari pernyataan informasi dalam. digunakan menghasilkan sistem sudah lengkap, Persentase Interpretasi sebesar menghasilkan Persentase. 96 sangat kuat Interpretasi sebesar 80 kuat,2 Dari pernyataan informasi dalam 3 Dari pernya. materi Biologi siswa SMA kelas X tentang klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kingdom 5 Mendesain aplikasi android yaitu dengan menyusun gambaran aplikasi dan merencanakan model aplikasinya 6 Langkah selanjutnya yaitu pembuatan aplikasi Dengan menerjemahkan hasil desain aplikasi kealam skrip skrip program 7 Pengujian aplikasi dilakukan

Related Books