ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD

Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd-Free PDF

  • Date:06 Apr 2020
  • Views:422
  • Downloads:2
  • Pages:130
  • Size:1.26 MB

Share Pdf : Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd

Download and Preview : Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd


Report CopyRight/DMCA Form For : Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd


Transcription:

Bismillaahirrahmaanirrahiim, Bacalah dengan menyebut nama Tuhan mu yang menciptakan Dia telah. menciptakan manusia dari alaq Bacalah dan Tuhan mu lah yang Maha Mulia. Yang mengajar manusia dengan perantaraan kalam Dia mengajarkan kepada. manusia apa yang belum diketahuinya,Terjemahan Al Quran Surat Al Alaq 1 5. Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung. perihnya kebodohan,Imam Syafi i, man jadda wajada Barangsiapa yang bersungguh sungguh ia pasti. mendapatkan berhasil,pepatah Arab,PERSEMBAHAN, 1 Kedua orang tuaku yang senantiasa memberikan kasih sayang mendidik. dan mendoakan yang terbaik,2 Almamaterku Universitas Negeri Yogyakarta.
3 Agama nusa dan bangsaku,ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA. KELAS I SD N BANGUNREJO 2 KRICAK TEGALREJO,YOGYAKARTA. NIM 12108241118, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil kesulitan. membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo. Yogyakarta, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan. kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri. Bangunrejo 2 berjumlah 18 siswa Teknik sampling yang digunakan dalam. penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu dipilih dengan. pertimbangan dan tujuan tertentu Siswa yang menjadi sampel sebanyak 13 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes observasi dan dokumentasi Analisis. data menggunakan analisis non statistik, Seluruh siswa kelas I SD N Bangunrejo 2 dengan jumlah 18 siswa 13.
siswa mengalami kesulitan membaca permulaan Proses penelitian ini dimulai. dengan memberikan tes membaca pada siswa kemudian setelah aspek kesulitan. diketahui lalu diamati karakteristik siswa yang mengalami kesulitan membaca. tersebut Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi siswa. dalam membaca permulaan adalah kesulitan dalam membaca kata yang tidak. mempunyai arti dengan skor 16 Kesulitan membaca permulaan selanjutnya. yaitu pada aspek kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan dengan. skor 27 Kesulitan lain yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam. membaca kata yaitu sebesar 33 Lalu kesulitan pada aspek mengenal huruf. dengan skor 51 Dan yang terakhir kesulitan dalam menyimak atau pemahaman. mendengar yaitu sebesar 79 Karakteristik kesulitan membaca permulaan siswa. yaitu kesulitan mengidentifikasi huruf dan merangkai susunan huruf membalik. huruf mengubah kata menghilangkan huruf dalam susunan kata mengeja. terbata bata mengucapkan kata salah kurang memperhatikan tanda baca tidak. memahami isi bacaan dan sulit konsentrasi, Kata kunci kesulitan membaca permulaan siswa sekolah dasar. KATA PENGANTAR,Assalaamu alaikum Wr Wb, Segala puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat dan rahmat. Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ini Sholawat dan salam semoga. selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Semoga kita termasuk umat yang akan bersamanya kelak bertemu dengan Sang. Pencipta Aamiin, Karya ini tersusun atas bimbingan bantuan dan dukungan dari banyak. pihak Oleh karenanya pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima. kasih kepada yang terhormat sebagai berikut, 1 Rektor Universitas Negeri Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan. untuk menyelesaikan pendidikan di UNY, 2 Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yang telah memberikan izin dan kemudahan.
dalam penelitian, 3 Ketua Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar yang telah memberikan banyak. kesempatan untuk belajar menjadi seorang guru SD, 4 Ibu Murtiningsih M Pd selaku dosen pembimbing skripsi yang selalu sabar. memotivasi dan tulus dalam membimbing sehingga skripsi ini terselesaikan. 5 Kepala Sekolah SD Negeri Bangunrejo 2 yang telah memberikan izin dan. bantuan untuk penelitian, 6 Guru Kelas I SD Negeri Bangunrejo 2 yang secara kooperatif membantu. dalam proses pengumpulan data, 7 Siswa siswa kelas I SD Negeri Bangunrejo 2 yang telah berpartisipasi dalam. proses pengumpulan data, 8 Semua pihak yang tidak bisa disebut satu persatu yang telah memberikan.
bantuan do a dan motivasi, Semoga segala bantuan dukungan dan pengorbanan yang telah diberikan. kepada penulis menjadi amal yang diterima dan mendapatkan imbalan dari Allah. SWT Selain itu penulis menyadari bahwa banyak kekurangan dalam karya ini. Saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan guna perbaikan pada. penelitian selanjutnya Semoga karya ini bermanfaat. Wassalaamu alaikum Wr Wb,Yogyakarta 13 Juli 2016,DAFTAR ISI. HALAMAN JUDUL i,PERSETUJUAN ii,PERNYATAAN iii,PENGESAHAN iv. PERSEMBAHAN vi,ABSTRAK vii,KATA PENGANTAR viii,DAFTAR ISI x. DAFTAR TABEL xiii,DAFTAR GAMBAR xiv,DAFTAR LAMPIRAN xv.
BAB I PENDAHULUAN,A Latar Belakang Masalah 1,B Identifikasi Masalah 8. C Fokus Penelitian 9,D Rumusan Masalah 9,E Tujuan Penelitian 9. F Manfaat Penelitian 9,G Pembatasan Istilah 10,BAB II KAJIAN PUSTAKA. A Pengertian Membaca Permulaan 12,1 Pengertian Membaca 12. 2 Pengertian Membaca Permulaan 13,3 Hakikat Membaca Permulaan 14.
4 Proses Membaca 16,5 Tujuan membaca Permulaan 17,A Tinjauan tentang Kesulitan Belajar 18. 1 Pengertian Kesulitan Belajar 18,2 Hakikat Kesulitan Membaca 19. 3 Karakteristik Siswa Kesulitan Membaca 20,4 Asesmen Kesulitan Membaca 24. B Siswa Sekolah Dasar 28,C Penelitian yang Relevan 31. D Kerangka Pikir 33,E Pertanyaan Penelitian 36,BAB III METODE PENELITIAN.
A Pendekatan Penelitian 37,B Setting Penelitian 37. C Populasi dan Sampel Penelitian 38,D Sumber Data 39. E Variabel Penelitian 40,F Teknik Pengumpulan Data 40. G Instrumen Penelitian 42,H Validitas dan Reliabilitas Instrumen 45. I Teknik Analisis Data 45,BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.
A Deskripsi Lokasi Penelitian 47,1 Lokasi sekolah 47. 2 Visi misi dan tujuan sekolah 47,3 Jumlah siswa tahun ajaran 2012 2013 48. 4 Kondisi fisik sekolah 48,5 Potensi guru 49,6 Potensi karyawan 49. 7 Fasilitas kegiatan belajar mengajar dan media 50. B Deskripsi Hasil Penelitian 54,C Pembahasan 67,D Keterbatasan Penelitian 74. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN,A Kesimpulan 75,B Saran 76.
DAFTAR PUSTAKA 78,LAMPIRAN 82,DAFTAR TABEL,Tabel 1 Jadwal Pelaksanaan Penelitian 38. Tabel 2 Kisi kisi Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan 43. Tabel 3 Kisi kisi Pedoman Observasi Karakteristik Kesulitan Membaca 44. Tabel 4 Kisi kisi Dokumentasi 44, Tabel 5 Rekap Data Jumlah Siswa SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta 48. Tabel 6 Rekap Data Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 54. Tabel 7 Rekap Data Kesulitan Siswa Berkesulitan Membaca Permulaan 55. Tebel 8 Rekap Data Rata Rata Kemampuan Membaca Permulaan Siswa 66. DAFTAR GAMBAR,Gambar 1 Kerangka Pikir 35,Gambar 2 Kesulitan Membaca Permulaan Siswa 56. Gambar 3 Skor Rata Rata Kemampuan Membaca Permulaan Siswa 67. DAFTAR LAMPIRAN,Lampiran 1 Lembar Tes 82,Lampiran 2 Lembar Penilaian Tes 86. Lampiran 3 Hasil Tes Kemampuan Membaca Permulaan 88. Lampiran 4 Lembar Observasi 95,Lampiran 5 Hasil Observasi 96.
Lampiran 6 Lembar Panduan Dokumentasi 109, Lampiran 7 Nilai Ulangan Harian Bahasa Indonesia 110. Lampiran 8 Nilai Ujian Akhir Semester Bahasa Indonesia 111. Lampiran 9 Dokumentasi Kegiatan 112,Lampiran 10 Surat Perizinan Penelitian 113. pendidikan dasar dan sekolah dasar SD merupakan satuan pendidikan yang memberikan kemampuan dasar tersebut sebagaimana yang dinyatakan dalam Bab II pasal 6 ayat 6 PP No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Selain itu sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan formal diharapkan dapat

Related Books